Sukses

Gautam Adani Kembali Jadi Orang Terkaya di Asia, Hartanya Tembus Rp 1,5 Kuadriliun

Kekayaan bersih Gautam Adani naik USD 7,7 miliar dalam sehari menjadi USD 97,6 miliar atau setara Rp 1,5 kuadriliun.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah naik-turunnya peringkat di 2023 lalu, Gautam Adani kembali meraih posisi teratas daftar orang terkaya di Asia.

Hal ini terjadi beberapa hari setelah pengadilan tinggi India menyatakan tidak akan melakukan penyelidikan baru atas tuduhan Hindenburg Research terhadap miliarder tersebut.

Mengutip laman The Business Times, Jumat (5/1/2024) kekayaan bersih Adani naik USD 7,7 miliar dalam sehari menjadi USD 97,6 miliar atau setara Rp. 1,5 kuadriliun.

Capaian itu juga membuatnya kembali posisi teratas daftar orang terkaya di India, menggeser Mukesh Ambani, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Ambani, ketua Reliance Industries, tertinggal tipis dengan kekayaan bersih USD 97 miliar, menurut indeks.

Kembalinya pengusaha generasi pertama, yang memulai karirnya sebagai pedagang berlian pada tahun 1980-an, menandai tahun penting bagi konglomerat di sektor listrik itu.

Meski telah membantah tuduhan Hindenburg terkait dugaan penipuan perusahaan, Adani Group telah kehilangan nilai pasar lebih dari USD 150 miliar atau Rp. 2,3 kuadriliun tahun lalu dan menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menarik kembali investor, pemberi pinjaman, membayar utang, dan meredakan kekhawatiran peraturan.

Saham Adani Group menguat setelah Mahkamah Agung India minggu ini memerintahkan regulator pasar lokal untuk menyelesaikan penyelidikannya terhadap konglomerat tersebut dalam waktu tiga bulan dan mengatakan tidak diperlukan penyelidikan lagi.

Penangguhan hukuman pengadilan tersebut memicu peningkatan kekayaan sebesar USD 13,3 miliar bagi Adani, setelah mencatat salah satu kerugian kekayaan terbesar di dunia pada tahun 2023.

Sebelumnya, perusahaan milik Gautam Adani telah berkomitmen melakukan investasi sebesar USD 100 miliar selama dekade berikutnya untuk transisi ramah lingkungan di seluruh bisnisnya, juga kembali dengan cepat mendiversifikasi kerajaannya di luar asal perdagangan batu bara ke pusat data, kecerdasan buatan, pembangunan perkotaan, bandara, dan media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Perusahaan Miliarder India Gautam Adani Niat Galang Dana Sampai Rp 74 Triliun, Buat Apa?

Tiga perusahaan yang dikendalikan oleh miliarder India Gautam Adani sedang mempertimbangkan penggalangan dana yang dapat menarik sebanyak USD 5 miliar atau sekitar Rp 74 triliun, menurut sejumlah orang yang mengetahui masalah ini. Mengingat perusahaan kini tengah dalam ujian kepercayaan investor terhadap kerajaan taipan itu yang sudah berlangsung selama kurang dari empat bulan setelah krisis yang parah.

Dilansir dari Gulf News, Senin (15/5/2023), Adani Enterprises, Adani Green Energy, dan Adani Transmission, dapat mengumpulkan antara USD 3 dan 5 miliar untuk peti perang guna mendukung bisnis, kata orang-orang tersebut, meminta untuk tidak disebutkan namanya karena informasinya bersifat pribadi.

 Sebelumnya, perwakilan dewan dari tiga perusahaan telah bertemu pada Sabtu waktu setempat untuk mempertimbangkan penggalangan dana melalui penjualan saham atau sekuritas lainnya, menurut pengajuan pertukaran Rabu malam. Namun, mereka tidak mengungkapkan jumlah yang ingin dikumpulkan atau dengan siapa mereka bekerja untuk kesepakatan potensial. Dewan perusahaan biasanya menyetujui rencana penggalangan dana untuk memungkinkan manajemen dengan cepat memasuki pasar ketika peluang muncul.

Sementara itu, rencana masih didiskusikan dan tidak ada kepastian perusahaan akan mengumumkan jumlah yang ingin mereka kumpulkan setelah rapat dewan hari Sabtu. Sayangnya lagi, perwakilan Grup Adani pun menolak mengomentari rincian penggalangan dana tersebut.

Setiap langkah yang dilakukan oleh perusahaan Grup Adani untuk memanfaatkan kelompok investor yang lebih luas guna mendapatkan dana dapat menjadi bumerang jika pasar tidak yakin bahwa awan yang menggantung di atas saham telah terangkat. Meskipun konglomerat batubara-untuk-semen menyangkal tuduhan penipuan yang dibuat oleh Hindenburg Research pada Januari, selebaran tersebut memicu kekalahan saham selama seminggu yang menghapus lebih dari USD 100 miliar nilai pasar, memaksa miliarder tersebut untuk membatalkan penjualan sahamnya senilai USD 2,4 miliar.

Manajer indeks global MSCI mengatakan pada Kamis bahwa dua perusahaan Grup Adani - Adani Transmission dan Adani Total Gas - akan dikeluarkan dari pengukur India mulai akhir Mei. Itu kemungkinan akan memicu arus keluar hampir USD 400 juta, menurut perkiraan analis ekuitas independen Brian Freitas.

3 dari 3 halaman

Memperbaiki Kerusakan

Keluarga Adani pada awal Maret mengumpulkan sekitar USD 1,9 miliar dari hasil penjualan saham di empat perusahaan kepada perusahaan investasi AS GQG Partners. Bahkan pula mengadakan roadshow investor dan utang prabayar saat berlomba untuk meningkatkan kepercayaan dan memperbaiki kerusakan akibat tuduhan short seller.

Sementara itu, analisis dari Bloomberg tentang pengajuan pertukaran menunjukkan Adani Enterprises dan Adani Transmission telah meminta persetujuan dewan untuk penggalangan dana setiap tahun pada April atau Mei setidaknya sejak 2019.

Adani Green Energy mendapatkan izin tersebut setiap tahun kecuali pada 2021.

Ketiga perusahaan itu mengumpulkan hampir USD 2 miliar dari International Holding Company yang berbasis di Abu Dhabi pada April tahun lalu.

Putaran penggalangan dana saat ini, setelah diselesaikan, akan menjadi yang pertama bagi perusahaan Adani setelah serangan Hindenburg dan kekalahan pasar berikutnya. Penjualan saham yang sukses akan sangat membantu pemulihan Adani dari krisis, meskipun banyak juga yang akan bergantung pada ketentuan kesepakatan dan profil investor.

Di samping itu, kehancuran saham awal tahun ini juga meredam valuasi panas perusahaan Adani. Ditambah dengan kekalahan, diskon lebih lanjut bisa membuat mereka lebih menarik bagi investor.

Namun sebagai informasi, Adani Enterprises membukukan lonjakan 138 persen dalam laba kuartalan terbaru sementara pendapatan naik 26 persen, sebagian didorong oleh bisnis pertambangan dan bandara, dan utang kotor menyusut 6,5 persen.

Laba Adani Green meningkat lebih dari empat kali lipat untuk kuartal Maret dan kapasitas operasionalnya melonjak hampir setengahnya menjadi lebih dari 8 gigawatt. Ini menargetkan kapasitas 45 gigawatt pada tahun 2030.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini