Sukses

Pengusaha Ketahui 20 Elemen Penting Penentu Masa Depan Bisnis Startup

Sebagai salah satu pendiri sekaligus CEO Late Checkout Greg Isenburg, dia membahas dalam sebuah tweet mengenai hal itu.

Liputan6.com, Jakarta Para pengusaha harus memikirkan masa depan bisnis agar tetap sukses mencapai visinya. Namun, hal itu akan sia-sia jika tidak memiliki 20 elemen penting yang akan menentukan masa depan start up. Lantas, apa saja?

Sebagai salah satu pendiri sekaligus CEO Late Checkout Greg Isenburg, dia membahas dalam sebuah tweet mengenai hal itu.

Bagi pemilik bisnis start up yang ingin tahu, berikut ini diperhatikan 20 daftar elemen yang akan menentukan masa depan membangun startup seperti melansir Enterpreneur, Jumat (5/5/2023).

1. Kecepatan MVP (1x per bulan)

Kecepatan pembuatan produk yang layak minimum (MVP) akan menurun drastis. Jadi, startup itu harus meluncurkan MVP baru setiap bulan, mendorong budaya eksperimen dan iterasi yang cepat.

2. AI-Accelerated

Kecerdasan buatan akan berperan atau menjadi kunci dalam startup, baik dalam pengembangan produk maupun proses pengambilan keputusan. Ini akan mengarah pada bisnis yang lebih efisien dan optimal.

3. Superniche adalah ceruk baru

Menargetkan segmen pasar yang sangat spesifik akan menjadi lebih umum karena perusahaan berusaha untuk membedakan diri mereka sendiri dan membangun hubungan yang mendalam dengan pelanggan.

4. Komunitas pertama, perangkat lunak kedua

Membangun komunitas akan lebih diutamakan daripada mengembangkan perangkat lunak. Pendekatan ini akan menciptakan loyalitas merek yang kuat sehingga mampu mendorong pertumbuhan organik.

5. No-code first, some code second

Platform tanpa kode akan menjadi alat utama untuk membangun startup, dengan pengodean tradisional menduduki kursi belakang. Ini akan mendemokratisasi proses penciptaan dan memungkinkan pengusaha untuk fokus pada inovasi.

6. Harus 10x lebih otomatis

Otomasi akan menjadi pendorong efisiensi yang signifikan dalam startup, memungkinkan tim yang lebih ramping dan operasi yang lebih lancar.

7. Tim global, produk local

Startup akan semakin banyak dibangun oleh tim global, namun produk mereka akan disesuaikan dengan pasar lokal untuk melayani kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

8. Sekitar 95 persen didominasi oleh solopreneur dan microentrepreneur (tim kurang dari 12)

Lanskap startup akan didominasi oleh solopreneur dan microentrepreneur, yang mengarah ke bisnis yang lebih beragam dan gesit.

9. Pengalaman digital pop-up

Aplikasi dan platform yang hanya berfungsi selama waktu atau acara tertentu akan menjadi lebih umum, menciptakan rasa urgensi dan eksklusivitas.

10. Trinitas suci pemasaran

Perusahaan rintisan yang sukses perlu mencapai kesesuaian produk/pasar, kesesuaian konten/pasar, dan kesesuaian komunitas/pasar untuk benar-benar mendapatkan daya tarik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Elemen Lain

11. Tim setengah robot/setengah manusia

Perpaduan AI dan bakat manusia akan membentuk tulang punggung tim startup sehingga menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia untuk hasil yang optimal.

12. Dipercepat oleh "pemasaran yang membosankan"

Strategi pemasaran efektif yang mungkin tampak biasa atau tidak menyenangkan akan berperan penting dalam mendorong kesuksesan startup.

13. Berbagai aliran pendapatan

Diversifikasi aliran pendapatan akan menjadi norma karena startup mencari berbagai cara untuk menghasilkan pendapatan.

14. Masalah desain

Pentingnya desain akan terus berkembang dengan estetika berkualitas tinggi dan pengalaman pengguna yang tidak dapat dinegosiasikan.

15. Bermitra dengan kreator

Kreator akan berperan penting dalam mendistribusikan dan mempromosikan startup, memanfaatkan audiens mereka yang sudah mapan untuk jangkauan yang lebih luas.

 

3 dari 3 halaman

Hal Lain

16. Terasa seperti permainan

Elemen gamifikasi akan diintegrasikan ke dalam startup, menjadikannya lebih menarik dan menyenangkan bagi pengguna.

17. Moonshots yang digerakkan oleh tujuan

Startup akan semakin fokus untuk membuat dampak sosial yang positif, menarik pelanggan dan investor yang memiliki nilai yang sama.

18. Agensi yang menghasilkan arus kas

Agensi akan berporos untuk menawarkan produk standar untuk menghasilkan arus kas yang konsisten, seperti biro desain Dispatch Design.

19. Studio produk menjadi norma

Studio produk, yang mengembangkan banyak produk secara bersamaan, akan menjadi model bisnis yang populer di dunia startup.

20. Sekitar 99 persen MVP tidak membutuhkan VC

Modal ventura akan menjadi kurang penting bagi sebagian besar MVP karena sumber pendanaan alternatif dan bootstrapping mendapatkan daya tarik.

Masa depan membangun startup akan menjadi perjalanan yang mengasyikkan jika ditandai dengan eksperimen yang cepat. Seiring perkembangan lanskap, pengusaha perlu beradaptasi dengan tren dan strategi baru untuk tetap berada di depan kurva.

Dengan merangkul AI, platform tanpa kode, dan misi yang digerakkan oleh tujuan, startup dapat memposisikan diri untuk sukses di era baru kewirausahaan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.