Sukses

Italia Satu-satunya Negara Yang Mau Bantu Industri Tekstil RI

Hingga saat ini hanya perusahaan Italia yang serius untuk membantu bagi perkembangan industri tekstil di Indonesia.

Direktur Jenderal Basis Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian (Kemenperin Panggah) Susanto mengatakan hingga saat ini hanya perusahaan Italia yang serius untuk membantu bagi perkembangan industri tekstil di Indonesia.

Hal tersebut dibuktikan dengan pemberian 24 mesin tekstil yang rencananya digunakan untuk pelatihan guna meningkatkan produksi tekstil dalam negeri.

"Ini untuk training, ada perusahaan Italia berminat untuk bantu kita. Saat ini mesin yang sudah ada dari Italia ada 24 unit, karena baru hanya Italia yang serius untuk masalah ini," ujar dia di gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan (18/7/2013).

Menurut Panggah, adanya bantuan ini bertujuan untuk memajukan industri tekstil dalam negeri karena selama ini industri tekstil dunia masih pegang India. "Nah ini nanti dari Indonesia yang bisa menggantikan, dengan adanya traning-traning ini," lanjutnya.

Pada awal Januari lalu, perusahaan asal Jepang, Marubeni, pernah berniat untuk berinvestasi pada industri tekstil di Indonesia, namun hingga kini, menurut Panggah belum menunjukan perkembangan yang menggembirakan. "Tadi Marubeni belum berbicara dengan saya soal itu, jadi sementara baru Italia saja," tandasnya. (Dny/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini