Sukses

Mewahnya Boeing Business Jet Max 7, Pesawat Dibeli Haji Isam Seharga Rp 1,24 triliun

Crazy Rich asal Batulicin, Kalimantan Selatan, Andi Syamsudin atau Haji Isam tengah viral di sosial media. Sorotan terhadap Haji Isam ini setelah dirinya membeli pesawat Boeing Business Jet Max 7 seharga USD 88,7 juta atau setara Rp1,24 triliun hanya dengan mengenakan kaos oblong.

Liputan6.com, Jakarta Crazy Rich asal Batulicin, Kalimantan Selatan, Andi Syamsudin atau Haji Isam tengah viral di sosial media. Sorotan terhadap Haji Isam ini setelah dirinya membeli pesawat Boeing Business Jet Max 7 seharga USD 88,7 juta atau setara Rp1,24 triliun hanya dengan mengenakan kaos oblong.

Sontak aksi nyentrik Crazy Rich Kalimantan Selatan tersebut menuai beragam respon dari pengguna sosial media X (sebelumnya Twitter). Lantas seperti apa kemewahan dan kecanggihan pesawat Boeing Business Max Jet 7 yang dibeli Haji Isam, berikut ulasannya.

Dikutip dari aerospace-technology.com, Boeing Business Jet (BBJ) MAX 7 merupakan anggota terbaru dalam keluarga pesawat BBJ MAX, yang dirancang untuk menawarkan kualitas tinggi, mobilitas dan kenyamanan bagi penumpang.

Boeing Business Jet (BBJ) MAX  7 memiliki panjang 35,6m, tinggi 12,3m, dan lebar sayap 35,9m.

MAX 7 adalah kombinasi optimal antara ukuran, kinerja, efisiensi, dan kenyamanan. Pesawat ini menawarkan peningkatan aerodinamis, dek penerbangan yang diperbarui, dan profil kebisingan yang berkurang sebesar 40%. Spoiler fly-by-wire meningkatkan kontrol penerbangan dan memberikan kemampuan manuver yang mudah.

Pesawat ini juga memberikan biaya operasional 10% lebih rendah dibandingkan BBJ asli .

Pesanan Pertama

Boeing menerima pesanan pertama untuk pengiriman pesawat MAX 7 dari Orient Global Aviation pada bulan Desember 2016. Seacons Trading memesan BBJ MAX 7 selama Farnborough International Airshow 2018 yang diadakan pada bulan Juli 2018.

Desain dan fitur BBJ MAX 7BBJ MAX 7 memiliki konfigurasi sayap menyapu dihedral dengan sayap ujung terpisah, yang menggunakan aliran udara laminar untuk mengurangi hambatan. 

Winglet ujung terpisah meningkatkan lebar sayap efektif, menghasilkan penghematan bahan bakar yang lebih tinggi, dan meningkatkan jangkauan hingga 2,5% selama penerbangan jarak jauh.

Pesawat Boeing Business Jet Max 7 ini memiliki tangga udara otomatis terintegrasi yang dapat dipasang secara mekanis, memungkinkan proses boarding dan deboarding tanpa kerumitan. Tangga dengan pegangan tangan terintegrasi dapat secara otomatis dimasukkan kembali ke dalam kompartemennya di bawah kabin utama. Dek penerbangan menampung tampilan format besar baru dengan grafis tambahan dan antarmuka pilot yang ditingkatkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Detail kabin BBJ MAX 7

Pesawat terkecil dari keluarga BBJ MAX menawarkan ruang kabin penumpang tambahan dibandingkan BBJ tradisional. MAX 7 menghadirkan kabin yang mewah, luas, dan nyaman untuk pengalaman santai dan serasa di rumah sendiri selama penerbangan. Kabin yang luas memiliki panjang penampang 3,53m sehingga memungkinkan penumpang leluasa bergerak.

“Ia mempertahankan ketinggian kabin maksimum 6,500 kaki pada ketinggian jelajah maksimum, sedangkan tekanan kabin rata-rata yang dipertahankan selama penerbangan jarak jauh adalah 5,600 kaki," dikutip dari aerospace-technology.com.

Varian tersebut menawarkan kenyamanan penumpang yang tinggi dengan memberikan ketinggian kabin yang lebih rendah. Pesawat ini mempertahankan ketinggian kabin maksimum 6.500 kaki pada ketinggian jelajah maksimum, sedangkan tekanan kabin rata-rata yang dipertahankan selama penerbangan jarak jauh adalah 5.600 kaki.

Kabin MAX 7 lebih panjang 1,93m dari BBJ biasa. Total panjang kabin adalah 26,11m, sedangkan luas totalnya adalah 82,13m². Kabin menawarkan ruang tamu yang luas, ruang bisnis berperabotan, ruang makan, kamar pribadi, dapur, dan tempat mandi.

 

3 dari 3 halaman

Ruang Kargo

Pesawat ini menyediakan ruang kargo 275ft³ di bawah dek meskipun dilengkapi tangki bahan bakar tambahan.

Mesin dan performa BBJ MAX 7BBJ MAX 7, mirip dengan varian lain dari keluarga BBJ MAX, ditenagai mesin CFM LEAP-1B. Inti dan kipas mesin yang dioptimalkan, yang diameternya 8 inci lebih panjang dibandingkan kipas mesin B737, memiliki rasio bypass yang lebih tinggi.

Pesawat ini menawarkan jangkauan yang lebih jauh dibandingkan pesawat BBJ MAX 8 dan BBJ MAX 9. Pesawat ini dapat terbang hingga 12,966 km dengan delapan penumpang di dalamnya dan mampu terbang hingga 12,412 km dengan membawa 19 penumpang.

Bahan bakar maksimum yang dapat digunakan yang dibawa oleh BBJ MAX 7 adalah 39,735l, sedangkan berat lepas landas maksimum adalah 80,286kg. Pesawat ini memiliki berat pendaratan maksimum 66,043kg.

Berat maksimum bahan bakar nol pesawat adalah 62,913kg dan berat kosong operasinya adalah 48,060kg. Tunjangan berat interior kabin adalah 7.257kg.

Varian BBJ MAXKeluarga BBJ MAX mencakup MAX9, MAX8, dan pesawat MAX7 baru. Yang terbesar dari ketiganya adalah MAX9, yang panjangnya 42,1m, diikuti oleh MAX 8 berukuran sedang, yang panjangnya 39,5m, dan MAX7.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.