Sukses

Pertemuan AEM-37th ASEAN Free Trade Agreement (AFTA) Council Resmi Digelar, Apa yang Dibahas?

Pertemuan (ASEAN Economic Ministers Meeting) AEM-37th ASEAN Free Trade Agreement (AFTA) Council resmi digelar, Sabtu (19/8/2023).

Liputan6.com, Jakarta Pertemuan (ASEAN Economic Ministers Meeting) AEM-37th ASEAN Free Trade Agreement (AFTA) Council resmi digelar, Sabtu (19/8/2023). Pertemuan yang berlangsung di Semarang tersebut menandai dimulainya rangkaian pertemuan tingkat menteri selama empat hari ke depan.

Dalam pertemuan tersebut, delegasi Indonesia dipimpin oleh Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga dan didampingi oleh Direktur Perundingan ASEAN, Dina Kurniasari serta Deputi Kerja Sama Regional dan Sub-Regional Kemenko Perekonomian, Netty Muharni.

Para menteri dari berbagai negara ASEAN tersebut membahas terkait dengan perkembangan implementasi Persetujuan Perdagangan Barang di ASEAN (ASEAN Trade in Goods Agreement/ATIGA).

Tak hanya itu, pertemuan tersebut juga membahas terkait negosiasi upgrade ATIGA yang ditargetkan dapat selesai membahas substansi negosiasi di tahun 2024. Hal itu dimaksudkan sebagai persetujuan yang lebih modern, komprehensif, dan responsif terhadap perkembangan di kawasan dan global.

Para menteri juga akan mencatat laporan perkembangan PED Indonesia sebagai Ketua ASEAN Tahun 2023 terkait Implementasi Penuh Surat Keterangan Asal (SKA) Form D elektronik melalui ASEAN Single Window. Selain itu, para menteri juga menyambut baik peluncuran ASEAN Tariff Finder dan mencatat perkembangan utilisasi CO Form D di kawasan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini