Sukses

Top 3: Fakta Merosotnya Harga Nikel dan Menko Luhut

Berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Jumat 9 Februari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, tidak terima Indonesia jadi kambing hitam akibat harga nikel yang terus merosot.

Luhut juga menyangkal tudingan Bank Dunia yang mengklaim Indonesia terlalu bersemangat memproduksi nikel, sehingga harganya jatuh.

Artikel mengenai nikel dan Menko Luhut ini menjadi salah satu artikel yang banyak dibaca. Selain itu masih ada sejumlah artikel lain yang layak untuk disimak.

Lengkapnya, berikut ini tiga artikel terpopuler di kanal bisnis Liputan6.com pada Jumat 9 Februari 2024:

1. Harga Nikel Terus Merosot, Menko Luhut Tak Ingin Indonesia Dituduh Jadi Biang Kerok

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, tidak terima Indonesia jadi kambing hitam akibat harga nikel yang terus merosot. Pasalnya, sejumlah pihak menuding anjloknya harga nikel disebabkan meningkatnya pasokan dari Indonesia.

Adapun harga nikel di London Metal Exchange (LME) untuk kontrak 3 bulan pada Selasa (6/2/2024) turun 1,2 persen ke angka USD 15.880 per ton dari hari sebelumnya di level USD 16.075 per ton.

Simak artikel selengkapnya di sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Impor 3 KRL China Rp 783 Miliar, Ongkos Produksi Dalam Negeri Masih Lebih Besar

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) alias KAI Commuter kembali buka suara impor KRL baru dari China senilai Rp 783 miliar. Secara hitung-hitungan, ongkos pengadaan KRL baru produksi dalam negeri buatan PT INKA (Persero) diklaim masih lebih besar.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, pihaknya telah melakukan kerjasama pengadaan sarana KRL per 2023 dan 2024. Kerjasama ini dilakukan baik dalam negeri maupun dari luar negeri. Total pengadaan sebanyak 38 rangkaian (trainset) KRL.

"Lebih dari 92 persen atau sebanyak 35 trainset dari total pengadaan sarana KRL tersebut, KAI Commuter bekerjasama dengan BUMN dalam negeri yaitu PT INKA (Persero) dengan nilai total investasi mencapai Rp 6,06 triliun," terang dia.

Simak artikel selengkapnya di sini

 

3 dari 3 halaman

3. Tak Semua Turis Asing Kena Pungutan Rp 150 Ribu saat Masuk Bali, 7 Kategori Ini Dikecualikan

Tidak semua turis asing atau wisatawan mancanegara (wisman) ditarik pungutan sebesar Rp 150 ribu saat mengunjungi Bali. Terdapat sejumlah turis asing yang dikecualikan pungutan tersebut.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menerapkan aturan baru bagi para wisatawan asing dengan mengenaikan pungutan sebesar Rp 150 ribu per orang yang berlaku mulai 14 Februari 2024.

"Mereka wajib mengajukan permohonan dengan melengkapi persyaratan yang ditentukan dalam sistem Love Bali," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Ayu Indah Yustikarini.

Simak artikel selengkapnya di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.