Sukses

Pembalap Asing Mulai Berdatangan di Banyuwangi

Tahun ini ITdBI menempuh empat etape dengan total panjang rute sejauh 622 kilometer.

Liputan6.com, Banyuwangi - International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) siap digelar di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada 16 hingga19 Oktober 2014 mendatang. Sejumlah ofisial tim dan pembalap luar negeri sudah mulai hadir di kabupaten berjuluk "The Sunrise of Java" tersebut.

Tahun ini ITdBI menempuh empat etape dengan total panjang rute sejauh 622 kilometer. Ajang balapan kali ini akan diikuti para pembalap dari 20 negara, yaitu Perancis, Kanada, Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Iran, Spanyol, Malaysia, Filipina, Australia, Belanda, Brunei Darussalam, Denmark, Rusia, Uni Emirat Arab, Moldova, Maroko, Argentina, dan Indonesia. 

Para pembalap itu tergabung ke dalam 20 tim yang terdiri atas 14 tim luar negeri dan enam tim dalam negeri. Jumlah peserta tahun ini meningkat ketimbang tahun lalu, yakni yang hanya diikuti 12 tim internasional dan enam tim asal Indonesia.

"Beberapa tim dan pembalapnya sudah datang. Para wisatawan dan penggemar balap juga mulai berdatangan. Hotel-hotel hampir semuanya penuh," ujar Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Chairman ITdBI Guntur Priambodo menambahkan, "Untuk memperkuat konsep sport tourism, rute yang dilalui para pembalap adalah rute yang sekaligus bisa mempromosikan destinasi wisata. Rute ITdBI tahun ini berdekatan dengan sekitar 20 destinasi wisata antara lain Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, Gua Maria, dan agrotourism Kalibendo," ujarnya.

Tim continental yang akan berkompetisi di ajang ini di antaranya adalah Aisan Racing Team (Jepang), Tabriz Petrochemical Team, Pishgaman Yazd Cycling Team (Iran), Matrix Powertag (Jepang), Singha Infinite Cycling Team (Thailand), TSR Continental Team (Iran), Pegasus Continental Cycling (Indonesia), dan Team 7 Eleven Road Bike Philippines (Filipina).

Timnas negara lain yang turut bertanding antara lain Malaysia National Team dan Denmark National Team. Sementara tim Indonesia yang akan bertanding antara lain Pegasus Continental Cycling Team, Banyuwangi Road Cycling Club, United Bike Kencana (UBK), Polygon Sweet Nice, CCC Jakarta, dan Pessel Sumatera Barat.

Baca Juga:

Roma Perpanjang Kontrak Maicon

Leukemia Bukan 'Batu Sandungan' Petrov Pensiun dari Sepak Bola

Fantastis, Jumlah Fans Liverpool Capai 580 Juta di Seluruh Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.