Sukses

Eskalator Stasiun Manggarai Diperbaiki, Tak Bisa Dipakai hingga Pekan Depan

Kementerian Perhubungan sedang melakukan perbaikan terhadap eskalator yang menuju ke peron 11 dan 12 di Stasiun Manggarai itu. Pihak Balai Perkeretaapian Kelas I Jakarta sudah menemukan penyebab kejadian tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Viral kejadian di eskalator Stasiun Manggarai yang membuat penumpang KRL terjatuh beberapa waktu lalu. Saat ini, eskalator yang terkendala itu tengah dilakukan perbaikan.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini sedang melakukan perbaikan terhadap eskalator yang menuju ke peron 11 dan 12 di Stasiun Manggarai itu. Pihak Balai Perkeretaapian Kelas I Jakarta sudah menemukan penyebab kejadian tersebut.

"Saat ini anggota kami sedang melakukan opname terhadap eskalator tersebut, sementara waktu ini yang sudah ditemukan memang ada perangkat switchbreak yang perlu diganti," kata Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Jakarta, Ferdian Suryo Adhi kepada Liputan6.com, Sabtu (24/2/2024).

Dia menaksir, proses perbaikan memakan waktu selama 1 minggu ke depan. Selama masa ini, eskalator di stasiun Manggarai itu tidak bisa digunakan. 

"InsyaaAllah dalam 1 minggu akan dilakukan perbaikan," ucapnya.

Dia menjelaskan, perbaikan akan difokuskan pada eskalator yang bermasalah. Diketahui, itu adalah eskalator sebelah kiri menuju peron 11 dan 12 Stasiun Manggarai. 

Dengan begitu, eskalator sebelah kanan yang menuju peron yang sama, masih bisa digunakan normal.

"Sebenarnya dalam catatan kami hingga kemarin pagi eskalator tersebut berfungsi normal, dikarenakan ada kendala maka perbaikan difokuskan pada yang bermasalah dulu," pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KAI Commuter Tutup Sementara Eskalator

Sebelumnya,  PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter menutup sementara eskalator menuju peron 11 dan 12 Stasiun Manggarai usai terkendala. Tujuannya, guna menghindari kejadian serupa kedepannya.

Diketahui, sejumlah penumpang yang tengah beejalan di eskalator tiba-tiba terjatuh. Pasalnya, eskalator yang diketahui mati itu, mendadak hidup ke arah berlawanan. Alhasil, sejumlah orang terjatuh.

External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter, Leza Arlan mengatakan penutupan sudah dilakukan sejak kejadian tersebut. Selanjutnya, pihak Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Jakarta langsung melakukan perbaikan.

"Agar tidak terjadi hal serupa, KAI Commuter menutup eskalator tersebut dan berkoordinasi dengan DJKA dalam hal ini Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikan eskalator," ujar Leza dalam keterangannya, Kamis (22/2/2024).

3 dari 3 halaman

Gunakan Fasilitas Lain

Dia mengatakan, penumpang KRL bisa menggunakan fasilitas lainnya untuk menuju peron 11 dan 12 untuk KRL arah Stasiun Bogor. Diantaranya, ada lift dan tangga manual yang tersedia di beberapa titik.

"Tersedia juga fasilitas tangga manual di sisi selatan dan ditengah hall lantai 1 stasiun. KAI Commuter mengajak kepada pengguna yang masih mampu menggunakan tangga manual, untuk menggunakannya saat akan menuju peron atau sebaliknya," tuturnya.

"KAI Commuter juga mengimbau untuk selalu mengutamakan keselamatan dengan selalu mengikuti arahan dan informasi dari petugas di stasiun," sambung Leza

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.