Sukses

Jadwal Seleksi CPNS 2024, Simak di Sini Rencananya

Pemerintah akan kmbali membuka seleksi CPNS 2024 dan PPPK. Rencananya, Presiden Jokowi akan mengumumkan langsung mengenai hal ini pada Januari ini

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah akan kembali membuka pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK. Bahkan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan pengumuman CPNS 2024 akan disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi.

Yang membuat seleksi CPNS 2024 ini akan berbeda dari sebelumnya, karena kuota terbesar dialokasikan bagi lulusan baru SMA Sederajat maupun perguruan tinggi (fresh graduate).

 

"Nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama (2024), presiden (Jokowi) akan mengumumkan (CPNS)," kata Menpan RB Azwar Anas ditulis, Jumat (5/1/2024).

Sementara itu di kesempatan terpisah, Kepala Biro Data, Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mohammad Averrouce menambahkan ia belum bisa mengatakan kapan waktu resmi pengumumannya, plus jadwal pelaksanaan seleksi. Sebab, saat ini sejumlah instansi pemerintah masih fokus menuntaskan pengadaan CPNS 2023.

Akan Diumumkan Masing-Masing Instansi

Pasca kebutuhan formasi disosialisasikan, berbagai instansi pemerintah nantinya akan mengajukan masing-masing usulan formasi. Setelah itu, Kementerian PANRB akan memutuskan formasi CPNS 2024 secara final.

"Nanti kebutuhan nasionalnya diumumkan bapak Presiden, dan tentu nanti ada persiapan usulannya formasi dari K/L/D, kemudian dianalisa dan verifikasi usulannya," ungkapnya.

Rencana Jadwal Seleksi CPNS 2024

  • Pengumuman Formasi CPNS: Januari 2024
  • Seleksi CPNS: Maret atau April 2024

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kuota Belum Ditentukan

Meski begitu, Menteri Anas belum bersedia mengungkap berapa kuota yang akan disiapkan pemerintah bagi para fresh graduate dalam tes CPNS awal tahun depan. Menurutnya, terkait kuota CPNS bagi para lulusan baru tersebut akan diumumkan langsung oleh Presiden Jokowi.

"Jumlahnya saya belum bisa umumkan hari ini karena nanti di bulan pertama, Januari minggu pertama, presiden (Jokowi) akan mengumumkan," pungkas Menteri Anas.

 

3 dari 3 halaman

Permintaan Maaf Menpan RB

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas meminta maaf kepada fresh graduate atau lulusan sarjana baru karena tahun ini belum bisa membuka formasi atau lowongan lebih banyak. 

"InsyaAllah tahun 2024 saya sudah minta kepada BKN (Badan Kepegawaian Negara), kepada tim SDMA di KemenPAN-RB, kita akan buat kebijakan lebih besar lagi untuk rekrutmen fresh graduate di tahun 2024" kata Anas dalam acara Pembukaan SKD CPNS 2023, di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Kamis (9/11).

Anas menjelaskan, hal itu dikarenakan tahun ini lowongan diprioritaskan untuk 80 persen untuk honorer yang telah mengabdi. Ada yang mulai 5 tahun, 10 tahun, bahkan ada yang telah 20 tahun mengabdi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.