Sukses

Penulis Berusia 71 Tahun Ini Berbagi Ilmu yang Berguna dalam Hidup, Anak Muda Wajib Simak!

Bagi pria yang di usia 71 tahun ini telah merasa mencapai banyak hal, ini adalah sarana menyalurkan kebijaksanaan zaman

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun lalu, Kevin Kelly pendiri majalah Wired yang sudah menjadi penulis di  The New York Times selama bertahun-tahun akhirnya memutuskan untuk sedikit berbagi melalui tulisan tentang hal-hal yang dia harap bisa diketahui lebih awal dalam hidupnya setelah merasakan berbagai kegagalan dan pencapaian.

Menurutnya, di usia 71 tahun ini dia telah mencapai banyak hal mulai dari membantu meluncurkan majalah hingga menulis buku laris tentang kekuatan teknologi yang akan membentuk masa depan kita bahkan memberikan ceramah tentang bagaimana tetap optimis selama masa-masa sulit, dikutip dari CNBC Make It.

Baginya, ini adalah sarana menyalurkan kebijaksanaan zaman. Melalui CNBC Make It, Kelly membagikan pelajaran hidup paling berguna yang menurutnya harus diketahui semua anak muda.

Mendengarkan adalah kekuatan super seseorang. Ini menjadi kunci untuk memulai bicara dengan orang lain. Terutama saat berbicara dengan seseorang yang Anda cintai, teruslah bertanya kepada mereka, "Apakah masih ada lagi?", lakukan sampai tidak ada lagi cerita yang ingin mereka sampaikan.

Sementara itu, Kelly mengingatkan, “Jika Anda adalah orang terpintar di ruangan, Anda salah ruangan. Bergaul dengan, dan belajar dari, orang yang lebih pintar dari Anda. Lebih baik lagi, temukan orang pintar yang tidak setuju dengan Anda.”

Nyatanya, semakin Anda tertarik pada orang lain, semakin menarik mereka melihat Anda.

Kelly membagikan cara menghemat uang, yaitu dengan hidup semurah mungkin saat masih muda setidaknya selama 6 bulan. Bahkan jika perlu, milikilah barang sesedikit mungkin hingga makan hanya nasi pakai kacang. Dengan cara ini, kapanpun Anda harus mengambil risiko di masa depan, Anda tidak akan takut dengan skenario terburuk.

Di sisi lain, dalam menghadapi situasi tertentu, tetaplah jujur tentang kesalahan Anda. Ini membantu mendapatkan rasa hormat. Tidak ada yang mengangkat seseorang lebih tinggi daripada mengambil tanggung jawab.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Hadapi Orang yang Kasar

Pun ketika menghadapi orang yang kasar, bersikaplah seorang perilaku mereka adalah penyakit yang mereka derita. Ini akan membuat Anda lebih mudah untuk memiliki empati terhadap mereka, yang dapat melunakkan konflik.

Terkait menemukan passion, Kelly mengatakan bahwa cara terbaik untuk memulai adalah dengan menjadi ahli dalam satu hal. Melalui penguasaan, Anda akan membawa sudut pandang untuk terus menemukan di mana kebahagiaan Anda berada.

Lebih lanjut, dia mengingatkan 3 hal untuk menjadi sosok yang ulet: kemampuan untuk tidak menyerah pada sesuatu sampai berhasil; kemampuan untuk menyerah pada sesuatu yang tidak berhasil; dan kepercayaan pada orang lain untuk membantu Anda membedakan keduanya.

Selanjutnya, ada pula kiat untuk menaikkan gaji dan berhemat dalam belanja. Seperti dikatakan Kelly, waktu terbaik untuk menegosiasikan gaji untuk pekerjaan baru adalah saat mereka mengatakan menginginkan Anda, dan bukan sebelumnya. Kemudian itu menjadi permainan ayam untuk masing-masing pihak untuk menyebutkan jumlah terlebih dahulu, tetapi itu menguntungkan Anda untuk membuat mereka memberikan nomor sebelum Anda melakukannya. Untuk belanja dengan bijak, pilihlah beberapa minat yang dapat Anda lakukan dengan senang hati tanpa rasa beban, maka berhematlah sampai Anda bisa membelanjakan secara royal untuk hasrat Anda. Sementara, ukurlah kekayaan dari hal yang dapat Anda beli, bukan dari hal-hal yang tidak dapat dibeli dengan uang yang Anda bisa miliki.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Cara Membesarkan Anak

Berkaitan dengan parenting, untuk membesarkan anak yang percaya diri, perkuat rasa memiliki dalam sebuah keluarga. Jelaskan dengan tepat apa yang khas tentang keluarga Anda. Anak-anak Anda harus bisa dengan bangga mengatakan, "Keluarga kami melakukannya [sesuatu yang dibanggakan]."

Kemudian bagaimana cara membesarkan anak-anak cerdas? Kelly berkata, “Ketika mereka menanyakan rangkaian pertanyaan ‘Mengapa?’, jangan jawab semuanya. Jawaban paling cerdas adalah, ‘Saya tidak tahu. Bagaimana menurutmu?’”

Di dunia ini pun ada pula sindrom penipu. Ketika Anda menciptakan hal-hal yang hanya dapat dilakukan oleh Anda dengan bakat dan pengalaman unik Anda, maka Anda sama sekali bukan penipu. Itu menjadi takdir Anda untuk mengerjakan hal-hal yang hanya dapat Anda lakukan.

Salah satu poin penting dalam hidup adalah menjadi bahagia. Kelly menuturkan, ketidakbahagiaan datang dari menginginkan apa yang dimiliki orang lain. Kebahagiaan datang dari menginginkan apa yang sudah Anda miliki.

Dalam berbicara lebih baik di depan umum pun ada caranya bagi Kelly. Dengan menonton rekaman diri Anda berbicara akan menjadi cara terbaik untuk berkembang, meski itu mengejutkan dan menyakitkan.

“Ekspresikan empati yang tulus dengan orang lain, bertanggung jawab, dan tawarkan solusi untuk memperbaiki keadaan.” jelas Kelly menjelaskan permintaan maaf yang tepat.

Kemudian dalam membuat keputusan yang tepat, kita bisa tanyakan pada diri sendiri: Pilihan mana yang akan terbayar sekarang lebih banyak daripada nanti? Pilihan yang mudah terbayar segera, tetapi pilihan terbaik akan terbayar di akhir.

Terakhir, Kelly berbagi cara memilih nasihat yang tepat.

“Nasihat seperti ini bukanlah hukum, itu hanyalah topi! Jika salah satu tidak cocok, coba yang lain.” tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.