Sukses

Italia Tambahkan Nicolo Barella ke Skuad Akhir untuk Euro 2024

Pelatih timnas Italia, Luciano Spalletti memasukkan gelandang andalan, Nicolò Barella ke skuad akhir untuk Euro 2024 meski sempat absen dalam pertandingan persahabatan terakhir akibat cedera,

Liputan6.com, Jakarta- Pelatih timnas Italia, Luciano Spalletti, telah mengumumkan skuad 26 pemain terakhirnya untuk Piala Eropa 2024. Keputusan ini termasuk menyertakan gelandang andalan, Nicolo Barella, meskipun sang pemain absen dalam pertandingan persahabatan terakhir mereka akibat cedera.

Barella, yang merupakan salah satu pemain kunci dalam strategi Spalletti, sempat absen dalam pertandingan imbang 0-0 melawan Turki pada hari Selasa. Cedera otot ringan yang dialami gelandang Inter Milan ini tidak cukup serius untuk membuatnya absen dari skuad akhir.

Keputusan Spalletti untuk tetap memasukkan Barella menunjukkan betapa pentingnya peran sang gelandang dalam tim Azzurri.

Selain Barella, beberapa perubahan signifikan terjadi dalam skuad Italia. Federico Gatti, yang ditambahkan ke skuad sementara setelah keluarnya bek Francesco Acerbi dan Giorgio Scalvini, berhasil mempertahankan tempatnya. Sementara itu, kiper Ivan Provedel tidak masuk dalam daftar akhir, meskipun tetap diminta untuk terus berlatih karena ada keraguan atas kebugaran kiper Napoli, Alex Meret.

Dua pemain lain dari skuad sementara yang tidak masuk dalam daftar akhir adalah Samuele Ricci dan Riccardo Orsolini. Orsolini, yang tampil dalam pertandingan melawan Turki, tidak mampu meyakinkan Spalletti untuk memberinya tempat di skuad terakhir.

Sebaliknya, rekan setimnya di Bologna, Riccardo Calafiori, yang melakukan debut internasionalnya sebagai pemain pengganti di menit-menit akhir melawan Turki, berhasil masuk dalam daftar akhir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kembalinya Nicolo Fagioli

Gelandang Juventus, Nicolo Fagioli, juga termasuk dalam skuad akhir setelah baru saja kembali dari larangan tujuh bulan karena melanggar peraturan taruhan. Penampilan impresifnya sebagai pemain pengganti melawan Turki menjadi faktor penentu yang membawanya kembali ke panggung internasional.

Italia masih memiliki satu pertandingan pemanasan lagi melawan Bosnia pada hari Minggu sebelum berangkat ke Jerman untuk mempertahankan gelar mereka. Di Euro 2024, Italia akan berada di Grup B yang sangat kompetitif, bersama dengan Spanyol, Kroasia, dan Albania. Tantangan besar menanti, namun dengan skuad yang kuat dan berpengalaman, Azzurri siap untuk mempertahankan mahkota mereka.

3 dari 3 halaman

Skuad Italia untuk Euro 2024

Kiper: Gianluigi Donnarumma (Paris Saint-Germain), Alex Meret (Napoli), Guglielmo Vicario (Tottenham Hotspur)

Bek: Alessandro Bastoni (Inter), Raoul Bellanova (Torino), Alessandro Buongiorno (Torino), Riccardo Calafiori (Bologna), Andrea Cambiaso (Juventus), Matteo Darmian (Inter), Giovanni Di Lorenzo (Napoli), Federico Dimarco (Inter), Federico Gatti (Juventus), Gianluca Mancini (Roma)

Gelandang: Nicolo Barella (Inter), Bryan Cristante (Roma), Nicolo Fagioli (Juventus), Michael Folorunsho (Hellas Verona), Davide Frattesi (Inter), Jorginho (Arsenal), Lorenzo Pellegrini (Roma)

Penyerang: Federico Chiesa (Juventus), Stephan El Shaarawy (Roma), Giacomo Raspadori (Napoli), Mateo Retegui (Genoa), Gianluca Scamacca (Atalanta), Mattia Zaccagni (Lazio).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.