Sukses

SKD CPNS 2023 Mulai 9 November, Peserta Wajib Siapkan Hal Ini dan Cek Link SSCASN

Tahap tes SKD CPNS akan dilaksanakan pada 9 - 18 November 2023 mendatang. Bagi peserta yang sebelumnya telah dinyatakan lulus dari tahap administrasi, peserta wajib mengikuti tes SKD ini.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berhasil lolos tahap administrasi CPNS 2023, Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan segera dimulai sesuai dengan surat keputusan BKN Nomor 9386/B-KS.04.01/SD/E/2023 tentang penyesuaian jadwal penerimaan CPNS Tahun Anggaran 2023.

Menurut surat keputusan BKN tersebut, tahap tes SKD CPNS akan dilaksanakan pada 9 - 18 November 2023 mendatang. Bagi peserta yang sebelumnya telah dinyatakan lulus dari tahap administrasi, peserta wajib mengikuti tes SKD ini.

Namun, masih ada tiga tahapan sebelum seleksi SKD, yaitu penarikan data final pada 29 - 31 Oktober 2023, penjadwalan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS pada 1 - 4 November 2023, dan pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat SKD CPNS pada 5 - 8 November.

Oleh karena itu, peserta dihimbau untuk mengecek informasi secara berkala pada laman SSCASN menggunakan akun masing-masing.

Tes Seleksi Kompetensi Dasar juga akan menjadi penentu bagi peserta untuk bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS berbasis Computer-Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan pada 16 - 22 Desember 2023.

Syarat Kelulusan SKD CPNS 2023

Salah satu syarat kelulusan peserta dari seleksi kompetensi dasar (SKD) adalah nilai tes yang harus melebihi passing grade atau nilai batas minimal yang telah ditetapkan.

Peserta perlu mempersiapkan kartu ujian dan mencetaknya sebelum mengikuti tes SKD CPNS. Adapun, peserta dapat mencetak kartu ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sudah bisa dilakukan setelah hasil pasca sanggah administrasi diumumkan oleh instansi. Kartu ujian bisa dicetak melalui web resmi sscasn.bkn.go.id menggunakan akun yang sebelumnya sudah terdaftr.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Kalah dari Kecerdasan Buatan, CPNS Wajib Kreatif Manfaatkan Medsos

Era kecerdasan buatan mempengaruhi banyak sektor, tak terkecuali PNS dan CPNS di sektor pemerintahan. Namun, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas memberi sejumlah catatan yang menjadi bekal bagi aparatur sipil negara (ASN) muda agar tidak tergerus zaman.

Pesan itu diungkapkannya saat memberi pembekalan kepada 2.079 CPNS lulusan Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan, Senin (30/10/3023). Anas menekankan kreativitas sebagai skill atau kemampuan utama yang wajib dimiliki.

"Pertama, harus kreatif. Kemampuan mengkonsep suatu ide," kata Menpan RB Azwar Anas dalam keterangan tertulis, Selasa (31/10/2023).

Kreatif yang dimaksud juga meliputi kemampuan untuk desain dan visual. Tak dipungkiri, media sosial (medsos) yang berkembang pesat saat ini menuntut anak muda untuk memiliki kemampuan visual yang mumpuni.

"Pola komunikasi pemerintah ke masyarakat pun lebih efektif dengan medsos yang punya audio visual lebih menarik dan mudah dipahami," imbuhnya.

Kemampuan berinovasi juga harus ditumbuhkan. Menurut Anas, iklim inovasi harus pula diciptakan oleh pimpinan instansi. "Kemudian, rasa ingin tahu para calon ASN harus dipupuk," sambungnya.

Dari sisi teknologi, CPNS harus mampu mengeksplorasi dirinya agar memahami berbagai software. Bahasa pemrograman juga tidak kalah penting, sebab kecanggihan teknologi harus diimbangi dengan kemampuan digital masing-masing ASN.

"Kemampuan lain yang harus dimiliki adalah memecahkan masalah dan analisis data," tambah Anas.

 

3 dari 4 halaman

Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi juga hal penting yang harus dimiliki calon ASN. Pegawai pemerintah pun tak bisa lepas dari tugas-tugas negoasiasi. Rasa empati terhadap seseorang, sekaligus kemampuan mempengaruhi dan mengedukasi adalah hal mutlak yang harus dimiliki.

"Kita harus memiliki kemampuan bicara, menulis, dan mendengarkan," tegas Anas.

Menteri Anas juga memberi arahan agar para CPNS memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan. Analisis seorang ASN terhadap suatu masalah, bisa terlihat dari keputusan yang diambil.

"Calon ASN sebaiknya mampu menempatkan diri dan bertanggung jawab atas tugas yang sudah dipercayakan padanya," pungkas Anas.

4 dari 4 halaman

Besok Terakhir, Pelamar CPNS 2023 Jangan Lupa Cetak Kartu Ujian SKD

Saat ini seleksi CPNS dan PPPK 2023 telah memasuki tahap pengumuman hasil sanggah. Hasil sanggah seleksi administrasi CPNS 2023 ini telah diumumkan terakhir pada 28 Oktober 2023 lalu.

Bagi pelamar yang diumumkan lolos seleksi berkas atau administrasi, diharap segera melakukan tahap berikutnya yakni penarikan data final.

Penarikan data final ini dapat dilakukan dengan mencetak kartu ujian. Kartu ujian ini kemudian akan digunakan untuk mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Penarikan data final ini dapat dilakukan mulai 29 hingga 31 Oktober 2023.

Pelamar harap selalu cek laman resmi SSCASN akun masing-masing untuk dapat mengetahui kapan cetak kartu ujian bisa dilakukan.

Cara Cetak Kartu Ujian

Berikut adalah cara yang bisa Anda ikuti untuk mencetak kartu ujian CASN 2023:

  • Kunjungi Portal SSCASN dengan membuka browser Anda dan kunjungi laman resmi SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id/
  • Login ke akun pelamar menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan password yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Pastikan Anda menggunakan informasi login yang benar
  • Lihat pengumuman hasil sanggah Anda, bila Anda diumumkan lolos seleksi berkas atau administrasi, tombol khusus untuk mencetak kartu peserta ujian CPNS/PPPK akan otomatis muncul di laman SSCASN.
  • Klik tombol yang muncul untuk mulai mengunduh dan mencetak kartu ujian CPNS Anda. Pastikan Anda menyimpan file kartu ujian dengan baik dan mencetaknya dengan kertas yang berkualitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini