Sukses

2,3 Juta Tiket KA Jarak Jauh Ludes Terjual H-3 Lebaran Idul Fitri 2023

2.365.812 tiket KA Jarak Jauh telah terjual untuk keberangkatan KA di masa Angkutan Lebaran 2023.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengungkapkan jumlah tiket kereta Jarak Jauh yang telah terjual di masa Angkutan Lebaran 2023

KAI mengatakan, berdasarkan pantauan pada Rabu, 19 April 2023 pkl 07.00, tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual untuk keberangkatan KA di masa Angkutan Lebaran 2023 adalah 2.365.812 tiket. 

Angka itu setara 77 persen dari total keseluruhan tiket KA Jarak Jauh yang disediakan yaitu 3.065.404 tiket. KAI pun yakin, penjualan ini masih akan bertambah, karena masih terus berlangsung.

Berikut adalah tanggal keberangkatan KA Jarak Jauh yang menjadi favorit di masa Angkutan Lebaran 2023 : 

  • 18, 19, 24, 25 April 2023 : 100 persen 
  • 16, 20 April 2023 :  98  persen 
  • 15 April 2023 : 97  persen 

Sementara itu, deretan 10 stasiun dengan keberangkatan dan penumpang terbanyak adalah Pasar Senen, Gambir, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Bandung, Solo Balapan, Malang, Semarang Tawang, Kiaracondong, dan Ketapang.

Serupa, Pasar Senen, Gambir, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Bandung, Semarang Tawang, Solo Balapan, Malang, Ketapang dan Kiaracondong juga menjadi stasiun tujuan dengan penumpang terbanyak. 

Adapun 10 relasi dengan penumpang terbanyak yaitu :

  1. Surabaya Pasarturi - Pasar Senen
  2. Pasar Senen - Surabaya Pasarturi
  3. Malang - Pasar Senen
  4. Gambir - Bandung
  5. Pasar Senen - Malang
  6. Kiaracondong - Surabaya Gubeng
  7. Surabaya Gubeng - Kiaracondong
  8. Bandung - Gambir
  9. Blitar - Pasar Senen
  10. Pasar Senen - Purwosari

Sedangkan untuk trend arus penumpang, meliputi : periode sebelum Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta / Bandung) menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur).

Sedangkan untuk periode setelah Lebaran didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah / Jawa Timur) menuju arah Barat (Jakarta / Bandung).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar 10 KA dengan Penumpang Terbanyak

Berikut adalah 10 KA dengan Penumpang Terbanyak :

  1. KA Airlangga (Surabaya Pasarturi - Pasar Senen)
  2. KA Airlangga (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi)
  3. KA Sri Tanjung (Lempuyangan - Ketapang)
  4. KA Pasundan Tambahan (Kiaracondong - Surabaya Gubeng)
  5. KA Sri Tanjung (Ketapang - Lempuyangan)
  6. KA Pasundan Tambahan (Surabaya Gubeng - Kiaracondong)
  7. KA Bengawan (Pasar Senen - Purwosari)
  8. KA Joglosemarkerto  rute melingkar (Solo Balapan–Yogyakarta–Purwokerto–Tegal–Semarang)
  9. KA Bengawan (Purwosari - Pasar Senen)
  10. KA Kahuripan (Kiaracondong - Blitar)

PT KAI menghimbau, Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

3 dari 4 halaman

Penumpang Kereta Wajib Pakai Masker saat Mudik Lebaran 2023

Seluruh penumpang yang memakai kereta api saat mudik Lebaran 2023 diwajibkan memakai masker baik selama di area stasiun dan perjalanan di dalam kereta api.

Hal disampaikan Kepala Humas KAI DAOP 1 Jakarta, Eva Chairunisa. "Iya, betul (wajib memakai masker) kecuali saat makan dan minum,” ujar Eva.

Adapun aturan itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) dari Kementerian Perhubungan Nomor 8 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi COVID-19.

Pada surat edaran itu, penerapan protokol kesehatan terhadap pelaku perjalanan yang memakai moda transportasi perkeretaapian masih berlaku sejak ditetapkan pada 8 Maret 2023.

Aturan itu juga mewajibkan penumpang untuk memakai aplikasi SATUSEHAT untuk pemeriksaan persyaratan perjalanan. KAI juga mewajibkan penumpang yang berusia 18 tahun ke atas untuk melengkapi vaksin ketiga atau booster. Sedangkan penumpang usia 6-17 tahun wajib menyelesaikan vaksin kedua.

Pelanggan dengan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan menunjukkan hasil negatif antigen dan PCR, tetapi wajib didampingi oleh orang yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Penumpang yang belum memenuhi persyaratan vaksin dalam mengunjungi posko layanan vaksin COVID-19 yang telah disediakan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Pada angkutan Lebaran 2023 yang dimulai dari 12 April-3 Mei 2023, PT KAI Daop 1 Jakarta siapkan hingga 1 juta tiket atau bangku kereta api jarak jauh dengan 1.513 perjalanan kereta api (KA) untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Jumlah itu sudah termasuk dengan 303 perjalanan KA tambahan yang tiketnya sudah dijual sejak 13 Maret 2023. Adapun KA tambahan tersedia untuk sejumlah perjalanan relasi favorit antara lain tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya dan Malang.

KAI juga melayani penjualan tiket go show untuk pemesanan tiket dan perjalanan pada hari yang sama. Pemesanan dapat dilakukan tiga jam sebelum jadwal keberangkatan. Tiket yang dijual go show menyesuaikan dengan ketersediaan tiket pada aplikasi KA Access.

4 dari 4 halaman

KAI Pastikan Tak Ada Tiket Kereta Api Tambahan Lagi untuk Mudik Lebaran 2023

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI sudah menambah sebanyak 53 kereta api tambahan untuk mudik lebaran 2023. Ini mempertimbangkan animo masyarakat menyusul penjualan tiket kereta api perjalanan reguler yang sudah dibuka sejak 26 Februari 2023.

Kendati begitu, sejak tiket kereta api tambahan dibuka pada 13 Maret 2023, KAI belum berencana untuk melakukan penambahan lagi. EVP Passenger Transport Marketing & Sales KAI Ririn Widi Astutik menyampaikan kemungkinan tersebut.

"Untuk kereta tambahan sudah kita rilis semuanya. Sudah tidak ada lagi tambahan," ujar Ririn di Metropole Jakarta, ditulis Sabtu (15/4/2023).

Sementara itu, sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu, Ririn menyebut KAI masih menyiapkan sebagian kecil tiket untuk periode mudik lebaran. Untuk penjualan reguler, hingga 14 April 2023, tiket yang terjual sudah sebanyak 66 persen dari total alokasi.

Sejumlah rute yang menjadi favorit pemudik diantaranya Yogyakarta, Solo, hingga Surabaya.

"Penjualan tiket sudah 66 persen. Angka itu bergerak karena kami punya beberapa pemesanan rombongan yang belum dieksekusi pembayarannya," ucap Ririn.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.