Sukses

Cara Cetak Kartu Ujian CPNS 2023 Jika Lolos Seleksi Administrasi, Jangan Lupa!

Badan Kepegawaian negara (BKN) mulai mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS dan PPPK pada 15 Oktober 2023 - 18 Oktober 2023. Pengumuman tersebut bisa dilihat oleh pelamar dengan mengunjungi web resmi sscasn.bkn.go.id.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian negara (BKN) mulai mengumumkan hasil seleksi administrasi CPNS 2023 pada 15 Oktober 2023 - 18 Oktober 2023. Pengumuman tersebut bisa dilihat oleh pelamar dengan mengunjungi web resmi sscasn.bkn.go.id.

Adapun masa sanggah akan dimulai pada 19 Oktober 2023. Tahapan pengumuman tersebut tertulis sesuai pada surat pengumuman Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9386/B-KS.04.01/SD/E/2023 tertanggal 9 Oktober 2023.

Hasil seleksi tahapan administrasi ini menentukan peserta untuk bisa melanjutkan tahap selanjutnya. Jika peserta lolos pada seleksi administrasi CPNS, maka peserta bisa mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) sesuai jadwal yang ditentukan.

Setelah admin instansi selesai melakukan semua tahapan jawab sanggah, maka peserta yang lolos seleksi administrasi harus mencetak kartu ujian CPNS 2023 untuk bisa mengikuti tes SKD CPNS. 

Cetak kartu ujian CPNS 2023 bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Buka laman sscasn.bkn.go.id
  2. Log in ke akun SSCASN yang telah dibuat sebelumnya menggunakan email dan password
  3. Klik ‘Resume’
  4. Scroll kebawah untuk cek hasil seleksi
  5. Apabila dinyatakan lolos seleksi, maka kamu bisa cetak kartu peserta ujian
  6. Klik ‘Cetak kartu peserta ujian’
  7. klik ‘cetak kartu ujian’
  8. Nantinya, sistem akan menampilkan preview kartu peserta ujian seleksi CASN 2023

Kartu peserta ujian ini wajib dibawa peserta saat akan melaksanakan ujian  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau Seleksi Kompetensi bidang (SKB), tahap lanjutan seleksi CPNS 2023.

Sebagai informasi, tes SKD akan terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegesi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Kartu ujian yang dicetak oleh peserta akan mencakup identitas peserta, seperti nama, NIK, tempat tanggal lahir, dan jenis kelamin. akan tersedia juga detail lainnya seperti instansi, nomor peserta, lokasi formasi, kualifikasi pendidikan, dan formasi jabatan. Selain itu, jangan lupa membaca bagian “perhatian” yang ada pada kartu peserta ujian seleksi CASN 202 yang berisi informasi penting.

Jika peserta tidak dinyatakan lolos seleksi administrasi, peserta dapat melakukan sanggah hasil seleksi administrasi yang akan berlangsung pada 19-21 Oktober 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajukan Sanggah Jika Tidak Lolos Seleksi Administrasi

Cara mengajukan sanggah CPNS 2023Kunjungi situs web resmi sscasn.bkn.go.id

  1. Log in akun anda melalui username atau email dan password yang peserta punya
  2. Jika tidak lolos administrasi, peserta akan menerima pemberitahuan di halaman Resume Pendaftaran yang menyatakan bahwa anda tidak memenuhi syarat (TMS) dan alasan yang diberikan.
  3. Pilih opsi “ajukan sanggah”
  4. isi formulir sanggah dengan memberikan alasan yang kuat dan relevan
  5. Unggah dokumen sanggahan. Pastikan dokumen yang diunggah benar dan relevan dengan alasan yang diberikan selama proses pendaftaran.
  6. Pastikan bahwa alasan sanggah yang diberikan juga sesuai dengan dokumen yang sebenarnya. Jika alasan yang peserta berikan tidak sesuai, peserta harus siap menerima konsekuensi yang diberlakukan.

Setelah mengajukan sanggah, silahkan menunggu pengumuman hingga tahapan pengumuman seleksi administrasi pasca masa sanggah yaitu pada 22 - 28 Oktober 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

  • Badan Kepagawaian Negara BKN sudah resmi menginformasi bahwa pembukaan pendaftaran CPNS 2023 dibuka pada Senin, 31 Oktober 2022.

    CPNS 2023

  • SKD CPNS adalah salah satu rangkaian seleksi untuk bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

    SKD CPNS

  • BKN atau Badan Kepegawaian Negara adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang memiliki tugas memanajen kepegawaian negara.

    BKN

  • PPPK merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

    PPPK

  • PPPK merupakan singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

    pppk 2023

  • Setelah lolos tahapan administrasi, para peserta CPNS dihadapkan tes kompetensi sebagai syarat kelulusan.
    Setelah lolos tahapan administrasi, para peserta CPNS dihadapkan tes kompetensi sebagai syarat kelulusan.

    Tes CPNS

  • Tes SKD CPNS adalah tes yang dilakukan oleh peserta CPNS setelah lulus pada tahap seleksi administrasi.

    Tes SKD CPNS

  • Seleksi Administrasi CPNS