Sukses

Bangkit Bangun Pertanian Indonesia, Irjen Kementan Ajak Petani dan ASN Kementan Saling Berkolaborasi

Irjen Setyo mengatakan, apa yang diharapkan dan diminta oleh Mentan Amran di kemudian hari, dapat kembali ke masyarakat. Untuk kesejahteraan swasembada pangan harus bisa tercapai manakala seluruh ASN Kementerian Pertanian bersama-sama maju menjalankan apa yang menjadi kebijakan Mentan Amran.

Liputan6.com, Jakarta Upacara Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116 digelar di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Senin (20/5). Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian (Irjen Kementan), Setyo Budianto memimpin upacara tersebut. 

Dalam sambutannya, Irjen Setyo menyampaikan harapannya agar Petani dan ASN Kementerian Pertanian (Kementan) agar dapat membawa semangat Kebangkitan Nasional untuk membangun pertanian Indonesia untuk mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045.

"Kita semuanya mari bersama-sama melakukan peningkatan kinerja dan produktivitasnya sehingga harapan pemerintah serta harapan masyarakat bisa terwujud dan segala sesuatunya bisa terlaksana untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Irjen Setyo.

Kondisi alam Indonesia yang terpengaruh oleh El Nino memiliki dampak yang besar bagi produksi pangan nasional. Untuk meningkatkan produksi padi dan jagung, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Mentan Amran) saat ini tengah fokus untuk memperluas program pompanisasi dan optimalisasi lahan rawa. Untuk memastikan program tersebut berjalan lancar, Kementan sudah melakukan koordinasi dengan TNI dan Pemerintah Daerah terkait. Oleh sebab itu, petani dan ASN Kementan memiliki peran yang sangat penting. 

 

"Kita sedang dalam posisi dan situasi yang tidak sedang baik, iklim dan cuaca yang sedang mempengaruhi proses pertanian. Itulah yang sedang dilakukan oleh Bapak Menteri. Beliau banyak melakukan terobosan, melakukan kegiatan yang tanpa henti. Kalau bapak Menteri speednya sudah maksimal, tentunya kita anak buahnya yang ada di Kementerian Pertanian, ASN Pertanian, punya tanggung jawab yang lebih," kata Irjen Setyo.

Irjen Setyo mengatakan, apa yang diharapkan dan diminta oleh Mentan Amran di kemudian hari, dapat kembali ke masyarakat. Untuk kesejahteraan swasembada pangan harus bisa tercapai manakala seluruh ASN Kementerian Pertanian bersama-sama maju menjalankan apa yang menjadi kebijakan Mentan Amran. 

Irjen Setyo juga mengharapkan Kementan dan pekerja di sektor Pertanian dapat memanfaatkan seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi dan potensi transformasi digital Indonesia sebagai menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045. 

"Saya berharap, mudah-mudahan, kebangkitan ini menjadi kebangkitan bagi kita semuanya, khususnya ASN yang ada di Kementan dan kepada seluruh petani ada di seluruh Indonesia sehingga terwujud Indonesia Emas."

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini