Sukses

Cesc Fabregas Pensiun di Usia 36 Tahun, Ini Sederet Klub yang Pernah Dibela

Mantan gelandang Barcelona dan Chelsea Cesc Fabregas telah mengonfirmasi telah gantung sepatu sebagai pesepak bola profesional di umur 36 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Mantan gelandang Barcelona dan Chelsea Cesc Fabregas telah mengonfirmasi telah gantung sepatu sebagai pesepak bola profesional di umur 36 tahun.

Cesc Fabregas pensiun dan mengakhiri 20 tahun kariernya sebagai pemain melalui pernyataan di akun Twitter-nya.

"Dengan sangat sedih bahwa waktunya telah tiba bagi saya untuk gantung sepatu," kata Fabregas dikutip dari Antara, Sabtu (2/7/2023).

Fabregas memulai kariernya saat membela tim akademi Barcelona sebelum pindah ke Arsenal dan melakoni debutnya di tingkat senior pada 2003. Namanya mulai dikenal bersama The Gunners dan bahkan ditunjuk sebagai kapten pada 2008, tetapi dia gagal meraih trofi utama selama delapan musim di klub London itu.

Dia kemudian kembali ke Barcelona pada 2011, satu tahun setelah menjuarai Piala Dunia bersama timnas Spanyol. Bersama Barcelona, dia menjuarai enam trofi termasuk LaLiga, Copa del Rey dan Piala Dunia AntarKlub.

Fabregas lalu pindah ke Chelsea pada 2014 dan menjalani karier yang cukup sukses di sana dengan meraih empat gelar, termasuk dua trofi Liga Premier Inggris.

Dia juga menghabiskan tiga musim bersama Monaco (2019-2022) dan yang terakhir di klub Serie B Como selama satu tahun sebelum memutuskan pensiun.

"Dari hari pertama saya di Barca, Arsenal, Barca lagi, Chelsea, Monaco dan Como, saya akan menghargai mereka semua."

Sementara itu di level internasional, Fabregas telah memenangkan segalanya. Dia termasuk dalam 'generasi emas' timnas Spanyol yang telah memenangkan Piala Dunia (2010) dan dua gelar Piala Eropa (2008 dan 2012).

"Dari mengangkat Piala Dunia, Euro, hingga memenangkan segalanya di Inggris dan Spanyol serta hampir semua trofi Eropa, ini merupakan perjalanan yang tidak akan pernah saya lupakan," lanjutnya.

Dalam pernyataan itu, Fabregas juga mengungkapkan langkah selanjutnya yang dia ambil setelah pensiun. Dia kini mengambil posisi pelatih bagi tim B Como dan bersemangat untuk segera memulai kariernya sebagai pelatih.

"Tim sepak bola yang menawan ini memenangkan hati saya sejak menit pertama dan datang kepada saya pada waktu yang tepat dalam karier saya. Saya akan menyambutnya dengan kedua tangan," ujarnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cesc Fabregas Resmi Pensiun, Berakhir di Klub Milik Pengusaha Indonesia

Sebelumnya, Mantan gelandang Arsenal dan Barcelona Cesc Fabregas resmi pensiun dari sepak bola profesional. Fabregas mengumumkan sendiri akan gantung sepatu pada Sabtu (1/7/2023). Pria Spanyol itu pensiun di usia 36 tahun.

Fabregas pensiun bersama klub Italia yang dimiliki orang Indonesia, Como. Fabregas sebenarnya masih terikat kontrak semusim lagi dengan Como. Namun Fabregas sudah sepakat mengakhiri lebih awal dengan klub milik Djarum Grup tersebut.

Dengan sangat sedih, saatnya telah tiba bagi saya untuk gantung sepatu. Sejak hari pertama saya di Barca, Arsenal, Barca lagi, Chelsea, Monaco, dan Como, saya akan menghargai mereka semua," tulis Fabregas di media sosial.

“Dari mengangkat Piala Dunia, Euro, hingga memenangkan segalanya di Inggris dan Spanyol dan hampir semua trofi Eropa, ini merupakan perjalanan yang tidak akan pernah saya lupakan."

Meski memutuskan menyelesaikan kontrak lebih awal, Fabregas masih akan tetap bersama Como. Peran baru akan dilakoni Fabregas karena bakal memasuki dunia kepelatihan. Fabregas bakal menangani tim reserve dan primavera Como.

Fabregas mau lanjut dan memulai karier sebagai pelatih di Como karena sangat terkesan dengan klub tersebut. Fabregas pun ingin terus bersama Como meski sudah tidak lagi menjadi pemain. 

3 dari 4 halaman

Perjalanan Baru Fabregas di Como

"Tidak semuanya sedih karena saya sekarang akan melewati batas putih dan mulai melatih tim B dan Primavera di Como 1907. Sebuah klub dan proyek yang membuat saya sangat bersemangat. Tim sepak bola yang menawan ini memenangkan hati saya dari menit pertama dan datang kepada saya pada waktu yang tepat dalam karir saya, saya akan meraihnya dengan kedua tangan.

Fabregas memulai karier bersama akademi Barcelona, La Masia. Namun dia dibajak oleh Arsenal dan melakoni debut di level profesional bersama Meriam London.

Bersama Arsenal, Fabregas menjadi salah satu pemain muda terhebat di dunia. Dia mampu memenangkan satu Piala FA dan dua Community Shield. di Arsenal juga Fabregas merebut penghargaan Golden Boy. 

4 dari 4 halaman

Koleksi Gelar Fabregas Nyaris Lengkap

Fabregas akhirnya kembali ke Barcelona di tahun 2011. Di sana Fabregas cuma bertahan tiga tahun sebelum kembali ke Inggris. Namun tiga tahun di Nou Camp dilalui dengan banyak gelar juara seperti LaLiga, Copa del Rey. Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Di tahun 2014, Fabregas secara mengejutkan hijrah ke Chelsea. Akhirnya Fabregas bisa merasakan juara Liga Inggris dua kali dan meraih trofi antarklub Eropa dengan juara Liga Europa. Fabregas juga sukses mendapatkan Piala FA dan Piala Liga Inggris bersama The Blues.

Setelah dari Stamford Bridge, Fabregas menjajal Liga Prancis bersama Monaco sebelum akhirnya bergabung bersama Como. Di level tim nasional, Fabregas ikut menjuarai Piala Dunia dan Euro bersama timnas Spanyol.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini