Sukses

KA Argo Semeru Anjlok di Kulon Progo, Ini Penjelasan KAI

Kecelakaan KA Argo Semeru anjlok di wilayah Kalimenur, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (17/10/2023) siang.

Liputan6.com, Jakarta Kecelakaan KA Argo Semeru anjlok di wilayah Kalimenur, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (17/10/2023) siang.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) pun membenarkan kejadian KA Argo Semeru anjlok hingga menyebabkan sejumlah gerbong keluar dari rel.

"Saat ini terjadi gangguan operasional di jalur hulu dan hilir, KM 520+4 petak jalan Sentolo - Wates di Kab. Kulon Progo, dampak anjlokan KA Argo Semeru rute Surabaya Gubeng - Gambir(KA 17)," dikutip dari keterangan tertulis KAI, Selasa (17/10/2023).

Menurut KAI, saat ini jalur tersebut belum dapat dilalui perjalanan KA dan akan berdampak pada keterlambatan KA-KA lain yang melewati jalur tersebut.

Saat ini, evakuasi KA Argo Semeru (KA 17) sedang dilakukan oleh unit terkait.

"Update informasi akan disampaikan secara berkala. KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," tutup keterangan KAI.

Insiden Anjlok KA Argo Semeru Viral di Medsos

Adapun insiden anjlok KA Argo Semeru tengah menjadi viral di plaform sosial media X (Twitter). Dalam unggahan, sejumlah akun tampak sejumlah gerbong KA Argo Semeru terguling hingga menutup dua jalur rel kereta api.

"KA Argo Semeru Anjlok terguling di Kalimenur Sentolo, menutup kedua petak jalur hulu - hilir @psycho_lo_gy_," tulis akun @JogjaUpdate

"Ngeri juga ya lihat benda bergerak bertonase tinggi saling collision atau nyerempet kaya gini. Ini kondisi Argo Semeru udah anjlok diserempet berjalan langsung KA Argo Wilis," tulis akun @rxzkammr_ menimpali

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penumpang Berhamburan Keluar

Kereta Api (KA) Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir anjlok di sekitar Wates, DI Yogyakarta, Selasa (17/10/2023) siang. Ada sejumlah kereta (gerbong) yang terlihat keluar jalur.

Menurut informasi yang didapat Liputan6.com, Selasa (17/10/2023), kereta anjlok tersebut terjadi sekitar pukul 13.15 WIB. KA Argo Semeru itu anjlok di petak lintas antara Stasiun Sentolo - Stasiun Wates KM 520+4.

Menanggapi kejadian ini, warganet di media sosial X alias Twitter pun ramai memperbincangkannya. Ada sejumlah foto hingga video di lokasi kejadian.

Beberapa foto memperlihatkan kondisi gerbong kereta api yang miring ke samping jalur. Sebagian lainnya, memperlihatkan sejumlah orang yang diduga penumpang KA Argo Semeru berhamburan ke luar rangkaian.

 

3 dari 3 halaman

Kondisi Kereta

Tak cuma foto, ada pula video yang memperlihatkan kondisi KA Argo Semeru. Kondisi tersebut ditambah tegang dengan adanya KA Argo Wilis yang melaju di jalur samping KA Argo Semeru yang anjlok.

"Ngeri juga ya lihat benda bergerak bertonase tinggi saling collision atau nyerempet kaya gini. Ini kondisi Argo Semeru udah anjlok diserempet berjalan langsung KA Argo Wilis," tulis salah satu warganet, @rzka***.

Warganet lainnya menunjukkan kondisi KA Argo Wilis yang hampir ikut terguling akibat menyerempet KA Argo Semeru.

"Tak hanya KA 17 Argo Semeru yang anjlog terguling. Disebelahnya juga terdapat KA 6 Argo Wilis rute Bandung - Surabaya Gubeng yang juga ikut nyaris terguling karena saat kejadian sama-sama berpapasan di lokasi," tulis akun @sahabat_ker***.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini