Sukses

Dampak Ekonomi Gerhana Matahari Total 8 April 2024, Setara Konser Taylor Swift di Beberapa Kota

Gerhana matahari total yang terjadi pada hari hari ini Senin mungkin merupakan peristiwa sekali seumur hidup bagi 30 juta orang yang tinggal di jalurnya.

Liputan6.com, Jakarta Gerhana matahari total yang terjadi pada hari hari ini Senin mungkin merupakan peristiwa sekali seumur hidup bagi 30 juta orang yang tinggal di jalurnya, dan jutaan lainnya yang melakukan perjalanan untuk melihatnya. Ini juga merupakan kesempatan untuk menghabiskan uang, dan banyak lagi.

Dikutip dari Investopedia, Senin (8/4/2024), dampak keseluruhan terhadap perekonomian, termasuk dampak hilir sekunder, dapat memberikan dorongan sebesar USD 6 miliar terhadap perekonomian AS, menurut analisis yang dilakukan oleh The Perryman Group.

Perusahaan konsultan ekonomi tersebut mengatakan gerhana ini kemungkinan akan menarik lebih banyak minat dibandingkan gerhana total yang terjadi di Amerika Utara sebelumnya pada tahun 2017 karena durasinya lebih lama dan kesempatan berikutnya untuk menyaksikan peristiwa serupa di Amerika Utara baru akan terjadi pada tahun 2044.1 

Memang benar, pengunjung dari seluruh dunia berbondong-bondong mengunjungi jalur Amerika Serikat selebar 115 mil, yang membentang dari Texas hingga Maine. Mereka akan membelanjakan segalanya mulai dari akomodasi hingga makanan, bahan bakar, dan memorabilia, sehingga memberikan lonjakan aktivitas ekonomi di kota-kota besar dan kecil di seluruh negeri.

Profesor Ekonomi di Universitas Indiana di Bloomington, Philip Powell mengatakan, peristiwa yang benar-benar unik seperti gerhana menarik pengunjung yang memiliki pendapatan tambahan yang siap mereka belanjakan selama masa gerhana.

“Kalikan dampak dari konser besar atau acara olahraga sebesar sepuluh kali untuk memahami potensi dampak ekonominya, sambil mencatat bahwa ada juga manfaat jangka panjang. Masuknya pengunjung dari tempat yang jauh merupakan peluang pemasaran yang penting bagi wilayah mana pun," kata dia.

Kepala Ekonom AirDNA Jamie Lane, mengungkapkan untuk hotel dan penyewaan jangka pendek di sepanjang jalur tersebut, efeknya seperti konser Taylor Swift yang berlangsung serentak di setiap kota besar dan kecil.

Tingkat hunian untuk persewaan di sepanjang jalur gerhana total pada Minggu malam adalah 92%, dibandingkan dengan 30% di tempat yang sama pada minggu-minggu biasa, kata Lane.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Permintaan Kamar Hotel Melonjak

Dengan melonjaknya permintaan, hotel dan persewaan dapat mengenakan harga yang sangat mahal, dengan harga sewa jangka pendek berkisar antara 10% hingga 50% lebih mahal dari tarif biasanya, kata Lane.

Ada sebagian kecil negara yang mengalami gerhana total kedua dalam tujuh tahun. Paducah, Kentucky, merupakan salah satu kota yang berada di jalur totalitas pada hari Senin yang juga mengalami peristiwa serupa pada tahun 2017.

Vick Patel, pemilik dua hotel di Paducah, mengatakan 150 kamarnya telah dipesan penuh, dengan pengunjung dari berbagai penjuru. pergi ketika Tiongkok mulai mengambil kamar mulai September lalu. Dia mamsang tarif USD 300 untuk kamar yang biasanya berharga USD 150, meskipun menambahkan beberapa tambahan seperti kacamata gerhana dan donat.

Direktur Biro Konvensi dan Pengunjung Paducah Liz Hammonds menyatakan wilayah Paducah bersiap menerima 150.000 pengunjung,  

“Ini merupakan gelombang besar kunjungan ke sini, di suatu wilayah di negara bagian ini yang tidak selalu mendapat sambutan sebanyak di wilayah lain di negara bagian ini,” katanya.

Seperti banyak kota besar dan kecil di sepanjang jalur gerhana total, Paducah mengadakan acara khusus untuk acara tersebut. Dalam hal ini, para pedagang mengadakan festival “X-marks-the-spot” selama dua hari untuk memperingati lokasi keberuntungan kota tersebut yang menjadi tempat bersilangannya dua gerhana total yang berbeda.3 

 

3 dari 3 halaman

Peristiwa Kosmik

Penyelenggara festival Susan Edwards, pemilik toko kristal Wildhair Studios, mengatakan para pedagang mengharapkan masuknya bisnis dari wisatawan gerhana, dan melayani segala macam permintaan. Tokonya akan menyediakan pembaca psikis bagi pengunjung yang mencari wawasan zaman baru seiring dengan peristiwa kosmik. 

 “Ada berbagai kepentingan esoterik dan astrologi dalam hal ini,” katanya. “Jadi akan ada banyak minat terhadap berbagai tipe orang yang akan hadir di sini.”

Dampak ekonomi gerhana matahari total pun tidak hanya terbatas pada hotel dan restoran.

“Orang-orang yang mampir untuk membeli bahan bakar di sini di Paducah, itu akan menjadi hal yang besar,” kata Hammonds.

“Orang-orang akan mendapatkan bahan makanan atau makanan ringan dalam perjalanan pulang meskipun mereka hanya berada di sini untuk seharian. Uang itu akan disuntikkan ke perekonomian kami dan kami sangat berterima kasih atas hal itu.” tutup dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini