Sukses

Layanan Helpdesk Kunci Kelancaran Seleksi CPNS 2023 dan PPPK, Jangan Sampai Error

Dalam proses seleksi CPNS 2023 dan PPPK, ada layanan Helpdesk bagi pelamar yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Liputan6.com, Jakarta Panitia Seleksi Nasional atau Panselnas memastikan kelancaran proses seleksi calon aparatur sipil negara (CASN), baik CPNS 2023 maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), dengan layanan Helpdesk bagi pelamar yang disediakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Layanan Helpdesk dan pengaduan dapat diakses pelamar melalui beberapa alternatif, yaitu helpdesk-sscasn.bkn.go.id, lapor.go.id, dan layanan telepon.

"Kami ingin memastikan kelancaran seleksi. Jika pelamar ada kesulitan atau menemukan hal yang perlu ditindaklanjuti, silakan hubungi kanal-kanal yang sudah disediakan," ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas dalam keterangan tertulis, Jumat (22/9/2023).

Adapun pendaftaran seleksi CASN 2023 melalui https://sscasn.bkn.go.id telah dibuka sejak 20 September 2023, dan berlangsung hingga 9 Oktober 2023. Kemudian diikuti dengan seleksi administrasi sampai 12 Oktober 2023.

Hasil seleksi administrasi nantinya bakal diumumkan pada 13 hingga 16 Oktober 2023. "Kami juga memberikan masa sanggah sejak 17 sampai dengan 21 Oktober 2023," imbuh Anas.

Formasi PPPK

Khusus formasi PPPK, pemerintah memberikan minimal 2 persen untuk pelamar disabilitas. Komposisi formasi PPPK dibagi menjadi khusus dan umum.

Formasi khusus yang disediakan bagi tenaga honorer kategori II (THK-II) dan non-ASN diberikan alokasi maksimal 80 persen. Sedangkan formasi umum paling sedikit 20 persen.

"Ini merupakan komitmen dan perhatian yang pemerintah berikan untuk tenaga non ASN yang sudah mengabdi bagi negara," ungkap Menpan RB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Dicermati

Sementara Plt Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto menyampaikan, pelamar harus mencermati setiap tahapan pendaftaran, termasuk syarat dan ketentuan formasi yang disiapkan masing-masing instansi.

Para pelamar juga diminta untuk mengikuti proses seleksi hanya melalui jalur yang disediakan pemerintah, serta diminta berhati-hati terhadap oknum penipuan yang mencoba menyalahgunakan momentum seleksi CASN 2023.

Seleksi CASN menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang nilainya langsung keluar setelah peserta selesai mengerjakan soal. Sistem ini menutup celah kecurangan.

"Pastikan update perkembangan informasi seleksi CASN 2023 hanya melalui laman resmi pemerintah, dan jangan percaya jika ada pihak yang menjamin kelulusan," tegas Haryomo.

 

3 dari 3 halaman

Minimalisir Persyaratan

Panselnas juga mengimbau seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah yang membuka formasi seleksi CASN 2023 untuk mendiseminasikan setiap syarat dan ketentuan bagi pelamar di instansinya.

"Termasuk proaktif terhadap segala bentuk pertanyaan dan pengaduan dari para pelamar terkait persyaratan instansi sebagai bentuk keterbukaan informasi publik," pinta Haryomo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini