Sukses

87.000 Tiket Kereta Api Jarak Jauh Ludes Terjual saat Libur Hari Raya Nyepi 2023

Liputan6.com, Jakarta Menjelang libur bersama pada momen hari besar keagamaan yang berlanjut dengan libur akhir pekan, keberangkatan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami peningkatan.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, mencatat hingga pagi ini, secara total terdapat sekitar 87 ribu tiket yang telah terjual untuk keberangkatan pada momen libur bersama hari raya Nyepi. Dari jumlah tersebut 36 ribu merupakan tiket keberangkatan Stasiun Gambir dan 51 ribu tiket keberangkatan Stasiun Pasar senen.

"Angka volume penumpang berangkat masih akan mengalami perubahan mengingat penjualan tiket masih berlangsung. Untuk tanggal 21 s.d 26 Maret 2023 setiap hari nya terdapat 58 hingga 60 KAJJ perhari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta," kata Eva, Kamis (23/3/2023).

Sementara volume tertinggi penumpang berangkat sepanjang momen libur bersama terjadi pada Selasa (21/3) dengan layanan 58 KA yang beroperasi, terdata sekitar 26.758 penumpang telah melakukan perjalanan berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Selanjutnya Rabu (22/3) sebanyak 23.816 penumpang yang telah melakukan perjalanan.

Sedangkan pada hari ini Kamis (23/3) volume penumpang berangkat mulai mengalami penurunan dengan total sekitar 10.500 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen untuk berbagai kota tujuan.

Kota Tujuan Favorit

Adapun sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang diantaranya Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, solo, Tegal, Kutoarjo, Surabaya dan Malang, sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung.

Terkait arus balik berdasarkan data Daop 1 Jakarta jumlah penumpang datang di akhir pekan mengalami peningkatan pada Minggu (26/03) dan Senin (27/03), pada tanggal tersebut sekitar 17 ribu pengguna akan tiba di area Daop 1 Jakarta.

KAI Daop 1 Jakarta juga mengingatkan kembali kepada seluruh pengguna jasa agar memperhatikan aturan Vaksin terbaru yang berlaku saat ini khususnya perubahan aturan pada usia anak 6 s.d 12 tahun dimana saat ini anak pada usia tersebut yang belum divaksin tetap dapat naik kereta api dengan syarat memiliki surat keterangan belum mendapatkan vaksinasi dari Puskesmas/fasilitas pelayanan Kesehatan dengan alasan tertentu atau harus didampingi oleh orang dewasa yang telah mendapatkan vaksinasi booster.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KAI Jamin Tak Ada Calo Tiket Mudik Lebaran Kereta Api 2023

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI berkomitmen untuk menyediakan tiket kereta api pada masa Angkutan Mudik Lebaran secara transparan dan terpercaya bagi seluruh pelanggan. 

Untuk menangkal praktik percaloan tiket, KAI sudah lama menerapkan kebijakan one seat one passenger dan boarding system yang mewajibkan nama penumpang sesuai antara yang tertera di tiket dan di kartu identitas. 

VP Public Relations KAI  Joni Martinus, menjelaskan pemesanan tiket mudik lebaran secara online melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, contact center 121 dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan KAI. 

Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

"KAI menjamin tidak ada celah buat calo , juga menegaskan tidak ada oknum internal yang terlibat dalam praktik percaloan tiket kereta api ataupun penjatahan tiket untuk pegawai," kata Joni, Kamis (23/3/2023).

 

3 dari 3 halaman

Ancaman Hukuman

Dia menegaskan, jika ada oknum internal yang terindikasi melakukan percaloan, maka manajemen memastikan akan memprosesnya dan memberikan sanksi tegas bahkan berujung pada pemecatan.

“Masyarakat tidak perlu khawatir dengan sistem penjualan tiket KAI," ujarnya.

Jikapun masyarakat menemukan indikasi percaloan tiket kereta api, kami mohon untuk segera melaporkan ke Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121, guna  segera kami tindak lanjuti. 

"Kami juga menyediakan reward bagi masyarkat yang menangkap calo tiket kereta api,” pungkas Joni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.