Sukses

Kisah Persalinan sampai Pernikahan Saat Gerhana Matahari Total pada 8 April 2024

Gerhana matahari total pada 8 April 2024 itu terlihat dengan mata telanjang di sejumlah wilayah di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Bayi bernama Wade Lucas lahir ke dunia di hari istimewa. Pasalnya, ia "menyaksikan" gerhana matahari yang terjadi sekali seumur hidup pada tiga jam setelah kelahirannya, dengan jutaan orang menatap ke langit dengan harapan bisa melihat sekilas pemandangan tersebut.

"Sungguh hari yang menyenangkan bagi dunia dan betapa kerennya kisah bahwa anak kami lahir saat gerhana," kata Ashley Lucas, yang melahirkan Wade pada Senin siang, 8 April 2024, dikutip dari USA Today, Selasa (9/4/2024). Langit menggelap, kata Lucas, meliputi ruangan rumah sakit Ohio dengan hanya beberapa sinar cahaya redup yang menerobos masuk.

"Sepertinya akan terjadi badai petir yang dahsyat, namun beberapa saat sebelumnya cuaca cerah," kata ibu berusia 35 tahun tersebut. Lucas dijadwalkan diinduksi pada Kamis, 11 April 2024, dan berencana menyaksikan gerhana matahari total bersama dua anaknya yang lebih besar dari rumahnya di Hamilton, Ohio.

Tapi, ia malah masuk ruang bersalin lebih cepat, dan sedang memulihkan diri di Christ Hospital Medical Center di Liberty Township, yang berada di jalur gerhana matahari total. Suaminya, Willie Lucas, bersama beberapa staf rumah sakit, mengintip gerhana di luar, sementara Ashley melihat sekilas dari jendela.

Lucas berkata bahwa ia sangat bersemangat berbagi kisah gerhana dengan putranya ketika ia sudah besar, dan mengatakan padanya, "Seluruh dunia sedang menonton (gerhana) di luar sementara kami begitu fokus padamu." Kebetulan, ia menambahkan, nama belakang Wade, Lucas, berasal dari bahasa Yunani "Loukas," dan artinya "pembawa cahaya."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kelahiran Saat Gerhana

Sementara itu, bayi Sol, kata dalam bahasa Spanyol untuk "matahari," Celeste Alvarez lahir saat bintang bersinar yang namanya sama menghilang di Texas Utara. Ibu Sol, Alicia Alvarez, semula akan melahir minggu depan, kata juru bicara Sistem Kesehatan Methodist Ryan Owens, tapi bayinya malah lahir pukul 13.04 saat seluruh kota sedang menatap ke langit.

Keluarga Alvarez terjebak kemacetan lalu lintas dalam perjalanan mereka ke rumah sakit. Namun, Owens mengatakan Carlos dan Alicia Alvarez datang tepat waktu saat Sol lahir, yang memiliki saudara perempuan berusia empat tahun bernama Luna.

Hannah Marsden dan Clayton Croarkin fokus pada kelahiran bayi mereka di Fort Worth, Texas, Senin siang, sementara seluruh kota bergegas keluar menyaksikan pemandangan spektakuler di langit. "Itu benar-benar sangat aneh," kata ibu berusia 25 tahun tersebut mengingat kejadian itu. "Kami masuk ke ruang (bersalin) dan semua orang berlarian keluar untuk melihat gerhana matahari."

3 dari 4 halaman

Perubahan Rencana

Marsden semula sangat bersemangat menyaksikan fenomena sekali seumur hidup ini, namun rencananya berubah ketika ia ternyata harus melahirkan pada Senin, 8 April 2024. Ibu dua anak itu berkata bahwa ia menangkap beberapa cuplikan gerhana di TV di ruang bersalin tanpa jendela dan mendengar cerita dari orang lain tentang bagaimana kota itu jadi gelap di siang hari saat musim semi.

Clayton Croarkin mengatakan gerhana itu hilang dari ingatannya saat ia menyaksikan keajaiban yang lebih pribadi: kelahiran putranya, Case Croarkin. Ia hanya mengingat ketika keluarga itu meninggalkan ruang bersalin dan melihat kegembiraan orang-orang yang bergegas keluar melihat gerhana.

Dr Lori Atkins berencana menyaksikan gerhana bersama putrinya, tapi bergegas ke Rumah Sakit Wanita Andrew di Baylor Scott and White All Saints Medical Center untuk membantu kelahiran Case. Setelah melahirkan, Atkins mengatakan ia melihat ujung fenomena gerhana saat matahari mulai muncul dan kehangatan kembali ke udara Texas.

4 dari 4 halaman

Pernikahan Massal

Tidak hanya persalinan, menikah saat gerhana matahari total jadi cerita yang unik. Katie Prince dan Micheal Spence asal Missouri  menginginkan sesuatu yang "unik" untuk pesta pernikahan mereka. Jadi, pasangan itu memutuskan menikah selama tiga menit selama gerhana matahari total berlangsung di West Plains. Upacara sederhana tersebut diadakan di area luar ruang di luar pusat kota.

Warga West Plains, Paige Davis, meresmikan upacara tersebut, bersama setidaknya empat orang lain sepanjang pagi dan siang hari menjelang gerhana. "Saya suka mengadakan pernikahan yang tidak biasa, jadi saya pikir ini akan jadi cara yang sangat keren bagi orang lain untuk saling merasakan pengalaman gerhana," kata Davis.

Di Trenton, sebelah utara Cincinnati, beberapa orang menandai peristiwa itu dengan tonggak sejarah hidup mereka sendiri, yaitu pernikahan massal. Upacara Pernikahan Massal Gerhana Matahari pada Senin diresmikan Wali Kota Ryan Perry.

Samantha Palmer dan Gerald Lester mengenakan busana pernikahan mereka, bersama kacamata gerhana, saat mereka untuk menikah. Trenton Community Park ramai dengan keluarga dan dipenuhi calon pengantin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini