Sukses

Tiket Kereta Cepat Whoosh Bakal Dijual Rp 250 Ribu, Masyarakat: Pas Banget

KCIC mengusulkan tarif termurah tiket kereta cepat Jakarta-Bandung mencapai Rp 250 ribu per orang.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) selaku operator Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mengusulkan tarif termurah untuk kelas ekonomi sekali perjalanan kereta cepat dari Jakarta menuju Bandung maupun sebaliknya sebesar Rp 250 ribu hingga Rp 350 ribu.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menjelaskan, tarif KCJB Whoosh tersebut masih berupa kisaran belum tarif harga resmi.

"Jadi kan ini baru kisaran, ya. Nanti untuk resminya akan kita informasikan kembali secara resmi. Karena memang untuk tiket tersebut kita memperhitungkan berbagai komponen, kita juga menghitung biaya operasional," kata Eva Chairunisa, saat ditemui di stasiun Tegalluar KCJB Whoosh, Senin (9/10/2023).

Eva pun menegaskan kembali, untuk informasi harga tiket nantinya akan disampaikan besarannya secara resmi, baik untuk kelas premium ekonomi, first class, maupun bussines class sebelum masa tiket berbayar diberlakukan.

"Nanti akan kita informasikan secara resmi seperti apa besaran tiketnya. Jadi ini, bukan statement untuk resmi besaran tiket tapi kisaran. Nanti untuk resminya berapa besaran tiket untuk kelas premium ekonomi, kemudian first class dan bussines class," ujarnya.

Tanggapan Masyarakat

Lantas apakah tarif tersebut sudah ideal di mata masyarakat?

Misalnya Farhan, salah seorang warga Depok yang berkesempatan untuk menjajal kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini mengatakan, tarif Rp 250 ribu tersebut sudah sangat pas.

"Menurut saya sebanding sih, karenakan kecepatan dan kenyamannya. Kelas ekonomi juga lumayan," kata Farhan.

Selain itu, pria berusa 21 tahun ini mengaku telah menjajal dua kali kereta cepat Jakarta-Bandung. Berdasarkan pengalamannya tersebut, ia sangat menikmati perjalanan, lantaran Kereta yang ditumpanginya tidak menimbulkan guncangan dan tidak bising.

"Enak sih tenang, tidak ada guncangan, peredaman suaranya juga bagus," pungkas Farhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bocoran Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Rp 250 Ribu, Feeder Rp 50 Ribu

Besaran tiket kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh saat ini belum diputuskan oleh Kementerian Perhubungan. Namun tiket kereta cepat ini mulai ada bocoran dari Kementerian BUMN.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, saat ini, pembahasan yang dilakukan mengerucut ke harga tiket Whoosh Rp 250 ribu.

"Pembicaraan sekarang Rp 250 ribu ya, untuk skrarang ini. Nanti kita tergantung dari Kementerian Perhubungan berapa finalnya tapi masih Rp 250 ribu saat ini, plus Rp 50.000 untuk yang feeder ke Padalarang," ungkap Tiko di Jakarta, Senin (9/10/2023).

 

3 dari 3 halaman

Komponen Harga Tiket

Ada beberapa komponen yang menjadi penentu berapa harga tiket Whoosh nantinya, diantaranya potensi pendapatan dan biaya operasi kereta cepat Jakarta-Bandung ini.

"Jadi ini under KCIC dengan KAI, jadi sumber pembayaran dari tiket dan keuangan KAI," pungkas Wamen BUMN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini