Sukses

Kaleidoskop: 6 Pemain Termahal di Dunia Musim 2014-15

Pemain Timnas Brasil, David Luiz menjadi bek termahal di bursa transfer musim panas lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kejutan yang terjadi saat bursa transfer sepanjang tahun 2014. Beberapa pemain bintang rela meninggalkan klub yang sudah membesarkan namanya demi tantangan baru.

Barcelona dan Real Madrid menjadi klub asal Spanyol yang paling royal mengeluarkan uang demi mendapatkan tanda tangan pemain yang diincarnya.

Sementara di Inggris, Manchester United dan Manchester City menjadi klub yang paling gencar mengeluarkan uang. Sedangkan Chelsea mendapat banyak uang setelah melepas bek asal Brasil, David Luiz ke Paris Saint-Germain (PSG).

Berikut lima pemain termahal selama musim transfer sepanjang tahun 2014:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Luis Suarez

1. Luis Suarez

Berstatus sebagai top skor Liga Premier Inggris musim 2013-14 dengan 31 gol dari 33 pertandingan bersama Liverpool membuat Barcelona bersedia membayar mahal Luis Suarez untuk datang ke Camp Nou Stadium.

Untuk mendatangkan pemain Timnas Uruguay tersebut, manajemen Los Blaugrana --sebutan Barcelona-- harus merogoh kocek sedalam 88 juta euro atau setara dengan Rp 1,3 triliun.

Berstatus sebagai pemain termahal di musim 2014-15, Suarez belum mampu mencetak gol di pentas La Liga. Dia baru mencetak dua gol dari tiga penampilan di Liga Champions.

3 dari 7 halaman

2. James Rodriguez

2. James Rodriguez

James Rodriguez merupakan pemain muda paling bersinar di Piala Dunia 2014. Bersama Timnas Kolombia, pria berusia 23 tahun tersebut menjadi top skor Piala Dunia di Brasil dengan mencetak enam gol.

Harga jual James pun melonjak drastis. AS Monaco mendapat banyak uang dari Real Madrid setelah melepasnya. Madrid berani membayar pria yang pernah memperkuat Porto itu sebesar 80 juta euro (Rp 1,2 triliun).

Harga mahal yang dikeluargan Madrid tidak mengecewakan. Sebab, James tampil sangat impresif di lini tengah Madrid. Dia sudah mencatatkan lima gol dari 14 pertandingan di La Liga.

4 dari 7 halaman

3. Angel Di Maria

3. Angel Di Maria

Winger Timnas Argentina, Angel Di Maria menjadi pemain termahal ketiga di bursa transfer musim panas lalu. Dia juga memecahkan rekor sebagai pemain termahal Liga Premier Inggris.

Pria berusia 26 tahun tersebut dibeli Manchester United dari Real Madrid seharga 75 juta euro, atau setara dengan Rp 1,1 triliun.

Mengenakan nomor keramat di MU, yakni 7, Di Maria baru bisa mencetak tiga gol dari 11 penampilan bersama Setan Merah --sebutan MU-- di Liga Premier Inggris.

5 dari 7 halaman

4. David Luiz

4. David Luiz

Klub bergelimang uang asal Prancis, Paris Saint-Germain menunjukkan kekayaannya di bursa transfer musim panas lalu. Mereka mendatangkan David Luiz dari Chelsea.

Pemain asal Brasil itu menjadi bek termahal di bursa transfer musim panas lalu. Untung mendatangkan Luiz, PSG merogoh sakunya sedalam 49,5 juta euro (Rp 761 miliar).

6 dari 7 halaman

5. Juan Mata

5. Juan Mata

Juan Mata menjadi pemain termahal kelima pada tahun 2014. Manchester United membelinya dari Chelsea pada Januari lalu seharga 47 juta euro (Rp 723 miliar).

Bersama Setan Merah, gelandang serang asal Spanyol itu sudah mencatatkan 11 gol dari 28 penampilan di Liga Premier Inggris.

7 dari 7 halaman

6. Eliaquim Mangala

6. Eliaquim Mangala

Nama Eliaquim Mangala yang memperkuat Porto pada 2011 hingga 2014 belum dikenal banyak orang. Usianya masih 23 tahun dan belum berlabel bintang.

Namun, Manchester City berani membayar mahal bek asal Prancis tersebut. Manajemen City menghargai Mangala sebesar 44,5 juta euro, atau setara dengan Rp 684 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini