Sukses

Tenang, Tol Jakarta-Cikampek Dipastikan Mulus saat Mudik Lebaran 2023

PT Jasa Marga tengah berupaya menambal sejumlah lubang di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menyambut musim mudik lebaran 2023.

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga tengah berupaya menambal sejumlah lubang di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) menyambut musim mudik lebaran 2023. Targetnya penambalan lubang di jalan Tol Jakarta-Cikampek termasuk merampungkan penambahan lajur bisa selesai pada 15 April 2023 mendatang.

Hal ini diungkap PMO Penambahan Kapasitas Lajur Tol Jakarta-Cikampek, Alif. Dia berujar, kalau lubang-lubang yang terpantau ada di beberapa titik di Tol Japek bakal ditambal.

"Mengenai lubang, ini masih dalam pengerjaan, karena instruksi yang didapat sampai H-10 (Lebaran), masih diupayakan terus pekerjaan berlangsung," ujarnya kepada wartawan di Tol Japek, Selasa (11/4/2023).

"Lubang-lubang yang ada memang bersifat tambalan dan ini terus dipantau. Kami upayakan sampai tanggal 15 (April), sebelum weekend ini untuk mengejar penutupan lubang," sambung Alif.

Progres Penambahan Lajur

Perlu diketahui, progres penambahan lajur ini telah mencapai 93,7 persen. Namun, dipastikan untuk lajur utama sudah bisa dilalui untuk momen mudik lebaran 2023 mendatang.

Alif menerangkan, proyek penambahan lajur dari arah Jakarta berada pada titik KM 50+400 hingga KM 66+400. Artinya ada penambahan sepanjang 16 kilometer.

Sementara, di arah menuju Jakarta, penambahan lajur mulai KM 61 sampai KM 49+700. Dengan begitu, pada lajur ini ada penambahan lajur sepanjang 11,7 kilometer.

"Diharapkan secara kapaitas jalan meningkat ditambah volume arus lalin Japek naik, dan lebaran masih mengalami peningkatan (trafik)," jelas pejabat Jasa Marga itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampung 115.000 Kendaraan Per Hari

Diberitakan sebelumnya, Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) diperlebar sebagai antisipasi peningkatan trafik yang bakal terjadi pada periode mudik lebaran 2023 mendatang. Ada sekitar 16 kilometer lajur tol yang diperlebar.

Dengan adanya penambahan lajur, sebagian tol Japek berarti melayani sebanyak 4 lajur di kedua arahnya. Artinya, kapasitas kendaraan yang bisa ditampung pun semakin bertambah.

PMO Penambahan Kapasitas Lajur Tol Japek, Alif mengatakan, kemampuan tampung setelah pelebaran jalan akan bertambah sekitar 15 ribu kendaraan per hari. Sebelumnya, lajur sebelum ditambah mampu menanpung sekitar 90.000-100.000 kendaraan per hari.

"Peningkatan kapasitas dengan ditambahnya satu lajur mungkin diperkirakan secara lalun harian diperkirakan bisa meningkat sampai 15.000 kendaraan. (Setelah ditambah) jasi 115.000-an untuk hariannya, kendaraan per hari," ujarnya di Jalan Tol Japek, Selasa (11/4/2023).

 

3 dari 4 halaman

Rampung

Diberitakan sebelumnya, Jelang arus mudik Lebaran 2023, pemerintah telah merampungkan pelebaran satu lajur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dari yang tadinya tiga menjadi empat lajur di kedua arahnya. Lokasi tepatnya yakni di KM 50 sampai dengan KM 66 arah Cikampek dan KM 61 sampai dengan KM 50 arah Jakarta.

Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek itu diharapkan dapat memecah kepadatan yang sering terjadi di KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Diharapkan bisa mengurai penumpukan kendaraan yang kembali dari Jawa Tengah dan Jawa Timur maupun yang dari arah Bandung dan sekitarnya. Tidak hanya di arah Jakarta, pelebaran jalan tol ini juga dilakukan di arah sebaliknya sehingga dapat mendukung arus mudik dan balik dengan lebih optimal," tutur Budi kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

 

4 dari 4 halaman

Prioritas

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menambahkan, pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek tersebut merupakan salah satu proyek prioritas pemerintah yang dikerjakan oleh Jasa Marga.

"Pengerjaan pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta telah kita kerjakan dan sukses mendukung arus balik Lebaran tahun lalu. Di tahun ini, kita lanjutkan pekerjaan pelebaran ini untuk yang ke arah Cikampek, sehingga saat ini di kedua arahnya telah memiliki total empat lajur," ujarnya.

"Hal ini tentu saja akan membantu mengurai kepadatan dan mempermudah manajemen arus lalu lintas saat mudik dan balik tahun ini," sambung Basuki.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyebut, pelebaran satu lajur Jalan Tol Jakarta-Cikampek merupakan salah satu persiapan Jasa Marga untuk mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas saat mudik Lebaran 2023.

"Dengan penambahan satu lajur tersebut, serta berdasarkan perhitungan indikator lalu lintas melalui Traffic Counting, Jasa Marga telah mengusulkan salah satu rekayasa lalu lintas yang diberlakukan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek adalah contraflow. Hal ini juga untuk memberikan akses bagi pengguna jalan Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Jalan tol Cipularang maupun sebaliknya," terang Subakti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.