Sukses

Stasiun KRL Bojonggede Mulai Operasikan Skybridge per Jumat, 8 Agustus 2023

KAI Commuter pada Jumat (8/12/2023) hari ini mulai mengoperasikan Skybridge Bojonggede yang menghubungkan antara Stasiun KRL Commuter Line Bojonggede dengan Terminal Bojonggede.

Liputan6.com, Jakarta KAI Commuter pada Jumat (8/12/2023) hari ini mulai mengoperasikan Skybridge Bojonggede yang menghubungkan antara Stasiun KRL Commuter Line Bojonggede dengan Terminal Bojonggede.

Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, Skybridge Bojonggede ini merupakan akses keluar masuk menuju Stasiun Bojonggede sisi barat dari arah Terminal Bojonggede.

"Pengoperasian skybridge ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan Jalan Raya Bojonggede yang berada di kawasan stasiun, dan menjadi fasilitas integrasi antar moda yang mudah dan praktis di kawasan stasiun dan Terminal Bojonggede," jelasnya, Jumat (8/12/2023).

Anne menyampaikan, fasilitas eskalator juga tersedia pada skybridge ini untuk memudahkan akses pengguna kearah stasiun maupun terminal. "Skybridge Bojongede juga ramah disabilitas, dengan menyiapkan jalur yang disiapkan untuk penyandang disabilitas dan terdapat guiding block di sepanjang lantai skybridge," imbuhnya.

Akses Ditutup

Dengan pengoperasian skybridge ini, akses keluar masuk pengguna Commuter Line dari arah sisi selatan atau dari arah Jalan Raya Bojonggede akan ditutup mulai Jumat ini dan seluruhnya dialihkan menggunakan Skybridge Bojonggede dari arah terminal Bojonggede.

Dalam menghadapi masa angkutan Natal dan Tahun Baru atau Nataru 2023/2024, KAI Commuter juga berkolaborasi dengan Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Jakarta Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, dan Daerah Operasi 1 Jakarta dalam mengoperasikan bangunan gedung sisi timur dan gedung sebelah kiri Stasiun Manggarai mulai Sabtu, (9/12/2023) esok.

"Dengan diopersikannya bangunan baru pada sisi timur dan gedung sebelah kiri mulai Sabtu 9 Desember 2023 ini, akses keluar masuk di Stasiun Manggarai dari sisi timur seluruhnya akan melalui bangunan baru ini. Akses keluar masuk yang sebelumnya pada sisi timur Stasiun Manggarai akan ditutup untuk dilakukan proses pembangunan stasiun KRL berikutnya," terang Anne.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alur Penumpang

Alur pengguna yang akan menggunakan Commuter Line di Stasiun Manggarai dari sisi timur harus naik terlebih dahulu ke lantai 1 stasiun untuk menuju peron keberangkatan Commuter Line seperti yang berlaku sekarang ini.

Peron 6-7 dan 8 untuk menggunakan Commuter Line Cikarang. Sedangkan untuk menggunakan Commuter Line Bogor masih menggunakan peron 10-11 dan 12-13.

Pada area bangunan baru sisi timur dan wing kiri, disiapkan tambahan fasilitas-fasilitas layanan seperti eskalotor dan lift serta loket penjualanan tiket. KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 9 gate elektronik untuk proses tap masuk dan tap keluar pengguna Commuter Line.

 

3 dari 3 halaman

Tingkatkan Keselamatan

Lebih lanjut, Anne juga mengimbau kepada seluruh pengguna KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai dan Stasiun Bojonggede untuk memperhatikan kembali akses keluar masuk yang baru di stasiun-stasiun tersebut. Pun disarankan untuk selalu dengarkan informasi dan ikuti arahan dari petugas di stasiun.

"KAI Commuter berharap dengan pengoperasian bangunan baru Stasiun Manggarai dan Skybridge Bojonggede dapat meningkatkan keselamatan, kenyamanan dan layanan integrasi antar moda. KAI Commuter juga mengimbau seluruh pengguna untuk menjaga fasilitas-fasilitas layanan yang tersedia dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan aksi vandalisme," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini