Sukses

Mau Tiket Kereta Kelas Eksekutif Gratis, Cek Syarat dan Cara Dapatnya

PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menghadirkan program Trip and Win “Experience The Journey and Win The Adventure with KAI” periode 15 Mei-15 Juni 2023. Pelanggan berpeluang untuk mendapatkan tiket kereta kelas eksekutif gratis untuk rute manapun.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menghadirkan program Trip and Win “Experience The Journey and Win The Adventure with KAI” periode 15 Mei - 15 Juni 2023. Pelanggan berpeluang untuk mendapatkan tiket kereta kelas eksekutif gratis untuk rute manapun.

“Melalui program Undian Trip & Win, kami hadirkan sebagai wujud terima kasih kepada para pelanggan setia kereta api, sekaligus guna meningkatkan animo masyarakat melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi massal kereta api. KAI berharap masyarakat dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta api yang nyaman, aman, dan tepat waktu,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, Kamis (18/5/2023).

Adapun pelanggan yang berhak mengikuti undian Trip and Win adalah pelanggan yang melakukan perjalanan atau pemesanan/pembelian via aplikasi KAI Access untuk KA Kaligung, Kamandaka, Joglosemarkerto, dan Sindang Marga minimal sebanyak 6 kali pada periode 15 Mei s.d 15 Juni 2023.

Undian pemenang akan dilakukan oleh KAI untuk 10 pemenang yang masing-masing mendapatkan 1 voucher tiket kereta kelas eksekutif untuk rute manapun. Pemenang akan diumumkan dan di-mention melalui media sosial KAI121 setelah tanggal 15 Juni 2023. Program ini tidak berlaku untuk reduksi infant, pegawai KAI Group beserta keluarga dan pensiunan.

Untuk informasi lebih lanjut terkait program Trip & Win, masyarakat dapat menghubungi Customer Service KAI di Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai. id, atau media sosial KAI121. Segera download aplikasi KAI Access di Google Play Store maupun Apple App Store. Selain untuk pemesanan tiket, KAI Access juga memiliki fitur perubahan jadwal dan pembatalan tiket, layanan first mile dan last mile, pemesanan dan informasi dari layanan KAI Group, dan lainnya.

Pelanggan juga dapat melakukan pembayaran melalui fitur KAIPay. KAIPay dapat memberikan keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat bertransaksi di aplikasi KAI Access. Selain untuk pembayaran tiket kereta, KAIPay juga dapat digunakan untuk pembayaran di berbagai merchant melalui QRIS.

"Semoga dengan hadirnya program Undian Trip & Win, minat masyarakat untuk bertransportasi menggunakan kereta api serta bertransaksi melalui KAI Access semakin tinggi," tutup Joni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Canggih, Pemeriksaan Tiket Kereta di Stasiun Gambir Pakai Pindai Wajah

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta kembali menerapkan teknologi Face Recognition Boarding Gate, kali ini di Stasiun Gambir.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, mengatakan, teknologi ini mulai dapat dimanfaatkan para pengguna jasa mulai Rabu 17 Mei 2023. Saat ini terdapat 4 Boarding Gate dengan teknologi pindai wajah atau Face Recognition di area hall selatan Stasiun Gambir.

Face Recognition Boarding Gate merupakan fasilitas layanan boarding pada area pemeriksaan tiket yang dilengkapi dengan kamera, yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi identitas seseorang melalui pindai wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta milik penumpang yang ada pada sistem boarding KAI.

"Pelanggan yang melakukan boarding melalui Face Recognition Gate tidak perlu lagi menunjukan KTP atau bukti print tiket," kata Eva dalam keterangannya, Kamis (18/5/2023).

Untuk dapat menikmati fasilitas tersebut pelanggan cukup melakukan satu kali registrasi atau pendaftaran yang berlaku seterusnya termasuk saat berada di stasiun lain yang sudah memiliki fasilitas Face Recognation Boarding Gate.

 

3 dari 3 halaman

Registrasi

Di Stasiun Gambir proses registrasi dapat dilakukan pada mesin Check In Counter (CIC) atau melalui petugas layanan khusus yang berada di area hall selatan. Proses registrasi tidak dapat diwakili, cukup membawa e-KTP proses registrasi dapat langsung dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada perangkat Reader kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai yang ada di e-KTP reader.

Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Pelanggan dapat langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate jika waktu untuk boarding sudah dapat dilakukan.

Kemudian, arahkan wajah ke mesin pemindai dan jika data tiket, identitas, dan syarat lainnya sudah sesuai, maka gate akan otomatis terbuka.

Proses pemindaian wajah pelanggan dan proses verifikasi seluruh data yang tersimpan di sistem KAI sangat cepat, sehingga hal tersebut akan sangat mempermudah pelanggan dan memperlancar antrean saat proses boarding penumpang kereta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini