Sukses

Thomas Muller, Pemain Paling Bahaya di Piala Dunia

Hat-trick yang dicetak Muller merupakan trigol pertama yang terjadi di Piala Dunia 2014 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gelandang serang Jerman Thomas Muller menjadi mimpi buruk bagi Portugal. Tiga golnya ditambah satu gol dari Mats Hummels membawa Jerman mengalahkan Portugal dengan telak, 4-0.

Bermain di Arena Fonte Nova, Senin (16/6/2014), Muller mampu membawa Jerman unggul saat pertandingan berjalan 12 menit. Gol pertama Jerman dan Muller dicetak melalui titik penalti. Sepakan Muller gagal dihalau kiper Portugal, Rui Patricio.

Jerman menggandakan keunggulan lewat Mats Hummels di menit 32. Sepakan Muller di dalam kotak penalti Portugal di akhir babak pertama membawa Jerman unggul telak 3-0.

Di babak kedua, Muller pun akhirnya mampu mencetak hat-trick sekaligus menggenapkan kemenangan Jerman menjadi 4-0 di menit 78. Jerman pun akhirnya memenangkan laga perdana mereka di Grup G Piala Dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Hat-trick Perdana Piala Dunia Brasil

Hat-trick pertama di Brasil

Hat-trick yang dicetak Muller merupakan trigol pertama yang terjadi di Piala Dunia 2014 ini. Tak hanya itu, tambahan tiga gol ini membuat Muller duduk sebagai pencetak gol terbanyak sementara.

Dengan tambahan tiga gol ini, membuat pemain kelahiran Weilheim, Jerman, 13 September 1989, itu telah mengumpulkan delapan gol dari dua kali ikut Piala Dunia. Dia mengalahkan torehan gol dari Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, maupun Neymar.

Muller sebenarnya sudah memberikan tanda-tanda sebagai penyerang berbahaya di Piala Dunia sejak empat tahun silam. Dalam Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Muller bahkan menjadi pemain paling subur.

Dalam enam kali bertanding, Muller mencetak lima gol. Tak hanya itu, dia pun memiliki andil dalam tiga gol Jerman lainnya. Muller pun akhirnya mampu membawa Jerman finis di urutan ketiga.

Penampilan ciamik Muller itu pun langsung diganjar tiga penghargaan oleh FIFA. Tiga penghargaan itu adalah FIFA World Cup Golden Boot, FIFA World Cup 2010 Most assists, dan FIFA World Cup Best Young Player.

Tak salah jika legenda Brasil, Pele, memuji Muller setinggi langit. "Saya mencemaskan semua pemain Jerman, terutama Thomas Muller. Dia bisa jadi sangat berbahaya," kata Pele kepada Bild.

3 dari 4 halaman

2. Awal Karir

Awal Karir

Muller memulai karir profesionalnya dari Bayern Munchen pada 2008. Namun, pada awal karirnya, dia lebih banyak bersahabat dengan bangku cadangan.

Namun, di musim berikutnya, Muller mampu menembus tim utama Munchen. Muller pun menjawab tantangan yang diberikan pelatih Munchen saat itu, Louis van Gaal, saat dimainkan melawan Borussia Dortmund pada 12 September 2009. Saat itu Muller mampu mencetak dua gol dan membantu Munchen menang 5-1 atas musuh bebuyutannya itu.

Penampilan Muller di Munchen pun makin mengkilap. Kini, dia total telah mencetak 58 gol dari 165 kali penampilannya bersama Munchen.

Sejumlah gelar pun telah diraih Muller saat membela Munchen. Tiga gelar Bundesliga, tiga gelar DFB Pokal, dua gelar DFL Supercup, satu gelar Liga Champions, 1 gelar UEFA Super Cup, dan 1 gelr FIFA Club World Cup.

4 dari 4 halaman

3. Top Skor Piala Dunia

Top Skor Piala Dunia

Di ajang internasional, Muller pun kini menjadi pilihan nomor satu pelatih Jerman. Dia memulai debut Piala Dunia pada 2010 sebagai pemain inti Jerman. Muller pun langsung mencetak gol saat debutnya di Piala Dunia.

Dia mencetak gol ketiga Jerman yang menang 4-0 atas Australia. Di usianya yang baru 20 tahun saat itu, Muller mampu mencetak dua gol saat Jerman mengalahkan Inggris 4-1 di babak 16 besar. Dia juga menyumbang satu gol saat Jerman mengalahkan Argentina 4-0 di perempatfinal.

Muller pun kembali mencetak gol saat perebutan tempat ketiga Piala Dunia saat Jerman mengalahkan Uruguay 3-2. Dengan torehan lima gol itu, Muller menjadi salah satu top skor saat itu.

Kini berapa gol lagi yang bakal dicetak Muller di Piala Dunia 2014 ini, kita tunggu saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini