Sukses

Ternyata Ini Alasan Peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung Mundur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan soft launching, atau peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung WHOOSH pada Senin, 2 Oktober 2023. Mundur sehari dari jadwal sebelumnya pada 1 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan soft launching, atau peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung WHOOSH pada Senin, 2 Oktober 2023. Mundur sehari dari jadwal sebelumnya pada 1 Oktober 2023.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Kereta Cepat WHOOSH memang masih menghadapi sejumlah permasalahan teknis.

"Hari Senin nanti soft launching-nya, karena tadi masalah-masalah teknis yang sedang diselesaikan," ujar Luhut singkat di Gramedia Matraman, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Pada kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Mohamad Risal Wasal mengungkapkan, peresmian Kereta Api Cepat WHOOSH mengikuti jadwal yang ditentukan Presiden Jokowi.

Tak Jadi 1 Oktober 2023

Adapun 1 Oktober 2023 bertepatan dengan hari Minggu. Di sisi lain, tanggal tersebut juga bertepatan Hari Kesaktian Pancasila, dimana Jokowi pada 1 Oktober 2022 lalu memimpin upacara di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

"Ya (mengikuti yang) meresmikan lah. Beliau (Jokowi) yang menentukan. Waktu beliau padat. Kan harus Minggu itu ada upacara, pasar," kata Risal.

Risal juga mengaku belum tahu apakah Presiden China Xi Jinping dan jajarannya akan ikut dalam acara peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung. "Belum tahu, tunggu kejutannya di tanggal 2 (Oktober 2023)," ungkapnya.

Senada, ia juga belum mau membocorkan berapa tarif Kereta Cepat WHOOSH. Kabarnya, itu akan turut diumumkan pada saat acara peresmian.

"Nanti diumumkan di sana sekalian diskonnya berapa. Biar ada kejutan berapa tarif diskon (Kereta Cepat WHOOSH)," ucap Risal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mundur Sehari, Jokowi Resmikan Kereta Cepat Whoosh 2 Oktober 2023

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan soft launching atau peresmian kereta cepat Jakarta-Bandung WHOOSH pada 2 Oktober 2023. Agenda tersebut mundur satu hari, dimana sebelumnya akan dilakukan pada 1 Oktober 2023.

"Kereta cepat yang kita namai dengan kereta Whoosh, itu sedang testing dan trial yang rencananya akan diresmikan pak Jokowi 2 Oktober 2023," kata Didiek saat ditemui dalam KAI Expo 2023, di Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat pada Jumat (29/9/2023).

Setelah soft launching, kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh akan langsung bisa digunakan untuk umum. Sementara itu, harga tiket kereta cepat kemungkinan akan juga diumumkan pada 2 Oktober 2023.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pada 13 September 2023  lmelakukan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung. 

Presiden melakukan uji coba kereta cepat dengan titik awal perjalanan dari Stasiun Halim, Jakarta, yang berakhir di Stasiun Padalarang, Jawa Barat. Hanya butuh waktu 28 menit untuk tiba di stasiun Padalarang dari Halim.

Kemudian, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bandung di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, dengan menggunakan kereta api pengumpan atau feeder.

Operator kereta cepat PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga telah membuka partisipasi masyarakat untuk mengikuti uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung.

Uji coba kereta cepat tahap dua bagi masyarakat  dilakukan pada 25-30 September 2023. Dalam uji coba terbatas, KCIC melayani empat jadwal perjalanan pulang pergi (PP) Jakarta-Bandung, sehingga total terdapat 8 perjalanan yang beroperasi setiap hari.

Kereta cepat Whoosh dapat melaju hingga 350 kilometer per jam sehingga waktu tempuh Jakarta-Bandung dapat dipangkas menjadi hanya sekitar 45 menit.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Resmikan Kereta Cepat 1 Oktober 2023, Sekaligus Umumkan Harga Tiket

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan soft launching atau peresmian kereta cepat Jakarta-Bandung WHOOSH pada 1 Oktober 2023. Hal tersebut diungkap oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan.

“Kereta cepat, Presiden mungkin akan lakukan soft launching 1 Oktober,” kata Luhut dikutip dari Antara, Rabu (27/9/2023).

Setelah soft launching, kereta cepat Jakarta-Bandung WHOOSH akan langsung bisa digunakan untuk umum. Sementara itu, harga tiket kereta cepat, Luhut mengatakan kemungkinan akan juga diumumkan pada 1 Oktober 2023.

Presiden Jokowi akan memberikan diskon harga tiket kereta cepat dalam periode tertentu agar dapat digunakan masyarakat luas.

"Tadi baru dibicarakan akan memberikan diskon berapa lama dulu nanti bertahap. Jadi basically, Presiden itu ingin supaya semua kita bisa menikmati dengan harga yang bagus tapi ini juga jalan," kata Luhut.

Presiden Jokowi pada 13 September 2023  melakukan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung. Presiden melakukan uji coba kereta cepat dengan titik awal perjalanan dari Stasiun Halim, Jakarta, yang berakhir di Stasiun Padalarang, Jawa Barat. Hanya butuh waktu 28 menit untuk tiba di stasiun Padalarang dari Halim.

Kemudian, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bandung di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, dengan menggunakan kereta api pengumpan atau feeder.

Operator kereta cepat PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga telah membuka partisipasi masyarakat untuk mengikuti uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung.

Uji coba kereta cepat tahap dua bagi masyarakat akan dilakukan pada 25-30 September 2023. Dalam uji coba terbatas, KCIC melayani empat jadwal perjalanan pulang pergi (PP) Jakarta-Bandung, sehingga total terdapat 8 perjalanan yang beroperasi setiap hari.

Kereta cepat Jakarta-Bandung dapat melaju hingga 350 kilometer per jam sehingga waktu tempuh Jakarta-Bandung dapat dipangkas menjadi hanya sekitar 45 menit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.