Sukses

Pesawat Pertama Garuda Berfasilitas Wifi Resmi Mengangkasa

Garuda Indonesia untuk pertama kalinya menerbangkan pesawat komersial dengan koneksi internet menggunakan wifi.

Maskapai penerbangan nasional, PT Garuda Indonesia Tbk, untuk pertama kalinya dalam sejarah memulai penerbangan pesawat komersial yang menyediakan fasilitas wifi untuk menunjang kegiatan berselancar di dunia maya bagi para penumpangnya. Pesawat terbaru jenis Boeing 777-300ER tersebut memulai penerbangan perdana dengan rute Jakarta-Jeddah.

Dengan nomor penerbangan GA980 yang berangkat pukul 11.00 LT dan tiba di Jeddah pukul 16.50 LT, Boeing 777-300ER mengangkut sebanyak 26 penumpang kelas bisnis, 136 kelas ekonomi, dan 7 penumpang foirst class. Pesawat sendiri memiliki kapasitas penumpang sebanyak 314 seat.

VP Corporate Communications PT Garuda Indonesia di Bandara Soekano-Hatta, Cengkareng, Selasa (9/7/2013) mengatakan pesawat ini telah dilengkapi fasilitas In Flight Connectivity dengan koneksi WiFi. Pada tahap awal, layanan koneksi internet ini akan diaktivasi sebagai Commercial Service Trial dan nantinya akan dilaksanakan secara terbatas bagi penumpang First Class.

"Jadi ini sebagai bentuk layanan kita kepada penumpang First Class, tetapi tidak menutup kemungkinan juga bisa dinikmati untuk penumpang kelas lain nantinya," lanjut Pujobroto.

Untuk memastikan keamanan sinyal WiFi agar tidak menganggu penerbanga, Garuda sendiri telah mengantongi izin keamanan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Sementara untuk mengkomersilkan fasilitas WiFi ini bagi penumpang non First Class, perseroan juga telah mendapatkan izin dari Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Guna mendukung akses internet bagi para penumpang, Garuda Indonesia menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk sebagai service provider untuk layanan tersebut. "Sebenarnya selain di Boeing 777-300ER ini, WiFi juga telah tersedia pada pesawat Airbus 330, itu ada 2 buah pesawat," katanya.

Sesuai dengan regulasi yang berlaku, koneksi WiFi ini sendiri hanya bisa digunakan pada saat pesawat berada pada ketinggian diatas 10 ribu kaki.(Dny/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.