Sukses

Bappenas Buka Lowongan Kerja, Rekrutmen JPT Madya dan Pratama 2023

Sementara itu, pendaftaran lowongann kerja dilakukan secara online pada laman https://rekrutmen.bappenas.go.id/ mulai 21 Maret sampai dengan 4 April 2023.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN) atau dikenal pula Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kembali membuka rekrutmen  atau lowongan kerja untuk posisi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama 2023.

Informasi ini secara resmi disampaikan melalui surat Pengumuman Nomor 001/PANSEL.JPT/03/2023 tentang Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Dan Pratama Kementerian PPN/Bappenas Tahun 2023.

Mengutip pengumuman tersebut, Senin (27/3/2023), Bappenas mencari kandidat yang memenuhi kualifikasi untuk mengisi beberapa jabatan. Adapun jabatan tersebut antara lain:

  1. Inspektur Utama I.a
  2. Direktur Perdagangan, Investasi dan Kerja Sama Ekonomi Internasional II.a
  3. Direktur Politik Luar Negeri dan Kerja Sama Pembangunan Internasional II.a
  4. Direktur Pangan dan Pertanian II.a
  5. Direktur Pembangunan Daerah II.a
  6. Direktur Pendidikan Tinggi dan IPTEK II.a

Agar bisa mengisi formasi tersebut, pelamar harus memenuhi kualifikasi seperti yang telah ditentukan. Berikut ini persyaratan lowongan kerja Bappenas:

1. Warga Negara Indonesia

2. Memiliki Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai Standar Kompetensi Jabatan yang ditetapkan;

3. Memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik;

4. Sehat jasmani dan rohani;

5. Tidak sedang dalam proses penyelesaian pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang/berat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku selama 2 (dua) tahun terakhir;

6. Tidak sedang memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik/organisasi kemasyarakatan yang dilarang pemerintah;

7. Mengajukan surat lamaran yang ditandatangani oleh Pelamar dan bermaterai Rp.10.000,- yang ditujukan kepada Panitia Seleksi Terbuka Calon Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kementerian PPN/Bappenas Tahun 2023;

8. Berkomitmen untuk menandatangani Pakta Integritas;

9. Menyusun Statement of Purpose yang diunggah ke dalam website pada saat pendaftaran, meliputi pemahaman bisnis proses, visi dan misi pribadi dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi pada jabatan yang dilamar;

10. Khusus Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, pelamar dapat memilih maksimal 2 (dua) jabatan. Panitia Seleksi berhak menetapkan pilihan jabatan bagi peserta yang masuk kedalam 3 (tiga) Terbaik.

Selain persyaratan umum tersebut seperti yang telah disebutkan, pelamar lowongan juga harus memenuhi kualifikasi khusus sesuai jabatan yang dipilih. Lebih lanjutnya tercantum pada surat pengumuman tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendaftaran

Sementara itu, pendaftaran dilakukan secara online pada laman https://rekrutmen.bappenas.go.id/ mulai 21 Maret sampai dengan 4 April 2023.

Pelamar harus melakukan pendaftaran online sekaligus mengisi data secara online dan mengunggah semua dokumen yang diminta.

Adapun untuk berkas lamaran dalam bentuk softcopy (scan) dengan format PDF, kecuali untuk foto dengan format jpeg atau jpg. Berikut ini dokumen yang diperlukan:

a. Surat lamaran yang ditandatangani dan bermaterai Rp.10.000,- (LAMPIRAN I dapat diunduh pada website)

b. Daftar riwayat hidup yang ditandatangani dan bermaterai Rp.10.000,- (LAMPIRAN II dapat diunduh pada website)

c. Pakta Integritas yang ditandatangani dan bermaterai Rp.10.000,- (LAMPIRAN III dapat diunduh pada website)

d. Surat Persetujuan Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat yang mendapat delegasi kewenangan, yang dibubuhi materai Rp.10.000,- (LAMPIRAN IV dapat diunduh pada website)

e. Surat Pernyataan dari pejabat yang berwenang, bahwa tidak sedang dalam proses penyelesaian pelanggaran disiplin dan/atau tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang/berat yang dibubuhi materai Rp. 10.000 (LAMPIRAN V dapat diunduh pada website)

 

3 dari 3 halaman

Daftar Online

f. Surat pernyataan tidak sedang memiliki afiliasi dan/atau menjadi pengurus/anggota partai politik/organisasi kemasyarakatan yang dilarang pemerintah, yang dibubuhi materai Rp. 10.000,- (LAMPIRAN VI dapat diunduh pada website)

g. Statement of purpose (LAMPIRAN VII dapat diunduh pada website);

h. SK Pangkat terakhir

i. SK Pengangkatan dalam jabatan dari awal menjabat hingga yang terbaru

j. Penilaian Prestasi Kerja Pegawai dengan nilai minimal baik (2 tahun terakhir)

k. Tanda Terima Penyerahan LHKPN/LHKASN; l. Ijazah terakhir sesuai dengan persyaratan;

m. Tanda bukti penyerahan SPT Tahunan (1 tahun terakhir)

n. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Surat Keterangan Sehat Rohani/Jiwa dari Dokter Unit Kesehatan/Puskesmas/RS Pemerintah Setempat (dalam satu file)

o. KTP

p. NPWP

q. Pas foto terbaru (uk. 4x6) berlatar belakang merah.

Bagi yang tertarik, segera lengkapi berkas lamaran dan melakukan pendaftaran secara online sebelum rekrutmen ditutup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.