Sukses

Mata Uang Ini Bakal Jadi yang Paling Untung di 2014

Yen sebelumnya memang menjadi mata uang dengan perdagangan terpanas sepanjang 2013 karena keuntungan yang dihasilkan.

Yen sebelumnya memang menjadi mata uang dengan perdagangan terpanas sepanjang 2013 karena keuntungan yang dihasilkan.

Kondisi tersebut sepertinya akan segera berubah. Sebab menurut para pakar strategi valuta asing (valas), tahun ini dolar Kanada diprediksi mampu menjadi mata uang yang tak kalah menguntungkan dibanding yen.

Dolar Kanada atau yang biasa disebut loonie tercatat merosot lebih dari 4,5% terhadap dolar AS dalam tiga minggu terakhir. Saat ini, dolar Kanada tengah berada di level terendah dalam empat tahun terakhir.

"Mata uang tersebut sekarang bergerak tak pasti, yang umum terjadi sejak 2011. Saat ini tak banyak sentimen positif yang dapat menguatkan nilai tukar dolar Kanada," ungkap Quantitative Strategist at DailyFX David Rodriguez, Jumat (24/1/2014).

Dia menuturkan, bagi para pemegang dolar Amerika Serikat (AS), ini merupakan momentum yang tepat untuk berinvestasi pada mata uang tersebut. Terlebih lagi dengan intensitas penurunan yang semakin tajam, dolar Kanada dapat menjadi investasi yang hebat.

Rodriquez memprediksi dolar Kanada akan melemah ke level 1,17 per dolar AS pada April 2014. Dengan penurunan 5% itu merupakan level terendah sejak Mei 2009.

Saat ini ekonomi AS tengah berada di tahap pemulihan sementara pertumbuhan ekonomi Kanada tengah melambat akibat adanya penurunan di pasar tenaga kerja domestik.

Tak seperti yen, dolar Kanada tidak begitu dicari para investor dan membuatnya menjadi investasi yang lebih aman.

"Jika semua orang bertaruh pada dolar Kanada, maka untungnya tidak akan terlalu besar. Tetapi jika investor sedikit dan dolar Kanada menguat, para investor dapat meraup keuntungan yang tinggi di masa depan," jelas dia. (Sis/Nrm)

Baca juga:

Kantor & Mal Lebih Nyaman Bayar Sewa Pakai Dolar AS

Bank Dunia: Negara Berkembang Tidak Perlu Bereaksi Berlebihan

Begini Solusi Agar Rupiah Perkasa versi Jusuf Kalla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mata uang adalah satuan nilai alat pembayaran berupa uang yang diterima dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah dan melakukan transaksi
    Mata uang adalah satuan nilai alat pembayaran berupa uang yang diterima dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah dan melakukan transaksi

    Mata Uang

  • Untung