Sukses

Fakta Program Kemendag Bagi-Bagi Modal Gratis Rp 40 Juta untuk Buka Warung

Kemendag memiliki program bagi-bagi modal gratis sebesar Rp 40 juta kepada siapa saja yang ingin membuka warung.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan komitmennya untuk mengembangkan UMKM di Indonesia. Salah satu yang menjadi sasaran Kemendag adalah pengembangan Warung.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyakan warung menjadi elemen penting dalam upaya meningkatkan keterampilan wirausaha anak Indonesia.

Dalam mewujudkan hal itu, Mendag memiliki program bantuan modal kepada masyarakat yang ingin membuka warung. 

Berikut fakta-fakta mengenai bantuan modal gratis dari Kemendag untuk membuka warung:

1. Bantuan Modal Capai Rp 40 Juta

Zulkifli Hasan berkomitmen memberikan bantuan modal sebesar Rp 40 juta untuk membuka warung. 

"Kemendag membantu warung. Jangan liat warung (sebelah mata)," kata Mendag dalam keterangan tertulis, Selasa (26/12/2023).

Kemudian, Zulkifli Hasan juga menggarisbawahi manfaat warung dalam mengajarkan aspek-aspek berdagang, berjualan, pembukuan uang, serta perhitungan untung rugi.

2. Targetkan Buka 1.000 Warung

Mendag, yang juga Ketua Umum PAN, memaparkan bahwa Kemendag berkomitmen untuk mendukung pengembangan warung melalui Program 1.000 Warung. 

"Jadi membiasakan kewirausahaan warung itu, Kemendag sediakan adanya program 1.000 warung" tutur Zulkifli Hasan.

3. Beri Pelatihan

Selain memberikan modal, Kemendag juga akan memberikan pelatihan agar para wirausahawan dapat menjalankan usahanya secara mandiri di berbagai tempat seperti masjid, sekolah, atau perumahan.

"Oleh karena itu kita mengembangkan warung kita benahi dibantu manajemennya  dan lain-lain," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo-Gibran Bakal Perbanyak Inkubasi Supaya UMKM Naik Kelas

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menuturkan, ia dan calon presiden (capres) Prabowo Subianto akan meningkatkan inkubasi sehingga mendorong usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) naik kelas.

"UMKM menjadi PR kita ke depan. Perbanyak inkubasi sehingga UMKM naik kelas. Kita dampingi dari A-Z, dampingi saat packaging, branding. Sudah selesai bantu permodalan,” tutur Gibran saat debat cawapres 2024, Jumat (22/12/2023).

 Debat cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023 mempertemukan tiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Pada debat kedua tersebut, tema yang diangkat antara lain ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD,infrastruktur dan perkotaan.

3 dari 3 halaman

Relawan AMIN Akan Menggelar Pelatihan Kewirausahaan dengan 1.000 UMKM

Pendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) akan menggelar acara Halaqoh politik dan tritmen kewirausahaan muda/santri.

Disebutkan,dua agenda stratagis yang telah dipilih untuk mewarnai dan menyemarakkan ikhtiar politik pasangan AMIN.

Acara yang pertama bertajuk “Halaqoh Kiai Kampung se-Kabupaten Demak” ini menjadi salah satu sarana (wasilah) untuk merekatkan batin para kiai dan Ibu Nyai di Kabupaten Demak untuk sama-sama membulatkan tekad mendukung secara ikhlas pasangan AMIN pada Pilpres 2024 nanti.  

"Halaqoh ini akan diselenggarakan di Gedung Wisma Halim, Demak, ini merupakan sebuah agenda perubahan dan partisipasi aktif dalam proses politik untuk memperjuangkan kemaslahatan ummat secara menyeluruh (kaffah) yang dilakukan oleh ulama-umara secara bersama-sama," demikian dalam keterangannya, Jumat (22/12/2023).

"Termasuk di dalamnya memperjuangkan dan membela nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin dalam konteks politik dan sosial hari ini," sambungnya.

Acara yang kedua adalah Kopdar dan Silaturahmi AMINPRENEUR, yang akan digelar pada Sabtu tanggal 23 Desember 2023 di Gedung Serbaguna,Kadangmas Dawe, Kudus.

"Ini merupakan rangkaian kegiatan pasangan AMIN untuk menyerap aspirasi dari 1000 lebih pengusaha muda/santri yang tersebar dari berbagai daerah dan berbagai jenis usaha," kata Fathorrahman, Panitia Kopdar dan Silaturahmi AMINPRENEUR dalam keterangannya.

Dia menuturkan, acara ini dikemas dengan interaktif untuk tujuan yang konkrit, antara lain; meningkatkan ekosistem kewirausahaan seperti keterampilan wirausaha, termasuk keterampilan manajemen, kepemimpinan, pemasaran.

"Nanti akan ada pidato dari Muhaimin Iskandar dan tokoh yang hadir diantaranya Ketua Dewan Perwakilan Cabang PKB Demak, H Zayinul Fata," tutur Fathorrahman.

Dua rangkaian kegitan AMIN ini merupakan iktikad politik dalam rangka melangitkan AMIN dan mengkosolidasikan kekuatan masyarakat dari berbagai basis kalangan untuk bersama-sama menyukseskan kemenangan AMIN.

Meraup suara sebanyak-banyaknya, menjemput barokah semurni murninya. Kemenangan pasangan AMIN adalah kemenangan pesantren, kemenangan para pelaku usaha, dan kemanangan kita bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini