Sukses

Tommasi Akhirnya ke Levante

Cedera lutut yang panjang membuat Damiano Tommasi menjadi ‘anak tiri’ di AS Roma, dan hanya dibayar dengan gaji sekelas pemain yunior. Untungnya, kini cederanya sudah pulih, dan ia mendapatkan klub baru yang membayarnya dengan wajar.

Damiano Tommasi sekarang boleh tersenyum lega. Setelah mengambil keputusan berat, meninggalkan klub yang sudah dibelanya selama sepuluh tahun, AS Roma, Tommasi akhirnya bergabung dengan klub promosi La Liga, Levante.

Bagi gelandang sekelas Tommasi, kepindahan ke klub gurem itu mungkin agak mengejutkan. Tetapi, jika mengikuti perjalanan karir pemain berusia 32 tahun itu, kita bakal mafhum kenapa mantan gelandang Timnas Italia itu rela hijrah ke Spanyol untuk bermain di klub kecil.

Beberapa musim terakhir, keberadaannya di Roma lebih tepat dikatakan sebagai belas kasihan Giallorossi ketimbang kebutuhan klub. Maklum, cedera lutut panjang yang diderita Tommasi membuatnya lebih banyak duduk di pinggir lapangan dan di meja perawatan ketimbang di tengah lapangan. Orang pun terhenyak ketika mendengar musim lalu Tommasi hanya digaji 1.000 pound perbulan, alias disamakan gajinya dengan pemain di klub yunior!

Tommasi hampir kehilangan semangat dan keinginan untuk bermain bola kembali. Untungnya, kesembuhan cederanya mulai memberinya harapan. Sayangnya, ia tahu, Roma bukan lagi tempat yang baik buatnya. Masuknya banyak pemain muda yang segar dan berbakat membuat peluangnya untuk diturunkan oleh Luciano Spalleti semakin tipis. Akhirnya, Tommasi pun memutuskan untuk undur diri, meski belum tahu ke mana ia akan pergi.

Helas Verona, klub lama Tommasi sempat dikabarkan berminat mempekerjakannya kembali. Tetapi Tommasi lebih memilih untuk bermain di luar negeri, karena menurutnya bermain di Italia sama saja dengan ia tetap bermain untuk Roma. Untunglah, tawaran datang dari Levante. Dan Tommasi pun tak lagi berpikir panjang. Ia kemudian mengikat kontrak dua tahun dengan klub itu, dan tentu saja mendapatkan gaji yang lebih layak.

“Bergabung dengan Levante akan membawa pengalaman baru bagi saya,” kata Tommasi. “Saya sangat gembira, dan saya akan menatap ke depan bersama klub ini.”

Levante memang tengah berjuang untuk bertahan di La Liga agar tak cepat kembali ke Segunda Division (divisi kedua) seperti yang mereka alami dua musim yang lalu. Mereka kini tengah berburu banyak pemain, dan sudah berhasil mendapatkan pemain-pemain yang lumayan berkelas seperti Laurent Robert, Alvaro, dan Frederic Dehu. (Yog).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini