Sukses

Resolusi Merdeka Finansial, Gen Z Perlu Mulai Tanamkan Kebiasaan Penting Ini

Untuk mencapai merdeka finansial memang tidak mudah, seseorang perlu menyiapkan diri, memiliki perencanaan dan punya kebiasaan yang tepat.

Liputan6.cGilom, Jakarta Pembahasan soal resolusi tahun baru seringkali muncul menjelang pergantian tahun. Mereka membuat resolusi dengan harapan bisa memberikan perubahan positif dalam hidupnya di tahun mendatang. 

Meraih kebebasan finansial atau merdeka finansial menjadi satu dari sekian banyak resolusi yang orang-orang inginkan. Merdeka finansial dapat dimaknai sebagai suatu keadaan finansial seseorang yang terbebas dari hutang, terproteksi dari berbagai risiko finansial dan memiliki penghasilan pasif untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Untuk mencapai merdeka finansial memang tidak mudah, seseorang perlu menyiapkan diri, memiliki perencanaan dan punya kebiasaan yang tepat. Kapan kebiasaan itu dimulai? Jawabannya sejak dini, sejak kita mulai dipercaya mengelola keuangan sendiri atau mampu menghasilkan uang sendiri, termasuk generasi Z. 

Berikut 6 kebiasaan yang menjadi kunci penting merdeka finansial.

1. Tentukan Goals, Bikin Rencana Keuangan

Menetapkan tujuan finansial yang jelas adalah langkah penting pertama untuk mencapai merdeka finansial. Mulai dengan mengelola keuangan pribadi yang melibatkan pembuatan anggaran bulanan, mengurangi utang tidak perlu dan mengontrol pengeluaran sesuai dengan pendapatan. Buat rencana/target individu mulai dari yang kecil hingga besar, seperti memiliki rumah sendiri, kendaraan, pensiun dan lainnya. 

2. Bijak dalam Berbelanja

Menjadi konsumen yang cerdas dan bijak merupakan kunci biar kamu bisa merasakan merdeka finansial di masa mendatang. Sebelum belanja, biasakan untuk membandingkan harga dan menemukan penawaran yang lebih baik dan menguntungkan keuangan. Jadilah pribadi yang sederhana dan tidak boros, hindari godaan belanja berlebihan. Dengan begitu, kamu bisa menekan pengeluaran dan bisa menambah cadangan dana darurat.

3. Hindari Pinjaman yang Tidak Perlu

Bebas dari pinjaman atau hutang yang memberatkan  menjadi tujuan penting untuk mencapai merdeka finansial. Hindari pinjaman yang sifatnya konsumtif, gunakan modal dengan tujuan meningkatkan pendapatan atau menambah pasif income.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Punya Sumber Penghasilan Tambahan

Generasi muda dapat mempertimbangkan sumber penghasilan tambahan, seperti pekerjaan paruh waktu, proyek sampingan, atau bisnis kecil. Diversifikasi sumber pendapatan dapat memberikan kestabilan finansial dan peluang untuk mengembangkan potensi penghasilan.

5. Investasi untuk Masa Depan

Investasi yang tepat bisa membangun kekayaan dari waktu ke waktu. Generasi muda sekarang bisa dengan mudah belajar investasi, mengikuti kursus, mengikuti webinar, dan memanfaatkan internet untuk meningkatkan pengetahuan tentang investasi, manajemen risiko, dan perencanaan keuangan jangka panjang. Tak perlu menunggu lama karena dengan modal seminim mungkin kamu bisa memulainya.

6. Tingkatkan Literasi Finansial

Terus tingkatkan pengetahuan seputar dunia finansial, dari manajemen uang, investasi hingga proteksi keuangan. Manfaatkan juga teknologi finansial yang bisa bantu kamu mengelola uang dengan mudah dan aman. Selain aplikasi perbankan, saham & reksa dana di smartphone, pastikan telah memiliki dompet digital DANA untuk mendukung berbagai transaksi sehari-hari maupun bulanan.

DANA #BukanDompetBiasa! Selain transaksi jadi lebih praktis kamu bisa mengatur pengeluaran dan membayar tagihan-tagihan dengan tepat waktu. Ragam transaksi bisa dilakukan lewat DANA, jadi gak perlu repot gonta ganti aplikasi yang menyita waktu dan memori smartphone kamu.

Senyata dompet di tangan, secepat akses di genggaman. Di DANA, kamu bisa menyimpan uang, kartu bank dan mendapatkan banyak voucher. Bayar QRIS apa aja bisa pakai Saldo DANA atau Saldo dari Kartu Bank yang udah kamu simpan di DANA

Kirim Uang ke mana aja GRATIS biaya admin & bisa hemat biaya top up e-wallet.

Menariknya lagi, kini kamu bisa transaksi apa pun di Malaysia, Singapura dan Thailand pakai DANA. Dan masih banyak fitur menarik lainnya. Yang pasti transaksi aman dan terjamin, karena ada DANA Protection yang melindungi semua data pribadi dan kartu bank.

Download dan instal DANA sekarang biar bisa transaksi pakai DANA #BukanDompetBiasa.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.