Sukses

Mudik Lebaran 2023, Pelni Operasikan Kapal Tambahan Rute Batam-Medan

Arus mudik Lebaran tahun ini 2023 (1444 H) diperkirakan akan membeludak dari tahun sebelumnya untuk angkutan kapal rute Batam - Medan.

Liputan6.com, Jakarta Arus mudik Lebaran tahun ini 2023 (1444 H) diperkirakan akan membeludak dari tahun sebelumnya untuk angkutan kapal rute Batam - Medan.

Merespon hal itu, PT Pelni cabang Kepulauan Riau (Kepri) berencana akan menambahkan armada untuk mengantisipasi arus mudik pada Ramadan 2023.

"Tambahan armada kapal KM Dorolonda sesuai di jadwal bulanan," kata Kepala Cabang PT Pelni Batam, T. Muhammad Iqbal, Jumat (24/3/2023).

Ia menjelaskan, KM Dorolonda akan melayani pelayaran dari Batu Ampar pada Selasa (18/04) pukul 12.00 WIB mendatang dengan tujuan Belawan, Medan.

Kemudian, ada juga pelayaran pada Kamis (20/04) pukul 17.00 WIB dengan tujuan Kijang dan Tanjung Priok, Jakarta. Kendati demikian, ia menegaskan, jadwal tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Syarat Perjalanan

Untuk syarat perjalanan, PT Pelni merujuk pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Menhub) nomor 83 tahun 2022. Dalam SE tersebut, penumpang kapal laut diwajibkan vaksinasi booster. Aturan ini berlaku untuk Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan usia 18 tahun ke atas.

Kemudian untuk penumpang usia 6-17 tahun tidak diberlakukan aturan vaksinasi booster. Namun, wajib memenuhi syarat minimal vaksinasi dosis kedua. Sementara bagi penumpang di bawah 6 tahun dikecualikan dari aturan vaksinasi tapi harus dengan pendamping yang memenuhi syarat SE Menhub No. 83 tahun 2022.

Bagi masyarakat yang ingin memesan tiket dapat langsung mendatangi loker PT Pelni Cabang Batam di Sekupang atau via online.

"Tiket bisa di loket pelni, website pelni.co.id , dan travel-travel kerjasama," tambah Iqbal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendaftaran Mudik Gratis Kapal Laut Dibuka Hari Ini, Cek Rutenya

Pendaftaran mudik gratis sepeda motor menggunakan kapal laut mulai dibuka hari ini, 23 Maret 2023. Kementerian perhubungan (Kemenhub) menjadi pelaksana dalam program mudik gratis sepeda motor.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Hendri Ginting menyebutkan pendaftaran dan registrasi mudik gratis sepeda motor akan dilakukan secara daring melalui https://mudikgratis.dephub.

Pendaftaran dibuka pada 23 Maret-5 April 2023 dengan verifikasi pendaftaran akan dilakukan pada 25 Maret-7 April 2023.

Sedangkan pendaftaran langsung dilakukan mulai 23 Maret 2023-16 April 2023 di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Gedung Cipta lantai dasar Kemenhub Jakarta.

Rute Mudik GratisHendri Ginting mengatakan untuk arus mudik dilakukan pada 15 dan 17 April 2023 dengan rute Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Sedangkan untuk arus balik juga sebanyak dua kali dengan rute Tanjung Emas-Tanjung Priok pada 25 dan 28 April 2023.

"Untuk kuota tersedia 2.500 penumpang/trip dan 1.250 motor/trip sehingga total kuota mudik adalah 5.000 orang dan 2.500 motor, sedangkan balik 5.000 orang dan 2.500 motor," kata Hendri dikutip dari Antara, Kamis (23/3/2023).

3 dari 3 halaman

Kurangi Angka Kecelakaan

Adapun program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut itu dalam rangka meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan raya dan mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas pengguna jalan raya khususnya pengguna sepeda motor pada jalur pantai utara (pantura).

Hendri mengatakan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut itu juga sebagai bentuk dukungan Ditjen Perhubungan Laut mengenalkan moda transportasi alternatif untuk mudik Lebaran 2023 ini.

"Selain untuk menurunkan tingkat kepadatan di jalan raya dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan bagi pengemudi motor, mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut ini sebagai bentuk pengenalan kepada masyarakat bahwa kapal laut bisa sebagai moda alternatif untuk mudik lebaran," ujarnya.

Pada masa angkutan Lebaran 2023, Kemenhub memprediksikan terjadi peningkatan jumlah pemudik.

Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, jumlah pemudik berjumlah 123,8 juta orang naik jika dibandingkan pada 2022 sebesar 85,5 juta orang.

Kemenhub mengharapkan dengan mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tersebut dapat menekan kepadatan mudik yang ada.

"Dengan diprediksi peningkatan jumlah pemudik pada tahun 2023 ini, kami harap dengan adanya mudik gratis ini dapat memberikan dampak yang positif," kata Hendri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.