Sukses

Proses Input Berkas CPNS 2023 dan PPPK Lama, Kenapa?

BKN mengumumkan perpanjangan waktu pendaftaran untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hingga 11 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta Badan Kepegawain Negara (BKN) mengumumkan perpanjangan waktu pendaftaran untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2023 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hingga 11 Oktober 2023. Salah satu alasannya karena adanya desakan dari para calon pelamar yang meminta perpanjangan.

Sebab saat masa pendaftaran, server Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di sscasn.bkn.go.id kerap mengalami kendala atau error. Salah satu calon pelamar CPNS, Jazilah mengaku selama pendaftaran CPNS dibuka sejak awal tidak mengalami server eror atau down.  

Pendaftaran CPNS

Menurutnya awal pendaftaran dibuka, website masih lancar tanpa kendala.

Namun mendekati hari penutupan pendaftaran barulah website mengalami gangguan.

"Kalau pas awal-awal sama pertengahan enggak error, tapi menuju akhir pendaftaran aja error karena orang-orang mungkin pada mau submit berkas ya. Jadi sampai down servernya," kata Jazilah kepada merdeka.com.

Awalnya penutupan pendaftaran jatuh pada tanggal 9 Oktober 2023 kemarin. Namun karena trafik pendaftaran dan antuasias masyarakat untuk mengikuti seleksi sangat tinggi, BKN akhirnya memperpanjang masa pendaftaran CPNS hingga 11 Oktober 2023.  "Baru kemarin doang sih error hampir seharian kan, karena sudah hari terakhir penutupan. Dari awal buka webnya juga udah error, selebihnya sih lancar aja yg penting internet ada," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahapan Pemakaian E-Materai

Jazilah pun mengaku selama proses pendaftaran, tahapan pemakaian e-materai menjadi salah satu kendala utama. Proses pembelian dan pemasangan e-materai menjadi tahapan yang paling rumit baginya

"Belum lagi e-materai, ribet banget belinya. Saya mau upload dokumen lamaran sama surat pernyataan aja susah banget karena e-materainya yang ribet," tuturnya.

Jazilah menilai perpanjangan waktu pendaftaran merupakan keputusan yang tepat. Katanya hal itu sangat membantu mereka yang belum sempat submit dokumen atau membeli e-materai.

Dia berpesan kepada calon pelamar untuk segera menyelesaikan pendaftaran karena penutupan akan segera berakhir.

"Ya karena sekarang ditambahain waktu pendaftarannya, jadi dipercepat aja upload semua berkas biar enggak down lagi kaya kemarin servernya," kata dia mengakhiri. 

 

Reporter: Siti Ayu Rachma

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.