Sukses

Garuda Indonesia Terbangkan Kembali Jemaah Haji yang Terpaksa Mendarat Lagi karena Ada Api di Mesin

Penerbangan jemaah haji Kloter 5 dari embarkasi Makassar terpaksa mendarat lagi atau Return to Base (RTB) pada hari ini, Rabu (15/5/2024). Hal ini disebabkan munculnya api di mesin pesawat.

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia telah menerbangkan kembali para jemaah haji yang diterbangkan dengan pesawat dengan nomor GA-1105 pada malam ini pukul 22:02 LT dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Sebelumnya, para jemaah haji ini terpaksa kembali ke Makassar setelah diketahui ada percikan api pada salah satu engine pesawat Garuda Indonesia yang mereka tumpangi.

"Para penumpang yang merupakan Jemaah Kloter 5 Embarkasi Makassar tersebut akan kembali melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan armada Boeing 747-400 (ER-TRV) dan dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah pada esok hari 16 Mei 2024 pukul 03.40 LT,"  jelas Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangan tertulis, Rabu (15/5/2024).

Lebih lanjut, untuk armada Boeing 747-400 (ER-BOS) yang sebelumnya mengalami kendala teknis tersebut selanjutnya akan berhenti operasional untuk sementara waktu (grounded) guna menjalani inspeksi menyeluruh bersama pihak pihak terkait hingga pesawat tersebut dinyatakan siap untuk kembali terbang.

Adapun sebagai bagian dari langkah mitigasi operasional penerbangan haji dari Embarkasi Makassar agar tetap berlangsung lancar pasca peristiwa tersebut, Garuda Indonesia juga telah mempersiapkan alokasi pesawat back up guna memastikan keberangkatan calon jemaah haji selanjutnya berjalan sesuai jadwal yang telah direncanakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologi Pesawat Garuda Indonesia Keluar Api saat Angkut Jemaah Haji

Sebelumnya, penerbangan jemaah haji Kloter 5 dari embarkasi Makassar terpaksa mendarat lagi atau Return to Base (RTB) pada hari ini, Rabu (15/5/2024). Hal ini disebabkan munculnya api di mesin pesawat.

Penerbangan ini dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia dengan pesawat Boeing B747-400. Perlu diketahui, RTB merupakan tindakan cepat untuk mengurangi risiko terkait keselamatan dan keamanan operasional penerbangan.

"Keputusan RTB diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan adanya kendala pada mesin pesawat yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut setelah terlihat percikan api pada salah satu mesinnya," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Rabu (15/5/2024).

Irfan menjelaskan, karena kondisi ini, mesin pesawat harus menjalani pemeriksaan menyeluruh sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan armada untuk dapat beroperasi kembali.

"Kami informasikan bahwa penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15 waktu setempat (LT), dan hingga pernyataan ini disampaikan, seluruh penumpang telah diarahkan kembali ke asrama untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti," tambah Irfan.

3 dari 4 halaman

Semua Penumpang Selamat

Dijelaskan Irfan, seluruh penumpang jemaah haji tiba di bandara dalam keadaan selamat dan sehat, dan akan diberangkatkan kembali secepatnya sesuai kesiapan pesawat pengganti.

Proses pendampingan jemaah menuju asrama melibatkan pemangku kepentingan bandara terkait untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan para penumpang terjaga dengan baik.

4 dari 4 halaman

Kronologi Kejadian

Sebelumnya, GA-1105 yang dioperasikan dengan pesawat B747-400 berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 15:30 LT dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah pada pukul 21.10 LT.

Penerbangan tersebut mengangkut sekitar 450 penumpang, yang merupakan calon jemaah haji dari embarkasi Makassar, serta 18 awak pesawat.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh seluruh Jemaah Haji pada penerbangan tersebut serta kepada Kementerian Agama RI sebagai penyelenggara haji. Garuda Indonesia sedang melakukan koordinasi intensif dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan penanganan jemaah agar dapat melanjutkan perjalanan mereka," pungkas Irfan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini