Sukses

Imbangi Barca, Atletico Madrid Juara La Liga

Liputan6.com, Barcelona: Atletico Madrid mengakhiri penantian 18 tahun untuk kembali meraih gelar juara La Liga Spanyol. Skuat besutan Diego Simeone baru dapat memastikan tampil sebagai juara setelah menahan imbang Barcelona 1-1 pada laga pamungkas La Liga di Camp Nou, Sabtu (17/5/2014) malam WIB. Dengan hasil ini, Atletico finis dengan poin 90 dari 38 laga, unggul tiga angka dari Barca.

Tertinggal satu gol dan kehilangan dua pemain bintangnya, yakni Diego Costa dan Arda Turan, pada babak pertama tak mengendurkan serangan Atletico Madrid di 45 menit kedua. David Villa dan kawan-kawan langsung tampil menekan. Hasilnya di menit ke-49 Diego Godin menjebol gawang Barca. Berdiri bebas di kotak penalti, Godin dengan leluasa menanduk bola umpan sepak pojok Gabi untuk menaklukan kiper Jose Pinto. Skor 1-1.

Barca yang diwajibkan menang untuk bisa mempertahankan gelar juara mencoba meningkat serangan. Pelatih Gerardo Martino memainkan Alex Song di menit ke-57 untuk menggantikan Sergio Bosquest yang cedera. Lima menit kemudian, giliran Neymar dimainkan dengan menarik ke luar Pedro Rodriguez.

Masuknya Neymar membuat serangan Barca kian gencar. Di menit ke-63, Lionel Messi menjebol gawang Atletico yang dijaga Thibaut Courtois. Namun, gol tersebut dianulir wasit karena Messi sudah berada dalam posisi offside saat melepaskan tendangan voli di depan mulut gawang. Pemain Timnas Argentina itu pun tampak kecewa.

Tak kunjung menambah gol, pelatih Martino memainkan Xavi Hernandes untuk menggantikan Cesc Fabregas. Barca terus mengepung lini pertaahanan tim tamu. Di menit ke-84, Gerard Pique berusaha menyambut umpang silang Adriano di kotak penalti Atletico. Namun, Pique gagal karena upayanya diganggu bek Atletico.

Wasit memberikan waktu tambahan tiga menit. Namun, hingga wasit Antonio Mateu meniupkan peluit panjang tanda laga usai, Barca tidak bisa mencetak gol tambahan. Atletico pun Juara.



Barcelona: Jose Pinto; Pique, Adriano, Daniel Alves, Sergio Gomez; Cesc Fabregas (Xavi Hernandez, 76), Andres Iniesta, Javier Mascherano, Sergio Busquets (Song, 57); Pedro Rodriguez (Neymar, 62), Alexis Sanchez, Lionel Messi.

Atletico Madrid: Thibaut Courtois; Diego Godin, Filipe Luis, Juanfran, Miranda; Tiago, Koke, Arda Turan (Raul Garcia, 23), Gabi; David Villa, Diego Costa (Adrian, 16)

Penguasaan Bola 59:41
Sepak Pojok           4:8
Tendangan ke Gawang 3:0
Tendangan Melebar 1:5
Pelanggaran          11:14
Offside                     1:0
Wasit: Antonio Mateu
Asisten Wasit: Pau Cebrián, Jon Núnez
Asisten Wasit Ke-4: Carlos López