Sukses

Gibran Janji Bereskan Proyek Infrastruktur di Solo Tahun Ini, Berikut Daftarnya

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berjanji akan menyelesaikan sejumlah proyek infrastruktur di Solo, Jawa Tengah, pada 2024.

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berjanji akan menyelesaikan sejumlah proyek infrastruktur di Solo, Jawa Tengah, pada 2024.

"Masih banyak yang harus diselesaikan. Pembangunan-pembangunan fisik, tapi kebanyakan sudah selesai di tahun ini," kata Gibran dikutip dari Antara, Selasa (27/2/2024).

Beberapa proyek infrastruktur yang masih dalam proses pengerjaan revitalisasi, di antaranya Keraton Surakarta, rel layang Simpang Joglo, serta Museum, Sains, dan Teknologi.

Disinggung mengenai pengerjaan Viaduk Gilingan yang masih berproses, menurut dia segera diselesaikan. Lamanya pengerjaan tersebut karena terdampak oleh kasus operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Empat proyek Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjadi sasaran OTT KPK pada 2023. Salah satunya merupakan proyek yang berlokasi di Solo, yakni pembangunan rel ganda Solo-Kalioso.

"Kemarin ada OTT. Ini akan kami selesaikan. Makanya kami minggu lalu ke sana. Ini sudah sesuai timeline semua," katanya.

Sementara itu, sebelum maupun seusai Pemilu 2024 Gibran gencar mendatangi tiap proyek infrastruktur di Solo yang masih dalam proses pengerjaan. Beberapa lokasi yang didatangi, di antaranya Pasar Jongke, Alun-alun Keraton Surakarta, Taman Balekambang, dan underpass Joglo. Pada saat itu, ia mengatakan seluruh pengerjaan sudah sesuai dengan timeline yang ditetapkan sejak awal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anggaran Makan Siang Gratis Program Prabowo-Gibran Rp 15.000 per Anak, Apa Saja Menunya?

Anggaran program makan siang gratis milik pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dipatok Rp15.000 per anak.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. "Per anak kira-kira Rp15.000," tutur Airlangga kepada awak media di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024).

Anggaran makan siang Rp15.000 per anak tersebut meski demikian di luar program susu gratis. Diketahui, pasangan Prabowo-Gibran juga mengusung program pemberian susu gratis untuk anak.

"Di luar susu," tegas Airlangga.

Lantas apa saja menu makan siang gratis Rp15.000 per anak milik Prabowo-Gibran?

Terkait menu makan siang gratis, akan diserahkan kepada masing-masing pemerintah daerah. Dengan kata lain, tidak ada aturan baku terkait jenis menu makanan yang diatur pemerintah pusat.

"(Menu makan siang gratis) itu nanti dilepaskan ke daerah masing-masing, kita tidak menyeragamkan," ucapnya.

Airlangga menambahkan, besaran anggaran makan gratis Prabowo-Gibran sebesar Rp 15.000 tersebut berlaku secara nasional. "(Anggaran makan gratis) merata," ucapnya menekankan.

Meski demikian, Airlangga belum bersedia mengungkap wilayah mana yang akan menerapkan program makan dan susu gratis bagi anak-anak yang diusung pasangan Capres Prabowo - Gibran.

Dia menuturkan, pemerintah di kementerian teknis terkait baru akan melakukan pembahasan terkait penyiapan anggaran untuk program makan siang gratis yang masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN)  2025

"Nanti ada pembahasan detail," bebernya.

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Anggaran Makan Siang Gratis Program Prabowo-Gibran: Rp 15.000 per Anak, Belum Termasuk Susu

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkap besaran anggaran untuk program makan siang gratis yang diusung pasangan Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka atau Prabowo-Gibran.

Airlangga menyebut, besaran anggaran untuk makan siang gratis berkisar Rp15.000 per anak.

"Per anak kira-kira Rp15.000," kata Airlangga Hartarto kepada awak media di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024).

Airlangga menekankan, bahwa anggaran makan siang Rp15.000 per anak tersebut di luar program susu gratis. Diketahui, pasangan Prabowo-Gibran juga mengusung program pemberian susu gratis bagi anak-anak.

Wilayah Masih DirahasiakanMeski demikian, Airlangga belum bersedia mengungkap wilayah mana yang akan menerapkan program makan dan susu gratis bagi anak-anak yang diusung pasangan Capres Prabowo - Gibran.

Menurutnya, pemerintah di kementerian teknis terkait baru akan melakukan pembahasan terkait penyiapan anggaran untuk program makan siang gratis yang masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025

"Nanti ada pembahasan detail," beber Airlangga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.