Sukses

Jokowi Akan Pancangkan Tiang Pertama MRT Jakarta Pekan Ini

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) direncanakan melakukan peletakan batu pertama pembangunan proyek MRT Jakarta pada Kamis nanti.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) direncanakan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan proyek MRT Jakarta pada Kamis (10/10/2013).

Peletakan batu pertama ini akan dilakukan Jokowi di Dukuh Atas tepatnya di sisi Barat jalan MH Thamrin.

Dukuh Atas akan menjadi stasiun MRT terbesar yang terhubung dengan layanan transportasi lain seperti Stasiun Kereta Sudirman, Halte Trans Jakarta, dan stasiun dari MRT itu sendiri.

Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boestami mengaku pihaknya telah melakukan berbagai upaya percepatan selama masa persiapan proyek untuk memastikan tahap konstruksi dapat segera berlangsung.

"Proyek ini sudah mengalami keterlambatan lebih dari dua tahun, karena itu harus dilakukan berbagai upaya percepatan agar tahap konstruksi bisa segera dimulai," kata Dono saat jumpa pers di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (7/10/2013).

Tahap awal proses konstruksi akan ditandai dengan kegiatan groundbreaking berupa pekerjaan sipil yang bernama `slope protection`. Ini adalah pekerjaan untuk memperkuat dinding tanah supaya proses pekerjaan yang dilakukan tersebut memiliki penyanggah (retaining wall) yang kuat sehingga pada saat pekerjaan penggalian nantinya tanah atau jalanan yang di atasnya tidak bergeser atau longsor.

Menyadari proses pembangunan akan mengganggu aktivitas lalu lintas masyarakat yang melewati sekitar Dukuh Atas, Dono menghimbau kepada masyarakat untuk bersabar dan mengerti akan hal itu.

"Kami memohon maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat yang terdampak karena proses konstruksi proyek MRT Jakarta ini. Proyek ini adalah proyek yang memiliki kompleksitas konstruksi yang sangat besar dan proses pembangunannya membutuhkan waktu lama dan akan berdampak pada lalu lintas Kota Jakarta dan kenyamanan pengguna jalan. Tapi semua ini kita harus lakukan agar cita-cita besar mengurangi kemacetan Jakarta yang kita cintai dapat terwujud," ujar Dono. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini