Sukses

Hatta Rajasa: UU Minerba atau Indonesia <i>Nggak</i> Maju-maju?

Penerapan UU Minerba diakui bakal mempengaruhi neraca perdagangan paling tidak 1-2 tahun ke depan.

Pemberlakuan Undang-undang Mineral dan Batu Bara (Minerba) yang melarang ekspor bahan mentah dan pembangunan smelter merupakan pilihan tepat bagi Indonesia. Kebijakan ini dinilai bisa mengantarkan Indonesia menjadi negara maju.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa  di Jakarta, Rabu (22/1/2014) dampak penerapan UU Minerba pada neraca perdagangan kemungkinan hanya akan berpengaruh sekitar 1-2 tahun.

Namun pada 2016, pendapatan negara diproyeksikan bakal meningkat cukup tajam dengan kebijakan UU mminerab tersebut.

"Kita melonjak luar biasa. Anda tahu peningkatan nilai tambah itu bisa mencapai 17-30 kali lipat dari bahan mentahnya," katanya.

Hatta mengatakan, pemberlakukan UU Minerba juga berdampak positif pada pasar tenaga kerja. Diperkirakan tenaga terampil akan makin banyak dipergunakan di pasar dalam negeri.

"Insinyur-insinyur akan bekerja, hilirisasi yang akan kita dapatkan. Jadi jangan berpikirnya sempit," cetus Hatta.(Fik/Shd)

Baca Juga

Larangan Ekspor Bijih Mineral Bikin Rupiah Anjlok?

Pengusaha Beberkan Alasan Tak Kunjung Bangun Smelter Sejak 2009

Industri Keropos Gara-gara RI Kebanyakan Ekspor Bijih Mineral

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.