Sukses

Anti Boncos! Ini Trik Agar Belanja Bulanan Kamu Jadi Makin Hemat

Pengeluaran belanja bulanan harus diperhatikan secara detail agar kondisi finansial kamu dapat terjaga dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Untuk menghemat pengeluaran, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan membuat daftar belanja bulanan. Terdapat begitu banyak manfaat ketika kamu membuat daftar belanja bulanan, seperti belanja menjadi lebih teratur, menghemat waktu, dan meminimalisir limbah makanan.

Selain itu, melansir laman Positive Lending Solutions, daftar belanja dapat membantu membeli seluruh kebutuhan tanpa terlupa dan menghindarkan pembelian kurang penting. Namun, belanja bulanan juga harus diperhatikan secara detail agar kondisi finansial kamu dapat terjaga dengan baik ya.

Nah, jika ingin mendapatkan hal tersebut, kamu harus melakukan beberapa hal penting di bawah ini. Simak yuk!

1. Buat Daftar Belanja

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat daftar belanja. Daftar belanja bulanan sangat dibutuhkan ketika kamu terhindar dari membeli barang yang tidak penting untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, daftar belanja juga bisa meminimalisir pengeluaran yang sia-sia dan lupa membeli barang kebutuhan yang penting. So, jangan pernah lupa untuk membuat daftar belanja, ya!

2. Beli Sekalian Banyak

Langkah kedua adalah kamu harus membeli barang sekaligus dalam jumlah yang banyak. Walaupun kebutuhan orang berbeda-beda, namun dengan kamu membeli barang kebutuhan sekaligus dalam jumlah banyak, dapat meminimalisir pengeluaran.

Tapi harus diingat, kamu disarankan untuk membeli barang sekaligus banyak sesuai kebutuhan bulanan, ya. Untuk itu, kamu harus merincikan daftar belanja secara teliti agar tidak 'boncos' di pertengahan bulan.

3. Cari Diskonan

Ya, ini merupakan salah satu kebiasaan yang tak bisa dilewatkan, khususnya untuk ibu rumah tangga. Diskonan bisa sangat mempengaruhi pengeluaran bulanan atau dengan kata lain bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Eits, tapi kamu perlu ingat untuk menerapkan good money habit, yaitu mengutamakan manfaat dibandingkan harga murah semata. Dengan demikian, prioritasnya adalah mencari produk yang bermanfaat, berkualitas, dan didukung oleh harga yang hemat.

4. Gunakan Promo

Promo tidak jauh berbeda dengan diskon. Namun, biasanya promo berlangsung dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan diskon. Selain itu, kamu bisa menggunakan promo-promo yang dihadirkan ketika belanja bulanan, seperti promo buy 1 get 1, kode promo, flash sale, paket bundling, dan promo cashback.

Nah, agar transaksi belanja bulanan yang dilakukan jadi lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi dompet digital DANA yang merupakan #BukanDompetBiasa. Semua ragam transaksi  bisa dilakukan lewat DANA lho, jadi gak perlu repot gonta-ganti aplikasi saat transaksi sehari-hari.

Eits, tak hanya bikin simple, DANA juga punya fitur unggulan lainnya nih!

Seperti misalnya, kamu bisa Kirim Uang ke mana aja GRATIS biaya admin & bisa hemat biaya top up e-wallet. Terus juga, kamu bisa simpan semua Kartu Bank kamu di DANA, jadi kalo mau transaksi gak perlu repot bawa banyak kartu fisik. Selain itu, kamu juga bisa bayar QRIS apa aja pakai Saldo DANA atau Saldo dari Kartu Bank yang udah kamu simpan di DANA.

Jadi, langsung saja unduh dan gunakan aplikasi DANA, ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini