Sukses

Derita Philippe Troussier, Pelatih Vietnam Dipecat 2 Kali Gara-Gara Timnas Indonesia

Philippe Troussier resmi dipecat sebagai pelatih Vietnam usai takluk dari Timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde kedua zona Asia dengan skor 0-3 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa.

 

Liputan6.com, Jakarta Philippe Troussierresmi dipecat sebagai pelatih Vietnam usai rentetan hasil mengecewakan yang didapatkan Timnas Vietnam pada beberapa waktu terakhir. Terbaru Timnas Vietnam takluk dari Timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde kedua zona Asia dengan skor 0-3 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa.

Atas hasil tersebut, Federasi sepak bola Vietnam (LDBDVN) dan pelatih Philippe Troussier pun sepakat mengakhiri kerja sama di antara keduanya

"Segera setelah pertandingan antara Vietnam dan Indonesia, pada babak kedua kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Asia (malam tanggal 26 Maret 2024), LDBDVN dan pelatih kepala Philippe Troussier bertemu untuk membahas hasil-hasil sebelumnya bekerja sebagai pelatih kepala tim Vietnam dan tim Vietnam U23," dikutip dari Antara, Rabu (27/3/2024).

"Pada pertemuan tersebut, LDBDVN dan pelatih kepala timnas Vietnam Mr. Philippe Troussier mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2024," sambung pernyataan tersebut.

Pemecatan Philippe Troussier Troussier sebagai pelatih timnas sepak bola usai kalah dari Timnas Indonesia ternyata bukan terjadi kali ini. Phillipe Troussier juga pernah dipecat sebagai pelatih tim Qatar setelah anak-anak asuhnya kalah 1-2 dari Timnas Indonesia dibawah asuhan Ivan Kolev pada ajang Piala Asia 2004 lalu.

Philippe Troussier Ucapkan Terima Kasih

Sebelumnya, Philippe Troussier mengucapkan terima kasih atas dukungan positif dari pemain, klub, LDBDVN serta suporter. Ia juga meminta maaf karena pencapaian tim asuhannya tak dapat mencapai ekspektasi banyak pihak. Pihak LDBDVN menilai selama menangani Timnas Vietnam, Troussier selalu bekerja dengan tanggung jawab dan profesionalitas yang berintensitas tinggi.

"LDBDVN meminta maaf kepada para penggemar sepak bola atas pencapaian Timnas Vietnam baru-baru ini yang belum mencapai tujuan yang ditetapkan, dan berharap para penggemar akan terus menaruh kepercayaan dan dukungan mereka terhadap sepak bola Vietnam pada umumnya dan tim sepak bola nasional pada khususnya," tutup pernyataan itu.

Philippe Troussier tercatat mulai melatih Timnas Vietnam pada Maret 2023 menggantikan Park Hang-seo yang tidak melanjutkan kontraknya bersama The Golden Star.

Pelatih asal Prancis itu tercatat telah melalui 14 pertandingan bersama Vietnam dan mencatatkan empat kemenangan dan menelan 10 kekalahan. Selain itu, Nguyen Tien Linh serta kolega juga tercatat menorehkan tujuh kekalahan beruntun sejak takluk dari Irak pada November tahun lalu.

Pada rentetan hasil minor tersebut, Vietnam tercatat menelan tiga kekalahan beruntun ketika berjumpa Timnas Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Philippe Troussier Dipecat usai Vietnam Kalah 3 Kali Beruntun dari Timnas Indonesia, Apa Kata Shin Tae-yong?

Philippe Troussier harus menelan pil pahit setelah anak-anak ashunya dibantai Timnas Indonesia dengan 0-3 dalam laga lanjutan Kulifikasi Piala Dunia 2026 di My Dinh National Stadium pada Rabu (27/3/2024) malam WIB.

Juru taktik asal Prancis itu dipecat dari jabatannya di The Golden Star, meski dia sejatinya baru saja didapuk sebagai pengganti Park Hang-seo pada Februari 2023 lalu.

Laporan Bongdaplus mengungkap keputusan untuk menyudahi kerja sama dengan Troussier diambil oleh Federasi Sepak Bola Vietnam menyusul catatan buruk yang ditorehkan sang pelatih sejak bergabung.

Tak cuma kaalah tiga kali beruntun dari Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 serta Kualifikasi Piala Dunia 2026, Troussier juga gagal membawa The Golden Star menunjukkan taji di ajang SEA Games beberapa waktu lalu.

"Federasi sepak bola Vietnam dan pelatih kepala Timnas Vietnam, Philippe Troussier, sudah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2024," tulis media Vietnam Bongdaplus dalam laporannya yang diunggah Selasa (26/3/2024).

"Segera setelah pertandingan kedua antara Vietnam dan Timnas Indonesia di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, federasi serta pelatih kepala Philippe Troussier bertemu untuk membahas masalah ini. Dalam pertemuan tersebut, federasi Vientam dan pelatih kepala Vietnam mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kontrak," sambung media tersebut.

3 dari 3 halaman

Shin Tae-yong Komentari Kiprah Troussier dan Timnas Vietnam

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga sempat mengomentari kiprah Timnas Vienam di bawah asuhan Philippe Troussier.

Meski kalah tiga kali beruntun melawan Indonesia, juru taktik asal Korea Selatan tak memandang Vietnam lebih lemah dibanding sebelumnya. Hanya saja, Timnas Indonesia memang lebih siap dan beruntung saat bersua dengan The Golden Star.

"Saya tidak berpikir performa Vietnam lebih lemah, mereka masih tetap kompetitif, hanya belum terkoneksi," ucap STY selepas kemenangan timnya atas The Golden Star di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Selasa (26/3/2024).

"Para pemain kami (Timnas Indonesia) juga sangat berusaha, mereka melakukan yang terbaik. Akan tetapi, saya juga setuju bahwa kami juga berada dalam situasi beruntung," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.