Sukses

BI Rate Naik 25 bps Jadi 7,5%

Bank Indonesia (BI) menetapkan kenaikan suku bunga acuan/BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 7,5%.

Bank Indonesia (BI) menetapkan kenaikan suku bunga acuan/BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 7,5%.

Kenaikan BI Rate itu juga diikuti dengan landing facility dari 7,25% menjadi 7,5%. Sementara itu, fasilitas simpanan BI/Fasbi naik dari 5,5% menjadi 5,75%.

"Kita lebih kepada untuk mengatur current account defisit ke depan," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Difi A Johansyah, Selasa (12/11/2013).

Seperti diketahui, para RDG sebelumnya, bank sentral tetap mempertahankan tingkat suku bunga acuan atau BI Rate di level 7,25%. Tidak hanya itu, landing fasility juga terjaga di 7,25% serta Deposit Fasility Bank Indonesia (Fasbi) di 5,5%.

Sebelumnya, Sejumlah ekonom memperkirakan Bank Indonesia (BI) bakal mempertahankan tingkat BI Rate di level 7,25%. Namun, bank sentral kemungkinan akan menaikkan bunga Deposit Fasility Bank Indonesia atau fasilitas simpanan BI (Fasbi) sekitar 25 basis poin (bps).

Chief Ekonom PT Bank Mandiri Tbk Destry Damayanti menuturkan, bunga Fasbi berpeluang menguat sekitar 25 basis poin karena tingkat pertumbuhan kredit di perbankan masih tinggi. "BI masih melihat bahwa pertumbuhan kredit masih cukup tinggi sehingga BI masih perlu memperlihatkan sinyal kebijakan pengetatan moneter," katanya. (Yas/Shd)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.