Sukses

Pebisnis India Serbu Indonesia, Apa Sektor yang Diincar?

Kerjasama India dan Indonesia sebetulnya sudah berjalan namun masih lamban.

Setelah sempat tertunda akibat kondisi perekonomian yang kurang baik di negara asalnya, para pengusaha India diwakili Federation of Indian Chambers of Commerce and Industry (FICCI/Kadin India) menggelar kunjungan ke Indonesia untuk bertemu dengan perwakilan dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Jakarta.

Kedatangan para pengusaha tersebut guna mencari peluang kerjasama dalam pembangunan pelabuhan udara, jalur kereta api tambang, galangan kapal, dan industri.

Wakil Ketua Kadin Bidang Telekomunikasi, IT, dan Penyiaran, Didie W. Soewondho, mengatakan kedatangan para pengusaha asal India ini adalah tindak lanjut dan wujud keseriusan untuk bekerjasama dengan para pengusaha di Indonesia.

"Keinginan mereka datang ke Indonesia adalah ingin merealisasikan beberapa kerja sama yang waktu itu masih terhambat," ujarnya di sela Roundtable Meeting FICCI dan Kadin Indonesia di Hotel JW Marriot di Jakarta, Senin (26/8/2013).

Menurut Didie, kerja sama antar kedua negara sebetulnya sudah berjalan namun berjalan sangat lambat. Melihat kondisi ini, Kadin meminta para pengusaha untuk mendata semua proyek yang memang memerlukan perhatian besar. "Kami minta list mana yang harus di-drop dan mana yang harus fokus," lanjutnya.

Dari hasil pertemuan sementara, para pengusaha India diketahui tertarik menjalin kerja sama di bidang pertambangan serta otomotof dan transportasi.

"Mereka penasaran mining di Indonesia seperti apa. Ada peraturan yang melarang ekspor barang mentah. Harus ada smelter-lah. Lalu masalah di bidang transportasi dan otomotif, mereka mampu menggarapnya," tandasnya.(Dny/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini