Sukses

Tips Menabung Meskipun Uang Terbatas

Menabung mungkin terasa seperti mimpi di siang bolong saat tagihan dan harga kebutuhan pokok, seperti makanan, meningkat pesat. Namun, para ahli keuangan mengatakan bahwa menyisihkan uang untuk keadaan darurat sangatlah penting.

Liputan6.com, Jakarta - Menabung mungkin terasa seperti mimpi di siang bolong saat tagihan dan harga kebutuhan pokok, seperti makanan, naik tinggi. Namun, para ahli keuangan mengatakan bahwa menyisihkan uang untuk keadaan darurat sangatlah penting.

Dan bunga yang dibayarkan pada beberapa rekening tabungan saat ini lebih baik daripada bunga yang akan didapat selama 15 tahun, jadi akan lebih baik jika Anda meluangkan waktu untuk menyimpan uang Anda di tempat yang tepat.

Mengapa sekarang waktu yang tepat untuk menabung?

Dikutip dari BBC, Rabu (26/9/2023), suku bunga acuan yang ditetapkan oleh bank telah meningkat secara konsisten selama hampir dua tahun, dan mungkin sekarang telah mencapai puncaknya. Biaya hidup juga telah meningkat, dengan harga-harga yang naik dengan laju yang masih jauh di atas target.

Ini berarti dua hal yang harus dipikirkan sebagai alokasi uang kita.

Pertama, bunga yang ditawarkan pada rekening tabungan telah meningkat, meskipun bunga kredit lebih mahal. Sebagai contoh, Anda mungkin menemukan rekening yang memberikan bunga 5% per tahun. Menabunglah selama bertahun-tahun, dan jumlah itu akan terus bertambah dengan apa yang dikenal sebagai bunga majemuk.

Kedua, daya beli dari uang yang kita tabung akan berkurang karena kenaikan harga.

Para ahli mengatakan bahwa menemukan rekening tabungan yang baik untuk uang tersebut akan membantu orang mendapatkan keuntungan dari suku bunga yang lebih tinggi, dan mengatasi beberapa kerugian dari kenaikan harga.

Menginvestasikan uang tersebut adalah pilihan lain, meskipun hal ini memiliki risiko yang lebih besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengapa Harus Menabung Jika Anggarannya Sulit?

Tingginya tagihan energi dan makanan membuat banyak orang merasa uangnya tidak cukup untuk bertahan hingga akhir bulan. Menemukan sesuatu untuk disisihkan itu sulit.

Jika Anda memiliki utang yang harus segera dilunasi, maka hal tersebut akan menjadi prioritas utama, sebelum Anda memutuskan untuk menabung.

Namun, menyisihkan sejumlah uang secara teratur ke dalam dana tabungan darurat dapat membantu menghindari utang yang serius. Jika mobil Anda rusak, atau sepatu sekolah anak Anda perlu diganti, maka lebih baik Anda memiliki uang yang cukup daripada meminjam.

Anda juga mungkin ingin menabung sepanjang tahun untuk hari raya atau liburan.

3 dari 3 halaman

Jenis Tabungan Apa yang Cocok?

Di sinilah hal ini bisa menjadi sangat rumit. Ada berbagai macam produk tabungan yang tersedia, dan kondisi pribadi Anda akan menentukan mana yang terbaik untuk Anda.

Produk tabungan yang paling dasar adalah rekening dengan akses mudah. Produk ini cenderung tidak memiliki suku bunga terbaik, tetapi Anda dapat menarik uang Anda kapan pun Anda mau.

Beberapa rekening seperti rekening berjangka tetap atau obligasi membayar lebih banyak bunga, tetapi uang Anda terkunci untuk jangka waktu tertentu.

Siapa pun yang baru memulai dapat mempertimbangkan rekening penabung biasa, beberapa di antaranya dijual bersama rekening giro. Sekali lagi, Anda mungkin tidak dapat mengakses uang untuk jangka waktu tertentu dan, dengan memulai dari yang kecil, mungkin perlu waktu sebelum bunga yang berarti dibangun.

Selain itu, ada juga rekening pemberitahuan, yang mengharuskan Anda memberi tahu penyedia layanan terlebih dahulu saat Anda berencana menarik uang. Atau, Anda bisa mengabaikan bunga dan mengikuti undian berhadiah, seperti pada Obligasi Premium.

Jika Anda tidak memiliki akses ke rekening bank, maka serikat kredit menawarkan kesempatan untuk menabung. Insentif skema tabungan yang disediakan oleh pemerintah dapat mendorong tabungan jangka panjang. terutama untuk anak-anak.

Masih banyak lagi dan, dengan variasi yang begitu banyak, yang terbaik adalah berbelanja. Hal ini tidak hanya untuk mendapatkan suku bunga terbaik, tetapi yang lebih penting adalah menemukan rekening yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anna Bowes, pendiri situs web independen Savings Champion, mengatakan bahwa beberapa penabung dapat menderita "kelumpuhan pilihan", jadi sebaiknya tentukan tenggat waktu untuk diri Anda sendiri saat mengambil keputusan.

Untungnya, setiap rekening sekarang menampilkan kotak ringkasan yang menguraikan fitur-fitur utamanya, sehingga tidak terlalu memakan waktu untuk membandingkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini