Sukses

Anak Muda Umur 30 Tahun, Ini Dia Wejangan Miliarder Mark Cuban Buat Kalian

Ketika Cuban berusia 30-an, menjalankan perusahaan teknologi yang pada akhirnya akan menjadikannya miliarder, dia berfokus pada produktivitas dan hasil.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu miliarder sekaligus pemilik NBA Dallas Maverick Mark Cuban tidak selalu menganggap dirinya sebagai orang yang baik.

Namun, miliarder ini mengaku punya satu bekal yang sudah diterapkan sejak usianya memasuki 30 tahun hingga akhirnya membawa ke puncak kesuksesannya saat ini.

Ketika Mark Cuban berusia 30-an, menjalankan perusahaan teknologi yang pada akhirnya akan menjadikannya miliarder, dia berfokus pada produktivitas dan hasil, katanya kepada podcast ilmu kehidupan “Bio Eats World”.

Akan tetapi, hari ini dia menyesalinya. “Saya berharap seseorang mengatakan kepada saya untuk menjadi lebih baik,” kata Cuban ketika memberi nasihat kepada anak muda seperti melansir CNBC, Rabu (14/6/2023). “Karena saya selalu pergi, pergi, pergi. Siap, tembak, bidik. Ayo pergi. Ayo lebih cepat, lebih cepat.”

Jadi, Cuban dan mitra bisnisnya Todd Wagner bergabung dengan AudioNet, sebuah perusahaan streaming audio, sebagai salah satu pendiri pada 1995 — bersama pendiri aslinya, Chris Jaeb.

Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi Broadcast.com, dan diakuisisi oleh Yahoo seharga USD 5,7 miliar saham pada 1999. Hingga pada akhirnya itulah yang membuat Cuban menjadi orang kaya.

Pada awalnya, pandangan Cuban yang terburu-buru menurunkan moral dan kinerja perusahaan. Dia berkata, “Kadang-kadang mitra saya Todd mengatakan, ‘Lihat, Anda menakut-nakuti beberapa orang, mereka biasanya akan berhenti dan kamu tidak bisa marah’.”

Bisnisnya mungkin tidak berkembang pesat - dan Cuban mungkin bukan miliarder - jika dia tidak mempelajari keterampilan “diremehkan” untuk bersikap baik, katanya kepada Vanity Fair pada 2018.

“Saya mengalami metamorfosis sendiri. Di awal karier, saya tidak ingin berbisnis ketika berusia 20-an dan 30-an,” ujarnya. “Jadi saya harus berubah, dan saya melakukannya, dan itu benar-benar terbayar,” ujar salah satu orang terkaya dunia ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sifat Kepemimpinan

Kebaikan adalah sifat kepemimpinan yang berharga, menurut survei Gallup 2020 yang menemukan bahwa pekerja memiliki “empat kebutuhan universal” terkait atasan mereka, yaitu kepercayaan, kasih sayang, stabilitas, dan harapan.

Ciri-ciri tersebut berkorelasi dengan kinerja bisnis yang lebih baik. Direktur penelitian Gartner Caitlin Duffy mengatakan bahwa karyawan menjadi lebih terlibat dalam pekerjaan mereka, menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi, perputaran staf yang lebih rendah, dan keuntungan moneter secara keseluruhan.

“Tidak hanya berdampak pada karyawan itu sendiri. Ini memiliki dampak hilir pada bisnis,” kata Duffy.

Buktinya melampaui Cuban. Misalnya, salah satu pendiri Lyft John Zimmer dan Logan Green, mereka membangun perusahaan menggunakan “strategi orang baik”, kata Zimmer kepada Financial Times pada 2017.

“Untuk sementara, ada gagasan bahwa kami memperlakukan orang dengan baik, dan kami akan dikalahkan oleh pesaing yang lebih agresif,” kata Zimmer. “Ada kesalahpahaman tentang nilai-nilai tersebut yang tidak terkait dengan membangun bisnis yang hebat, padahal memang demikian.”

Saat itu, Lyft dilaporkan bernilai USD 7,5 miliar. Dia memiliki kapitalisasi pasar USD 3,59 miliar pada bulan Maret, ketika Zimmer dan Green mengumumkan bahwa mereka akan mundur dari tugas manajemen sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.