Sukses

Jelang Debat Cawapres Hari Ini, Apa Kabar Program Kredit Startup Milenial Gibran?

Gibran Rakabuming Raka menjadis alah satu sosok yang dituggu dalam debat Cawapres hari ini. Dia mengaku memiliki salah satu program unggulan, yaitu kredit startup milenial

Liputan6.com, Jakarta Para Calon Wakil Presiden (Cawapres) akan beradu gagasan malam ini. Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan duel di panggung Debat Cawapres.

Banyak masyarakat menanti program apa saja yang akan ditawarkan para Cawapres dalam masa kepemimpinannya nanti jika terpilih. Gibran Rakabuming Raka salah satunya. Dia mengaku memiliki salah satu program unggulan, yaitu kredit startup milenial

Kredit Startup Milenial ini diungkapkan Gibran sebagai bentuk penyempurnaan atau inovasi baru dari program kredit yang sudah ada saat ini di masa Presiden Jokowi.

 

“Sekarang sudah ada yang namanya KUR, sudah ada Kredit Mekar, Wakaf Mikro. Ada kredit ultra mikro. Akan kami tambahkan lagi kredit startup milenial,” ujar Gibran.

Gibran menyampaikan, kredit startup milenial untuk bisnis para milenial yang berbasis inovasi dan teknologi.

Program Unggulan Lainnya

Wali Kota Solo ini menilai, program-program yang sudah berjalan sudah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan. Ia menuturkan, tugas saat ini melanjutkan dan menyempurnakan.

"Kita semua meyakini program-program yang sudah berjalan sudah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan. Tugas kita sekarang melanjutkan dan menyempurnakan,” katanya.

Gibran juga menyoroti pembangunan untuk generasi muda baik milenial, generasi Z dan  santri. Hal ini seiring Indonesia membutukan generasi muda handal, tangguh dan berkomitmen kebangsaan.

"Hal terkait anak-anak muda, generasi milenial, generasi Z dan jangan lupa para santri pasti kita dukung penuh. Butuh generasi muda, handal, tangguh, memiliki komitmen kebangsaan,” ujar dia.

Dalam kesempatan tersebut, Gibran menyampaikan sejumlah program unggalan. Salah satunya dana abadi pesantren. “Dana abadi pesantren ini dalam mandat UU Nomor 18 Tahun 2019,” kata dia.

Untuk itu, kita tunggu saja gagasan apa saja yang akan disampaikan Gibran dalam Debat Cawapres malam ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

TKN: Gibran akan Jadi Sosok Paling Dinanti dalam Debat Cawapres

Wakil Komandan Tim Fanta Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Anggawira menilai, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bakal menjadi sosok yang paling dinanti performanya dalam debat cawapres hari ini Jumat (22/12/2023).

"Mas Gibran ini sosok yang paling dinanti-nanti, makanya saya yakin dampaknya akan positif. Karena wajah Pak Mahfud dan Cak Imin sudah sering mengisi selama 20 tahun pascareformasi. Artinya, orang sudah mengetahui karakter dan sikap mereka," kata Anggawira dalam keterangannya, pada Jumat (22/12/2023).

Apabila membandingkan Gibran dengan dua cawapres lainnya, Anggawira meyakini bahwa pendamping Prabowo Subianto itu akan mampu merebut suara pemilih muda dan mereka yang masih gamang.

"Survei membuktikan kalau Mas Gibran unggul di pemilih milenial. Dia juga pelaku ekonomi digital. Jadi tema debat ini bukan isu yang baru. Kampanye yang disuarakan juga selalu positif, membuat happy, tidak membawa polarisasi. Sehingga diharapkan bisa memperkokoh dukungan anak-anak muda Indonesia," ujar dia.

Anggawira membeberkan kelebihan lain Gibran, yaitu sosok yang apa adanya dan mampu memahami konsep ekonomi kerakyatan di tengah disrupsi Revolusi Industri 5.0.

3 dari 3 halaman

Gagasan Ekonomi Gibran

Dia mengatakan, belum lama ini Wali Kota Solo tersebut juga menyampaikan gagasan ekonominya yang terangkum dalam Gibranomics. Di antara fokus Gibran adalah bagaimana perkembangan teknologi informasi bisa memberikan manfaat optimal kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM.

"Nah, saya kira Mas Gibran ini hadir di zaman yang tepat. Dia bisa menyampaikan soal ekonomi kerakyatan yang kontekstual, bukan kerakyatan tahun 70 atau 80-an," kata dia.

"Saya kenal Mas Gibran sudah delapan tahun. Kami bersama di Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Saya sih berharap Mas Gibran bisa tampil genuine, apa adanya. Karena itulah memang kekuatan Mas Gibran, dia bisa tampil genuine," ujar Anggawira.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini