Sukses

KAI Logistik Pasang Target Angkut 59.000 Ton Barang di 2024

Tahun 2024 KALOG Express membidik target angkutan sekitar 59 ribu ton termasuk segmen UMKM yang memainkan peranan penting pada roda perekonomian nasional.

 

Liputan6.com, Jakarta Layanan kurir menjadi salah satu segmen layanan KAI Logistik melalui KALOG Express. Fokus pada layanan logistik berskala kecil, KALOG Express mengambil peranan signifikan dalam distribusi barang retail termasuk industri kecil dan menengah di Indonesia.

Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah menjelaskan sepanjang tahun 2023, KALOG Express melayani lebih dari 53 ribu ton angkutan barang dimana meningkat 15% dari kinerja tahun 2022 sekitar 46 ribu ton.

"Peningkatan ini menunjukkan bahwa KALOG Express semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat dan menjadi pilihan layanan logistik. Capaian ini didukung dengan improvisasi layanan mulai dari sisi operasional hingga digitalisasi,” katanya, Jumat (26/1/2024).

Selain melayani paket, KALOG Express unggul untuk layanan jenis barang kiriman barang seperti hewan peliharaan, tanaman, barang elektronik, sepeda motor hingga frozen food.

“Tahun 2023, layanan logistik berpendingin melalui KALOG Express mulai diperkuat melalui penyediaan fasilitas cold storage, yaitu kontainer berpendingin sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum barang dikirimkan melalui moda kereta api. Tahun 2023, fasilitas cold storage tersedia di 6 kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Banyuwangi dengan kapasitas penyimpanan 5 ton,” jelas pria yang akrab disapa Malik.

Target 2024

Tahun 2024 KALOG Express membidik target angkutan sekitar 59 ribu ton termasuk segmen UMKM yang memainkan peranan penting pada roda perekonomian nasional.

Sejak tahun 2021, KAI Logistik telah berkomitmen mendorong segmen UMKM dengan menghadirkan tarif khusus UMKM berupa diskon sebesar 30%.

Komitmen dukungan tersebut juga diperkuat melalui kerjasama baik dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Garut maupun dengan tingkat Kementerian seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan RI serta Kementerian Koperasi dan UKM RI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Strategis

Target kinerja volume tersebut optimis dapat dicatatkan sebagai kinerja positif dengan dukungan langkah strategis pada 2024.

Langkah ini diantaranya penguatan jaringan distribusi di Kalimantan dan Sulawesi, penguatan kemitraan dan keagenan dengan perluasan jangkauan service point dari 172 titik di tahun 2023 menjadi lebih dari 200 titik di 2024 hingga ekstensifikasi cakupan layanan aplikasi mobile KAI Logistik Trax di lebih dari 60 kota/kabupaten diantaranya kota besar yang memungkinkan pelayanan penjemputan paket di rumah untuk memenuhi kebutuhan akan kemudahan dan kenyamanan layanan.

“Pintu kolaborasi dengan berbagai pihak juga menjadi salah satu fokus pengembangan pada tahun 2024 untuk membuka peluang dalam penyempurnaan layanan yang akan bermuara pada kepuasan pelanggan dan menjadi refleksi komitmen perusahaan yang mengedepankan customer oriented,” tutup Malik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.