Sukses

Pertumbuhan Positif DANA di Tahun 2023, Salah Satunya Pengguna Capai 170 Juta

Kinerja salah satu pemain utama dalam sektor dompet digital di Indonesia, yakni DANA terus mengalami pertumbuhan.

Liputan6.com, Jakarta Kinerja salah satu pemain utama dalam sektor dompet digital di Indonesia, yakni DANA terus mengalami pertumbuhan. Pasalnya, selama 2023 jumlah pengguna DANA tercatat 170 juta atau meningkat 23% dari tahun sebelumnya.

Pertumbuhan tersebut secara tidak langsung menunjukkan tingkat adopsi yang tinggi terhadap jasa pembayaran dan layanan keuangan digital masyarakat Indonesia. Selain itu, pertumbuhan itu juga dapat dimaknai bahwa kepercayaan masyarakat terhadap DANA dalam setiap transaksi keuangan sehari-hari terus menguat.

VP of Product DANA Indonesia, Adri Awwal menjelaskan bahwa pihaknya mencatatkan pertumbuhan transaksi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) signifikan selama 2022 hingga 2023 yang mencapai 272%. Ia juga menyebut, fitur Kirim Uang juga mengalami pertumbuhan sebesar 147% di tahun 2023.

"Angka-angka ini tidak hanya menunjukkan antusiasme para pengguna terhadap fitur yang kami hadirkan, tapi juga menggambarkan terpenuhinya gaya hidup finansial para pengguna dari layanan DANA yang dihadirkan," jelasnya saat Dialog DANA 2024 di DANA Indonesia Office, Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Adri juga mengatakan, fitur yang terus dikembangkan DANA ditujukan untuk membantu masyarakat, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ia pun menegaskan, DANA selalu berusaha komit terhadap pengguna dan merchant.

"Kami selalu komit dan itu yang mungkin membedakan antara kami dengan kompetitor, yaitu kami selalu punya komitmen tinggi terhadap inklusi finansial keuangan," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dompet Digital yang Relevan

Sebagai perusahaan teknologi yang mengedepankan Quality of Service (QoS) atau kualitas layanan, DANA juga senantiasa menjadi dompet digital yang relevan bagi para penggunanya sehingga dapat mendorong produktivitas pengguna terutama dalam aspek gaya hidup finansialnya.

Head of Investment and Insurance DANA Indonesia, Ivan Kusuma mengungkapkan bahwa DANA selalu berfokus pada pengalaman pengguna dalam menghasilkan inovasi dan layanan produk. Dirinya menyebut, dalam setiap pengembangan layanan keuangan digital, DANA selalu memulainya dengan mengobservasi kebutuhan pengguna.

"Oleh karena itu, DANA memiliki dua layanan finansial spesifik untuk asuransi dan investasi. DANA Siaga untuk asuransi, DANA eMAS dan DANA Goals untuk investasi terus kami kembangkan demi memberikan produk asuransi dan investasi yang aman dan mudah dimiliki pengguna," ungkapnya.

"Hasilnya, pertumbuhan positif juga dirasakan pada layanan keuangan digital DANA, seperti DANA Siaga yang melonjak hingga sembilan kali lipat," jelas Ivan.

Ia pun mengatakan, dengan menghadirkan produk teknologi finansial yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, DANA dapat semakin memperkuat posisinya sebagai dompet digital pilihan masyarakat.

"Dan untuk meningkatkan inklusivitas produk DANA harus dimulai dari edukasi dan kami mulai dari situ, kami punya DANA Fintech di media sosial yang memberikan unggahan menarik untuk edukasi mengenai financial services (investment dan assurance), dan dari produknya kami pastikan itu simple dan relate dengan kebutuhan user," kata Ivan.

3 dari 4 halaman

Program SisBerdaya

Sepanjang tahun 2023, DANA sukses menjalani berbagai program yang mendorong inklusi keuangan dan pemberdayaan berbagai komunitas di seluruh kalangan, seperti anak muda, perempuan, hingga penyandang disabilitas. Salah satunya melalui program SisBerdaya yang melibatkan lebih dari 2.400 wirausaha perempuan dari berbagai daerah di Indonesia.

Owner Demero F&B Pemenang Sisberdaya, Mega Indah Septian mengatakan bahwa manfaat yang dirasakan dari program tersebut sangat besar dan signifikan. Ia juga menyebut, usahanya mengalami peningkatan signifikan setelah menggunakan fasilitas layanan digital yang dikembangkan oleh DANA.

"Mulai dari pencatatan keuangan, pengeluaran, hingga kemudahan transaksi QRIS melalui DANA Bisnis dapat saya manfaatkansebaik mungkin untuk mendorong hasil positif bagi bisnis yang saya jalani," katanya.

Dengan kata lain, Program SisBerdaya dari DANA dapat membuka kesempatan para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnyamelalui program mentoring dan pendampingan.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Sistem Keamanan

Di sisi lain, Adri pun menegaskan bahwa DANA akan fokus mengembangkan pengalaman terbaik pengguna demi memudahkanmasyarakat dalam bertransaksi dan menempatkan peningkatan sistem keamanan di aplikasi DANA sebagai prioritas.

“Tingkat keamanan selalu menjadi prioritas DANA, menyadari bahwa tingkat keamanan aplikasi harus menjadi fokus kami sebagai penyedia layanan teknologi finansial," tegasnya.

"Kami akan terus berkomitmen untuk memastikan kerjasama antar pemangku kepentingan tetap terjalin dengan baik demi upaya mewujudkan Indonesia cashless society,” jelas Adri.

Sebagai informasi, Di tahun 2023, DANA menorehkan sejarah sebagai dompet digital pertama yang menjadi peserta peluncuran implementasikan perdana QR Cross Border di tiga negara berturut-turut, yaitu Thailand, Malaysia, Singapura.

Implementasi QR Cross Border ini menjadi wujud kontribusi DANA dalam meningkatkan inklusi keuangan sesuai arahan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 dari Bank Indonesia, serta menjadi katalisator bagi pertumbuhan ekonomi digital di ASEAN.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini